08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Bagi Anda yang dibesarkan di Jawa Tengah, khususnya Solo dan sekitarnya. Tentu Anda sering mendengar nasihat “Ajining Dhiri Saka Lathi, Ajining Raga Saka Busana, Ajining Awak Saka Tumindak”, untuk menjadi orang yang berkarisma. Ada makna mendalam dari setiap kalimat tersebut yang menyangkut pribadi kita. Bagaimana agar kita dapat menjadi pribadi yang berkarisma?

Hal tersebut sejalan dengan kalimat “Ajining Dhiri Saka Lathi, Ajining Raga Saka Busana, Ajining Awak Saka Tumindak”. Jika kita artikan, “Ajining Dhiri Saka Lathi” artinya Anda akan dihargai dari kata-kata yang Anda ucapkan.  Kemudian kalimat, “Ajining Raga Saka Busana” berarti perbakaianlah sesuai kondisi. Karena badan Anda akan dihargai saat menggunakan pakaian yang sesuai. Dan yang terakhir kalimat “Ajining Awak Saka Tumindak”, artinya siapa Anda sebenarnya akan tercermin dari bagaimana Anda dalam bertindak.

Sekarang kita hubungkan hal tersebut dengan cara agar lebih berkarisma dengan meningkatkan kemampuan berkomunikasi. Untuk menjadi pribadi yang berkarisma Anda perlu meningkatkan kemampuan komunikasi, hal ini sejalan dengan kalimat “Ajining Dhiri Saka Lathi”. Orang yang berkarisma memiliki beberapa kriteria ketika berkomunikasi, antara lain memiliki empati, mempunyai keterampilan mendengarkan, mampu menyesuaikan kontak mata, dan memiliki kepercayaan diri.

 

Kemampuan berkomunikasi bukan hanya berbantung bakat, namun dari proses belajar. Bagaimana cara meningkatkan kemampuan ini?

 

1. Belajar Bertanya

Untuk membangun kedekatan, Anda dapat mengajukan pertanyaan kepada lawan bicara. Namun jangan mengajukan pertanyaan yang bersifat SARA, terlalu privasi, atau terlihat seperti interogasi.

 

2. Terbuka dan Jujur

Sosok yang berkarisma cenderung terbuka dan sangat jujur, sebab hal itu akan membuat seseorang tertarik pada Anda. Bisa jadi Anda dapat belajar untuk menertawakan kesalahan yang pernah Anda lakukan. Terkadang Anda perlu menunjukkan kerentanan Anda agar terlihat sebagai sosok yang mudah didekati dan mudah akrab. Anda dapat membagikan kisah konyol Anda agar membantu terhubung dengan orang lain.

 

3. Buat Lawan Bicara Istimewa

Buat lawan bicara Anda merasa istimewa. Ketika berkomunikasi tersenyumlah dengan tulus, tidak hanya sekedar mendengarkan, namun lakukan kontak mata dengan mereka. Perhatikan setiap detail kecil yang disampaikan, sebab akan berguna untuk percakapan di lain waktu dengan mereka.

Mereka akan merasa istimewa dan dihargai hanya karena Anda memperhatikan dan mengingat hal detail. Misalnya film apa yang mereka suka, lagu yang sering diputar, atau makanan favorit mereka.

 

4. Sikap Anda

Selain hal-hal di atas, ada lagi yang juga penting, yaitu sikap Anda saat berkomunikasi. Ada beberapa sikap yang harus Anda, diantaranya:

-. Sikap dan Ekspresi Ramah: Hal ini merupakan cara ampuh untuk membuat lawan bicara betah bercerita atau mendengarkan Anda.

-. Sikap Yakin: Jika Anda tidak yakin atau ragu-ragu dalam menyampaikan informasi, maka orang lain juga tidak yakin kepada Anda.

-. Sikap Memahami: Hal yang wajar dalam sebuah komunikasi adalah adanya perbedaan pendapat. Pahami apa yang ingin mereka sampaikan dan gunakan kalimat yang baik jika Anda tidak menyetujui pendapat mereka.

-. Kontak Mata: Akan ada banyak informasi dan emosi yang diterima ketika Anda menatap mata seseorang.

-. Bahasa Tuhuh yang Baik: Lakukan gerakan tubuh sewajarnya dan senatural mungkin ketika sedang berkomunikasi.

 

Mengapa Perlu Meningkatkan Kemampuan Komunikasi?

Bagaimana hubungan Anda dengan orang lain? Apakah Anda orang yang memiliki banyak relasi? Semua tergantung bagaimana keterampilan komunikasi yang Anda miliki. Alasan lain mengapa Anda perlu meningkatkan kemampuan komunikasi adalah:

 

-. Memberikan Kesan Pertama yang Baik

Hubungan selanjutnya ditentukan oleh kesan pertama. Orang dengan kemampuan komunikasi yang baik cederung lebih mudah untuk dipahami.

 

-. Menciptakan Hubungan yang Hangat

Terciptanya hubungan yang hangat antar individu tentu saja akibat dari komunikasi yang baik pula.

 

-. Memberikan Kesempatan Lebih Di Pekerjaan

Dalam pekerjaan, ada kalanya Anda mengambil tanggung jawab lebih besar dengan melakukan presentasi di depan banyak orang. Hal ini akan mudah jika Anda memiliki kemampuan komunikasi yang mumpuni.

 

-. Memiliki Daya Tarik Tersendiri

Orang yang memiliki keterampilan berkomunikasi tentu lebih mudah untuk disukai. Sebab mereka mampu membuat orang lain merasa nyaman saat bercakap-cakap. Mereka akan merasa nyaman karena didengarkan, hal ini yang membuat Anda memiliki daya tarik tersendiri dibanding orang lain.

 

-. Dapat Mudah Menyampaikan Idenya

Anda akan lebih mudah dalam menyampaikan ide, membangun hubungan dengan orang lain, dan mempromosikan sesuatu ketika memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Meningkatkan kemampuan komunikasi merupakan investasi demi mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan peningkatan karier. Jika Anda ingin melatih atau mentraining tim Anda, Anda dapat menghubungi Akeyodia di 08112652244 atau 08112652210.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp