08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Di Indonesia, usaha dagang mudah ditemukan dan sudah berkembang. Usaha dagang merupakan sebuah usaha dengan membeli dan menjual barang kembali agar memperoleh keuntungan. Dengan menghitung biaya distribusi dan operasional, Anda akan memperoleh keuntungan dari barang yang dijual. Dari sini, Anda akan mengerti mengapa cara mengelola keuangan usaha dagang diperlukan. Pelaku usaha perlu memahami aktivitas pengelolaan keuangan dalam usaha yang dibangunnya.

Keberlangsungan usaha akan dipengaruhi oleh bagaimana cara Anda dalam pengelolaan keuangan. Bisnis Anda dapat bertahan lama ketika pengelolaan keuangan Anda benar. Sebaliknya ketika pengelolaan keuangan kacau, maka masalah dan kebangkrutan akan menghantui Anda.

Anda perlu memahami detail tentang cara mengelola keuangan usaha dagang agar bisnis Anda mampu bertahan dan berkembang. Berikut adalah cara mengelola keuangan usaha dagang:

 

#1. Memisahkan Keuangan Pribadi dan Keuangan Usaha

Cara mengelola keuangan usaha dagang yang pertama adalah memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan usaha. Anda perlu membuat rekening khusus untuk Anda dan untuk perusahaan.  Hal ini akan mampu melihat kinerja usaha dan sebagai penanda bahwa usaha dijalankan secara profesional.

 

#2. Rencana Keuangan

Cara mengelola keuangan usaha dagang adalah dengan membuat rencana keuangan. Rencana keuangan dapat Anda buat sebelum periode perhitungan baru dimulai. Tujuannya agar ketika periode berjalan, Anda hanya tinggal menerapkan dan sekaligus melakukan penyesuaian saja. Gunakan keuangan sesuai rencana yang ditulis dan hindari penggunaan yang tidak penting atau tidak terencana. Ketika suatu periode berakhir, lakukan evalusi.

 

#3. Catatan Keuangan

Cara mengelola keuangan usaha dagang selanjutnya adalah mencatat rinci keuangan. Catatan keuangan dapat Anda buat secara manual dan dapat juga menggunakan software akuntansi. Ketika catatan keuangan rapi dan baik, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk melihat performa usaha.

 

#4. Mengelola Piutang

Cara mengelola keuangan usaha dagang adalah dengan mengelola piutang. Piutang dapat meningkatkan penjualan, namun ketika tidak dikelola dengan baik jumlah piutang berlebih akan menjadi beban perusahaan. Anda dapat membuat piutang yang tidak merugikan usaha Anda dan tagihlah piutang jika jatuh tempo.

 

#5. Kurangi Utang

Hal yang menghambat Anda dalam berlatih cara mengelola keuangan usaha dagang adalah banyaknya utang usaha dagang. Untuk itu hindari melakukan pinjaman atau utang. Dengan pinjaman, Anda akan terbebani dengan bunga dan angsuran.

 

#6. Dana Darurat

Bagaimana jika tiba-tiba terjadi hal luar biasa? Cara mengelola keuangan usaha dagang selanjutnya adalah Anda perlu memiliki dana untuk lain-lain. Sisihkan kas perusahaan untuk dana sosial dan juga dana darurat. Sehingga ketika usaha dagang Anda mengalami suatu hal, Anda tidak panik karena memiliki dana darurat. Anda juga tetap dapat terus berbagi dari dana sosial yang juga Anda sisihkan.

 

#7. Lakukan Evaluasi

Cara mengelola keuangan usaha dagang yang terakhir adalah melakukan evaluasi. Dalam evaluasi juga memerlukan monitoring dan pengawasan terhadap keuangan usaha dagang Anda secara menyeluruh. Evaluasi yang teratur akan membuat masalah keuangan usaha dagang Anda lebih cepat diketahui dan dapat segera diperbaiki.

Yuk perbaiki sekarang dengan mempelajari tujuh cara mengelola keuangan usaha dagang di atas. Sehingga masalah keuangan Anda dapat teratasi dan tidak terjadi kebocoran yang mengganggu aktivitas operasional.

 

Dokumentasi Pelatihan Akeyodia

Berikut adalah dokumentasi webinar bersama Laboratorium IMT – UGM dengan Tema: Improve your Money Mindset – Cara Mempersiapkan Diri untuk Mencapai Financial Freedom. Kegiatan webinar bersama Laboratorium IMT – UGM dilaksanakan pada Senin, 1 November 2021 pukul 09.00 WIB.

Anda dapat menghubungi nomor tim Akeyodia di 08112652244 atau 08112652210, jika Anda ingin mengetahui program kelas webinar kami yang lain.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis