08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Sebagai seorang pebisnis, tentu Anda mencari berbagai cara membangun tim bisnis yang tepat. Keberhasilan dalam membentuk tim dapat menjadi kunci pencapaian kesuksesan kinerja perusahaan. Pertanyaan terpenting adalah, bagaimana cara membangun tim bisnis? Dalam membangun tim bisnis, tentu ada berbagai hal yang perlu diperhatikan, antara lain:

 

#1. Bagaimana Proses Rekrutmennya?

Cara membangun tim bisnis dimulai dengan proses rekrutmen. Anda dapat merekrut kandidat yang sesuai dengan visi, misi, dan budaya kerja Anda. Anda tidak dapat membangun tim bisnis yang baik ketika udaya diperusahaan dan tim yang Anda rekrut tidak memiliki keselarasan.

 

#2. Apa Saja Job Description yang Ditawarkan?

Cara membangun tim bisnis lebih mudah ketika mereka mengetahui job description secara jelas. Semua divisi dalam bisnis Anda pasti memiliki bagian penting dan andil besar dalam kemajuan perusahaan. Untuk itu sebelum membuka lowongan, pastikan lowongan tersebut memiliki job description yang jelas dan benar-benar penting bagi kemajuan perusahaan.

 

#3. Bagaimana Proses Memahami Kandidatnya?

Cara membangun tim bisnis selanjutnya adalah menerima kandidat tidak sekedar untuk memenuhi kuota karyawan. Anda bisa saja memperoleh banyak kandidat, tetapi apakah mereka merupakan kandidat yang memiliki komitmen dalam bekerja?

Anda dapat memahami kandidat dengan serangkaian proses mulai dari pengumpulan berkas, test psikologi, wawancara, dan test kemampuan langsung. Dari rangkaian ini Anda dapat memahami kemampuan, karakter, dan dedikasi dari setiap kandidat.

 

#4. Bagaimana Pengalaman Mereka?

Cara membangun tim bisnis keempat adalah mengenali kandidat dari pengalaman bekerja mereka sebelumnya. Dari berkas yang mereka kumpulkan, Anda akan tahu segmen pengalaman kerja mereka. Apakah mereka lulusan baru yang berkemampuan mumpuni, orang yang sering berpindah kerja seperti “kutu loncat”, atau seseorang yang memang ekspert dibidangnya. Anda juga akan mengetahui apa latar belakang mereka keluar dari tempat kerja terdahulu. Dari sini tentu akan lanjut pada proses wawancara, ketika wawancara itulah Anda tahu mereka orang yang mudah beradaptasi atau orang yang kaku.

 

#5. Bagaimana Mereka Berinteraksi dengan Anggota Lain?

Cara membangun tim bisnis dapat Anda lakukan ketika mereka sudah mulai menjadi keluarga besar perusahaan Anda. Anda tentu sudah memilih orang-orang yang berpotensi dan mampu beradaptasi di lingkungan perusahaan. Namun, apakah cukup membuat tim Anda solid? Ternyata Anda juga perlu menjadi pemimpin yang mampu memberikan contoh yang baik tentang berkomunikasi, memberikan kepercayaan, bersikap jujur, dan menumbuhkan rasa saling menghargai. Dari sini akan mempererat interaksi setiap anggota tim sehingga terbangun tim bisnis solid seperti yang diharapkan.

 

-. Mengapa komunikasi penting?

Komunikasi penting dalam membangun tim bisnis karena dalam membangun interaksi tentu diperlukan komunikasi verbal tiap anggota. Ketika tiap angota berkomunikasi secara transparan, maka miskomunikasi dalam tim akan dapat diminimalisir.

 

-. Mengapa bersikap jujur penting?

Sebagai leader, akuilah kemampuan Anda dan bersedia mendelegasikan hal-hal yang bukan ranah Anda. Otomatis tim Anda akan merasa dipercayai dan mampu mengembangkan diri.

 

-. Mengapa kepercayaan diperlukan?

Percayai kemampuan tim Anda dengan membiarkan mereka menghadapi masalah dan memberikan kepercayaan untuk menyelesaikan proyek. Akhirnya akan tercipta tim yang solid dengan performa yang lebih baik.

 

-. Mengapa saling menghargai dibutuhkan?

Saling menghargai adalah sikap yang perlu dimiliki dari leader dan juga tim. Sikap ini akan memunculkan rasa kekeluargaan dan kebersamaan yang erat.

Ketika Anda ingin membangun bisnis yang kuat, Anda perlu belajar dari mereka yang telah berhasil dalam membangun sebuah tim yang baik.

Testimoni Klien

Setiap pebisnis membangun bisnisnya dengan budaya kerja yang berbeda-beda disesuaikan dengan prinsip yang dimiliki. Ada perusahaan yang cenderung kaku dan teratur budayanya dan ada yang lebih bebas. Sehingga ketika Anda ingin merekrut tim, maka pastikan kandidat tersebut juga memahami apasaja budaya kerja di perusahaan Anda. Ketika kandidat dan budaya perusahaan Anda selaras, maka Anda akan mendapatkan tim yang solid dan individu tersebut mampu mendukung impian Anda.

Anda ingin bisnis berkembang seperti testimoni di bawah ini? Kami akan sangat senang jika Anda menghubungi kami di 08112652210 dan 08112652244 dan berdiskusi dengan kami mengenai program yang tepat untuk Anda.

 




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis