08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Mengapa seorang pimpinan juga perlu belajar tentang cara memotivasi karyawan? Tentu Anda juga memahami bahwa terkadang ada kondisi yang membuat kinerja karyawan menjadi menurun dan mempengaruhi efektivitas perusahaan. Sebagai seorang pemimpin, Anda tidak hanya mencari kandidat tim terbaik tetapi juga memiliki kewajiban memotivasi mereka sehingga mampu mencetak SDM berkualitas.

Agar Anda mampu menjalankan fungsi pemimpin dengan baik, pelajarilah cara memotivasi karyawan berikut ini:

 

#1. Dengarkan dan Hargai Mereka

Cara memotivasi karyawan yang pertama tentu saja dengan mendengarkan dan menghargai setiap ide-ide mereka. Dengan didengarkan dan dihargai, maka akan menimbulkan motivasi dalam diri karyawan. Jangankan karyawan, Andapun tentu ingin pendapatnya didengarkan. Untuk itu sisihkan waktu untuk mendengarkan pendapat mereka. Berikan kesempatan bagi karyawan Anda untuk mengembangkan idenya. Dengan begitu, Anda akan menjadi seorang pemimpin yang dihargai, bijaksana, dan berwibawa.

 

#2. Berikan Apresiasi

Hal yang umum jika sebuah apresiasi menjadi salah satu cara memotivasi karyawan. Dari setiap kinerja mereka selama hal tersebut merupakan hal yang positif, berikan apresiasi. Hal ini ini akan berarti bagi mereka untuk meningkatkan motivasi bekerja agar lebih giat.

Sebagai pimpinan, menuntut karyawan meningkatkan kualitas kerja memang diperlukan namun jangan lupakan tentang evaluasi dan apresiasi dari apa yang telah mereka kerjakan.

 

#3. Berikan Saran

Cara memotivasi karyawan adalah dengan memberikan saran, bukan mengkritik saja. Koreksi memang diperlukan untuk hasil pekerjaan lebih baik, tetapi Anda dapat menggunakan pendekatan lain. Dengan memberikan saran, karyawan akan belajar dari kesalahan tanpa menjatuhkan mentalnya. Anda dapat memberikan saran dengan cara berdiskusi untuk mencari solusi terbaik dari kesalahan yang dilakukan.

 

#4. Bangun Kedekatan

Percayalah bahwa membangun kedekatan adalah salah satu cara memotivasi karyawan paling tepat. Ketika Anda dapat memelihara interaksi sosial dan komunikasi yang baik, maka hubungan juga menjadi lebih baik. Misalnya saat Anda bersikap peduli, maka karyawan akan menjadi segan pada Anda. Anda dapat sesekali berkunjung ke rumah karyawan. Selain mampu menjaga hubungan sosial dan kedekatan, Anda juga dapat mengetahui kondisi mereka. Perilaku positif Anda tersebut akan memberikan pengaruh positif pada tim Anda.

 

#5. Team Building

Ketika karyawan Anda banyak, cara memotivasi karyawan yang dapat Anda lakukan adalah melakukan team building. Lakukan team building di luar jam kantor dan tentunya di luar perusahaan. Team Building dapat diisi dengan berbagai kegiatan dan games yang memicu kreativitas karyawan.

Selain memicu daya kreativitas karyawan, merefresh pikiran dari rutinitas kantor, kegiatan team building juga akan meningkatkan kerjasama antar karyawan.

 

#6. Suasana Kerja Nyaman

Terakhir, cara memotivasi karyawan adalah dengan memfasilitasi suasana kerja yang positif dan menyenangkan. Lingkungan kerja yang nyaman membuat karyawan semangat dalam bekerja. Anda juga harus terus memelihara pikiran positif terlebih dahulu agar membuat suasana kerja menjadi menyenangkan bagi karyawan.

Memotivasi karyawan menjadi salah satu tugas bagi Anda sebagai atasan. Motivasi akan membuat kinerja dan produktivitas mereka meningkat. Anda tentu memiliki cara memotivasi karyawan tersendiri, untuk itu lakukan dengan konsisten agar mencapai hasil optimal.

 

Dokumentasi Pelatihan Akeyodia

Berikut adalah dokumentasi webinar bersama Komunitas TDA Lamongan dengan Tema: Hiring the Best Talent – Cara Mencari dan Mencetak SDM berkualitas. Kegiatan Komunitas TDA Lamongan dilaksanakan pada Senin, 25 Oktober 2021 pukul 09.00 WIB.

Untuk kerjasama menyelenggarakan webinar bersama Akeyodia, hubungi kami di 08112652244 atau 08112652210.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis