08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Mungkin banyak dari Anda yang dua atau satu tahun sebelum pandemi memiliki kehidupan keuangan yang stabil. Anda saat itu masih bisa bekerja mencari uang, bisa jalan-jalan, bisa berbelanja keinginan yang tiada habisnya, dan liburan menyenangkan diri. Namun siapa yang menyangka ketika pandemi datang, kehidupan Anda berubah drastis.

Meski ada yang justru menjadi pengusaha sukses, namun tidak sedikit yang merasa kesulitan menghadapi pandemi. Ada yang tabungannya semakin menipis, pekerjaannya tersendat, bisnisnya terhambat, dan rencananya tidak mudah untuk diwujudkan. Anda berada pada keadaan yang bagaimana?

Waktu untuk Menyadarkan Diri

Pandemi banyak mengajarkan berbagai hal dan sebagai waktu untuk menyadarkan diri tanpa Anda sadari. Mulai dari bagaimana perlu beradaptasi, dituntut untuk berinovasi, diharapkan dapat menjaga kesehatan diri, dan mengajarkan tentang pengelolaan keuangan.

Semua orang berusaha melakukan penyesuaian, karena belum mengetahui kapan pandemi benar-benar berakhir. Berikut adalah hikmah pandemi jika dilihat dari aspek finance:

 

-. Investasi Jangka Panjang

Semua orang jadi mengetahui pentingnya investasi jangka panjang sebagai penunjang hidup. Ketika sebelumnya Anda mengabaikan investasi, maka ini saatnya mulai belajar tentang bagaimana investasi. Agar saat pandemi mulai usai dan keadaan keuangan membaik, Anda dapat mulai berinvestasi.

 

-. Memiliki Sumber Pendapatan Lain

Banyak kebijakan yang berubah, seperti perusahaan mengurangi gaji karyawan, merumahkan sebagian karyawan, dan lainnya. Ketika Anda seorang karyawan, hal ini mengajarkan Anda tentang pentingnya memiliki sumber pemasukan lain. Dengan memiliki sumber penghasilan tidak hanya satu, Anda dapat mengantisipasi jika sumber penghasilan utama terganggu.

 

-. Memiliki Dana Darurat

Sebelum pandemi masih banyak yang belum mengetahui tentang pentingnya memiliki dana darurat. Dana darurat sendiri merupakan dana yang dikumpulkan guna mengantisipasi keadaan darurat yang bisa terjadi kapan saja. Misalnya, Anda dapat menggunakan bonus tahunan dalam bentuk uang yang Anda dapatkan sebagai dana darurat.

 

-. Menabung

Selama ini mungkin Anda menabung tanpa memiliki target atau prioritas. Akhirnya tabungan Anda tidak ada kenaikan yang signifikan. Pandemi ini mengajarkan pada Anda tentang manfaat menabung untuk jangka panjang.

 

Yuk Belajar Bersama

Sudah saatnya Anda mulai menambah kemampuan dalam mengelola dan merencanakan keuangan. Buat target untuk menerapkan satu perubahan finansial positif baru dalam keseharian Anda. Misalnya mulai membiasakan diri mencatat pemasukan dan pengeluaran, membawa bekal ketempat kerja agar tidak order makanan online selama satu minggu, atau hal sederhana lainnya. Meski memiliki banyak uang, Anda tetap perlu menstabilkannya. Apalagi keadaan darurat bisa terjadi kapan saja, maka mulailah belajar finance agar masa depan Anda tidak terganggu karena keuangan.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis