08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Bagaimana biasanya Anda berangkat kerja di pagi hari? Dengan penuh senyuman di wajahkah? Dengan langkah penuh semangatkah? Atau justru sebaliknya? Berangkat dengan wajah lesu dan malas? Apabila Anda termasuk yang lesu dan kurang bergairah, bisa jadi Anda sedang bosan. Bosan dengan pekerjaan yang belum terselesaikan atau karena karier yang tidak berkembang.

Jika Anda saat ini adalah seorang karyawan, Anda tentu menginginkan dapat mencapai tujuan karier yang naik. Namun, apa jadinya jika karier ternyata malah berhenti dan mandek di tengah jalan? Apakah Anda perlu memikirkan dan mencari posisi baru di perusahaan lain? Atau justru dengan berani mengubah jalan karier? Anda perlu tahu apa saja tanda karier mandek sebelum memutuskan untuk resign atau mengubah jalan karier.

 

Ketika Anda memilih karier, tentu pertimbangannya bukan hanya gaji yang besar. Tetapi memikirkan juga kenyamanan dan kebahagiaan bekerja di sana. Untuk yang sudah menikah, pertimbangan lain tentu saja keluarga.

Sebagai karyawan, Anda memiliki value yang berbeda. Ketika Anda menginginkan kebebasan, kreativitas, serta fleksibilitas dalam bekerja. Bisa jadi orang lain lebih memilih value kerja keras, rutinitas dan alur kerja yang jelas. Apabila pekerjaan saat ini bertentangan dengan value Anda, mungkin hal tersebut Akan menghambat jalan karier Anda. Dan menjadi salah satu tanda karier yang dijalani sedang mandek dan tidak berkembang.

Karyawan juga senang mendapatkan motivasi dari tantangan pekerjaannya. Tantangan dapat membuat skill berkembang dan meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Ketika Anda merasa bahwa pekerjaan tidak lagi memberikan tantangan, maka motivasinya juga mudah hilang. Ini artinya karier yang Anda miliki sudah mulai membosankan.

 

Peningkatan Karier?

Alasan mengapa karyawan terus bekerja di sebuah perusahaan lebih dari faktor gaji. Karyawan juga ingin diberikan kesempatan untuk mengekspresikan diri dan mengaktualisasikan idenya. Apabila kesempatan tersebut tidak didapatkan, maka bisa jadi Anda perlu mencari pekerjaan yang baru. Sebab jika hal tersebut dibiarkan akan menyebabkan bosan, burnout dan tidak produktif bekerja. Akhirnya, karier Anda berhenti dan mandek begitu saja.

Seringkali karyawan disebuah perusahaan mendapati posisinya tidak kunjung ada peningkatan. Karier mentok merupakan persoalan yang cukup banyak ditemukan dimana pun. Banyak yang memilih berhenti kerja dan mengubah jalur karier meski keberhasilannya belum terjamin.

Resign atau mengubah jalan karier sebetulnya bisa Anda hindari jika Anda mengetahui caranya. Untuk memperbaiki masa depan karier Anda agar ada peningkatan, Anda tentu perlu bersaing secara sehat.

 

#1. Buat Visi dan Rencana yang Jelas

Sebagai seorang karyawan, Anda perlu memiliki peta konsep atau cetak biru dalam setiap kariernya. Fokuslah dengan karier yang ingin Anda tuju dan rancanglah langkah apa yang harus Anda penuhi agar bisa meraihnya. Kerjakan rencana yang Anda sudah susun tersebut buatlah penyesuaian di tengah jalan agar tetap dapat mencapai puncak karier.

 

#2. Selalu Belajar

Selalu tambah pengetahuan Anda dan update ilmu Anda. Karier ibarat sebuah jalan rasa, kadang naik, kadang menurun, kadang lurus, kadang bergelombang. Pahami dan ambil setiap pelajaran dalam prosesnya.

 

#3. Perbanyak Relasi

Bukan sebuah rahasia jika karier akan terus menanjak jika Anda mampu membangun relasi di dalam dan luar perusahan. Semakin banyak relasi, akan semakin besar juga peluang Anda menaikkan karier. Anda perlu menunjukkan kepribadian dan kualitas yang unggul, baik formal dan informal agar Anda dapat menciptakan peluang.

 

#4. Terus Berusaha Secara Cerdas

Untuk menjadi yang terbaik, bekerjalah dengan cerdas. Caranya dengan mendahulukan pekerjaan besar, dan berkonsentrasi selalu. Terkadang Anda juga perlu belajar hal lain di luar keahlian Anda agar dapat menjadi nilai tambah. Jadikan diri Anda sangat dibutuhkan dan menjadi SDM yang mumpuni guna meningkatkan kredibilitas Anda.

 

#5. Jiwa Troubleshooter

Anda perlu melatih diri menjadi orang yang troubleshooter. Anda perlu memiliki lebih dari satu solusi saat mengalami masalah. Jadi sebelum Anda berbagi masalah dengan atasan atau tim, Anda sudah mempunyai solusinya.

Jadi jangan buru-buru resign atau mengubah jalan karier kalau masih ada jalan untuk kenaikan karier Anda. Pertimbangkan terlebih dahulu hal-hal yang telah disebutkan di atas. Sukses selalu.

 

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di WA 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan In House Training atau konsultasi.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp