08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Kita semua tahu bahwa tidak sedikit karyawan menderita stress atau bahkan kecemasan karena pekerjaan. Di saat kehidupan dituntut untuk cepat dan semakin sibuk, penting untuk berhenti sejenak dan menilai pandangan Anda tentang kehidupan.

Saat ini, konsep Mindfulness dipercaya mampu menjaga kesehatan mental. Praktik Mindfulness merupakan cara efektif untuk membuat orang lebih memperhatikan pikiran, perasaan dan dunia sekitarnya. Lalu apakah Mindfulness itu?

Mindfulness adalah Momen Kesadaran

Mindfulness merupakan momen kesadaran saat di mana Anda berlatih membawa perhatian penuh untuk apa pun yang dilakukan pada saat itu. Praktik Mindfulness bisa dilakukan hanya dengan melibatkan kesadaran saat melangkah, bernafas, bernafas, atau menyuap makanan. Hal tersebut adalah contoh dari praktik Mindfulness masa kini.

Jika sama-sama membangkitkan konsentrasi, lalu apa perbedaanya dengan meditasi? Sebenarnya meditasi adalah sarana untuk mengubah pikiran, mendorong konsentrasi, kepositifan emosi, dan ketenangan.

Hal tersebut tentunya berbeda dengan Mindfulness, praktik meditasi melibatkan waktu khusus yang harus diluangkan untuk fokus pada napas atau tubuh. Sedangkan Mindfulness adalah melakukan kegiatan sehari-hari, namun dengan kesadaran penuh.

Misalnya saja saat mandi, Anda merasakan tiap siraman air, bukan sambil melamun atau bernyanyi.  Saat menyetrika, Anda fokus pada pekerjaan itu, merasakan  dan menyadari gerakan menggosok dan lainnya, bukan malah melamun.

Mindfulness berkembang dari tradisi kontemplatif kuno yang telah ada lebih dari 2.500 tahun lalu. Kontemplatif berasal dari Bahasa Latin (contemplore) yang berarti merenung dan memandang. Kontemplatif sendiri merupakan cara pandang yang mengutamakan kehidupan penuh ketenangan, bermati raga, dan bertapa, sehingga dapat berdoa dan bersemadi dengan lebih mudah.

Manfaat Mindfulness

Mindfulness adalah cara penting untuk mendukung perbaikan mental dan fokus. Mindfulness juga memungkinkan Anda menjadi lebih sadar akan diri sendiri, orang lain, dan dunia di sekitar. Jadi, Anda dapat belajar untuk sepenuhnya hadir dan terhubung dengan sekitar Anda.

Anda dapat mempraktikan Mindfulness saat berada di rumah. Caranya, curahkan perhatian ke pernapasan ketika pertama kali bangun di pagi hari sebelum Anda beranjak dari tempat tidur, hanya perhatikan napas. Perhatikan perubahan dalam postur tubuh. Sadarilah bagaimana perasaan tubuh dan pikiran ketika Anda bangun dari tempat tidur.

Hal ini akan membantu membawa kesadaran pada transisi Anda. Atau bisa juga luangkan waktu untuk memperhatikan rasa, tekstur, dan bau saat makan atau minum. Pikirkan dari mana makanan itu berasal dan semua koneksi yang telah dibuat sebelum makanan tersebut terhidang dihadapan Anda. Setelah itu, rasakan kenikmatan rasanya.

Praktik Mindfulness di Tempat Kerja

Mempraktekkan Mindfulness di tempat kerja juga menjadi hal penting untuk menghilangkan stress dan meningkatkan produktivitas. Berikut adalah beberapa contoh untuk mempraktikan Mindfulness di tempat kerja :

-. Beristirahat saat makan siang. Sebab setelah istirahat, Anda akan menghasilkan kinerja yang lebih baik dan stabil.

-. Jangan tergesa-gesa menanggapi email. Sebaliknya, tinggalkan balasan di kotak draft dan balas email tersebut saat Anda merasa lebih tenang.

Mempraktekkan Mindfulness bisa juga dengan tidak sibuk dengan ponsel saat bicara dengan orang lain, makan, atau bersantai.

Mempraktikkan Mindfullness itu Mudah

Mindfulness adalah suatu sikap kesadaran penuh akan diri Anda saat ini, tidak mengawang ke masa lalu ataupun masa depan. Berfokus pada apa yang sedang dijalani saat ini dan melakukan yang terbaik untuk menuai timbal balik yang memuaskan di masa depan. Cobalah untuk menerapkan Mindfulness dengan tindakan sederhana berikut :

 

1. Berpikir Positif

Keraguan hanya sebuah dinding yang menghalangi Anda untuk bertindak. Tanamkan bahwa Anda dapat melakukan yang terbaik, hasil akhirnya entah itu bagus atau mengecewakan adalah urusan nanti.

 

2. Suka Menolong dan Toleransi

Membantu sesama ketika di jalan, kelas, atau dimanapun termasuk dari sikap Mindfulness.

Menyangkut tentang toleransi, contohnya berbeda keyakian bukan hanya berbeda tentang kepercayaan agama. Biarkan orang di sekitarmu berekspresi sesuai pikiran mereka, pahamilah bahwa keberagaman dalam kehidupan bermasyarakat itu penting.

 

3. Menerima Kenyataan

Terima dengan pemikiran terbuka bahwa apa yang sedang dialami saat ini juga adalah bentuk kesadaran penuh diri atas diri Anda. Kenyataan baik akan membuat Anda bersyukur, dan kenyataan buruk akan membuat Anda bersikap sabar.

 

4. Berpikiran Terbuka

Berpikiran terbuka akan suatu kejadian atau fenomena pada saat ini akan membuat diri Anda tidak menilai kejadian secara subyektif.

 

5. Mengapresiasi Hasil Usaha

Beri apresiasi pada diri sendiri atau orang lain atas usaha dan hasil yang sudah dilakukan, sebab baik Anda maupun orang lain sudah menjadi versi terbaik dan berusaha.

 

6. Fokus pada Saat Ini

Fokuskan pikiran Anda pada saat ini, sadarkan diri secara penuh bahwa sedang menjalani hidup pada saat ini juga. Melakukan yang terbaik saat ini tentu akan membawa dampak yang baik juga untuk masa depannya.

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching atau konsultasi pribadi.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp