08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Apakah Anda adalah pelaku startup digital? Tentu Anda sudah akrab dengan istilah Angel Investor dan Venture Capitalist. Dua jenis penanam modal tersebut sama-sama berperan dalam mendorong pertumbuhan sebuah perusahaan rintisan. Untuk yang belum familiar, Angel Investor secara harfiah berarti “pemodal malaikat. Sedangkan Venture Capitalist dapat diartikan sebagai pemodal ventura. Jika Anda masih kesulitan memahaminya, maka simak artikel berikut.

 

Angel Investor

Angel Investor merupakan istilah yang mengacu pada tujuan pemberian modal yang biasanya bermaksud membantu, di samping mendapat sebagian kepemilikan perusahaan yang diinvestasi. Angel investor biasanya berupa pemodal yang berinvestasi menggunakan dana pribadi. Selain modal, bantuan yang diberikan dapat berupa saran manajemen, referensi kontak, dan hal-hal lain.

Ada beberapa profil Angel investor yang dapat Anda temukan di industri, yaitu :

 

#1. Angel dan Super Angel

Pemodal yang menginvestasikan modal milik sendiri disebut “angel”. Sementara pemodal yang sudah memiliki pencapaian tertentu, misalnya sudah sangat berpengalaman dan memiliki jumlah portofolio lebih dari 20 perusahaan, dipanggil “super angel”.

 

#2. Angel Fund atau Super Angel Fund

Sejumlah angel yang berinvestasi baik sebagai tim formal maupun melalui wadah pendanaan untuk membuka kesempatan bagi orang lain untuk bergabung dan berinvestasi bersama.

 

#3. Angel group

Organisasi yang dioperasikan berdasarkan keanggotaan dan dibentuk untuk tujuan menggabungkan kekuatan antar Angel Investor lainnya.

Jenis Bisnis Angel Investor

Angel Investor terbuka untuk semua jenis bisnis. Bahkan membuka kemungkinan untuk bisnis yang sudah berjalan beberapa tahun. Angel Investor biasanya berisi orang dengan berbagai profesi seperti pengacara, dokter, atau pengusaha yang ingin menginvestasikan dananya ke startup yang membutuhkan suntikan dana.

Angel Investor memiliki batasan jumlah modal yang dapat disuntikkan. Angel Investor memiliki batasan antara USD 25.00 hingga USD 100.000 per perusahaan.  Sedangkan untuk sistem imbalannya, sama seperti Venture Capital, Angle Investor juga meminta saham atau ekuitas dalam perusahaan.

Venture Capitalist

Venture Capitalist atau pemodal ventura adalah investor yang memberikan dukungan modal kepada perusahan rintisan yang ingin berkembang tapi tidak punya akses ke pasar modal, biasanya disebabkan karena masih terlalu kecil. Seperti halnya Angel Investor, Venture Capitalist biasanya juga menyalurkan dukungan lain di luar modal untuk membantu perkembangan usaha yang dimodalinya.

Atas bantuan tersebut, Venture Capitalist memperoleh sebagian kepemilikan perusahaan. Modal bisa berasal dari dana yang dikumpulkan dari pihak lain dan dikelola secara profesional. Uang yang ditanam bisa kembali hingga berkali-kali lipat jika perusahaan yang didanai sukses. Ada beberapa tahapan pendanaan Venture Capitalist yang ditempuh oleh sebuah startup :

 

#1. Seed Money

Seed money atau dana awal merupakan pembiayaan yang  dibutuhkan untuk membuktikan sebuah ide baru.

 

#2. Start Up

Perusahaan tahap awal yang membutuhkan pendaan untuk pengeluaran yang berhubungan dengan pemasaran dan pengembangan produk.

 

#3. First Round

Merupakan pendanaan untuk pemasaran awal dan biaya produksi.

 

#4. Second Round

Merupakan pendanaan perusahaan tahap pertama dalam menjual produknya tetapi masih belum memperoleh keuntungan.

 

#5. Third Round

Merupakan pendanaan untuk perusahaan yang baru mulai mendapatkan keuntungan.

 

#6. Fourth Round

Fourth Round merupakan tujuan pendanaan perusahaan untuk go public.

Jenis Bisnis Venture Capital

Para pemilik modal di Venture Capital selalu mengawasi startup-startup yang sedang tumbuh dan memiliki risiko tinggi, seperti startup aplikasi dan software. Jenis lain yang masih masuk dalam radar Venture Capital adalah startup dengan manajemen kuat yang menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan di pasar dan berpotensi untuk memberikan keuntungan yang besar.

Jumlah modal yang ditawarkan Venture Capital cukup tinggi. Venture Capital dapat memberikan investasi hingga jutaan dolar ke dalam sebuah startup. Sebagai balasan atas pendanaan yang diberikan, pemilik bisnis memberikan saham kepada pemodal ventura sesuai kesepakatan. Selain itu Venture Capital juga menerima posisi ekuitas, dimana pemilik modal akan mendapatkan kursi eksekutif, ikut dalam mengarahkan perusahaan.

Modal memang merupakan aspek penting untuk mempercepat laju pertumbuhan startup. Seorang entrepreneur akan mempertimbangkan sejumlah opsi pendanaan yang tepat untuk startup yang ia bangun. Ada yang memulai dengan dana pribadi, investasi teman dan saudara. Sebagian lain mencoba peruntungannya dengan cara crowdfunding, mengajukan pinjaman atau ada yang memilih untuk mendekati Venture Capital dan Angel Investor.

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching atau konsultasi pribadi.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp