08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Apa yang Anda tahu tentang Grit? Grit adalah perseverance (ketekunan) dan passion (gairah) untuk menuntaskan sebuah tujuan jangka panjang. Banyak yang meyakini bahwa grit merupakan salah satu kunci kesuksesan. Pertanyaannya, jika memang grit adalah kunci sukses, dapatkah kita mengembangkannya? Apakah semua orang memilikinya?

Setiap Orang Dapat Belajar Bagaimana Memiliki Grit

Grit sendiri adalah istilah yang digunakan Angela Duckworth dalam bukunya untuk menyebut semangat dan ketekunan yang dimiliki oleh seseorang ketika tengah melakukan sesuatu. Menurut hipotesa Duckworth, orang yang bersemangat dan tekun cenderung lebih sukses dibanding orang lain yang mempunyai potensi alami (jenius) namun tidak mengiringinya dengan ketekunan.

Untuk membuktikan hipotesa tersebut, Duckworth melakukan penelitian terhadap tentara yang mampu bertahan dalam kamp pelatihan West Point, peserta kompetisi mengeja National Spelling Bee, para kartunis The New Yorker, dll. Bahkan Angela Duckworth membuat sebuah alat uji khusus yang disebut Grit Scale.

Hasilnya, orang-orang dengan Grit Scale yang tinggi cenderung lebih sukses dibanding rekan mereka. Hal tersebut tentu saja terlepas dari tingkat kesejahteraan keluarga, hingga berapa IQ yang mereka miliki. Beberapa contoh pertanyaan yang perlu dijawab dalam pengujian Grit Scale antara lain:

  1. Apakah ide dan proyek baru bisa mengalihkan perhatian Anda dari apa yang Anda kerjakan saat ini?
  2. Apakah Anda kesulitan menjaga fokus ketika mengerjakan proyek yang butuh waktu beberapa bulan untuk selesai?
  3. Apakah Anda sering terobsesi dengan suatu hal, namun tak lama kemudian justru kehilangan minat terhadapnya?

Menurut Angela Duckworth, ketekunan untuk berlatih keras dalam bidang apapun, merupakan wujud nyata dari Grit. Misalnya saja seorang kartunis yang mempunyai semangat tentu tidak akan menyerah meski telah banyak karya mereka yang ditolak penerbit.

Untungya menurut Duckworth, Grit sendiri dapat ditumbuhkan. Caranya adalah dengan menetapkan target yang tinggi, kemudian bekerja keras untuk mencapai target tersebut, tidak hanya dalam waktu sehari atau sebulan, namun dapat selama bertahun-tahun.

Grit untuk Sukses Dalam Hidup

Dunia terus berubah tiada henti, baru satu inovasi muncul sudah muncul inovasi lainnya. Dan pasti ada yang belum selesai beradaptasi dengan perubahan lingkungan karena adanya teknologi, sudah datang lagi perubahan yang lain.

Inovasi dan kreatifitas yang tercipta karena berkembangnya teknologi, memang dapat menawarkan berbagai kemudahan dalam hidup. Namun, jika tidak bijak dan cerdas dalam menanggapi berbagai hal baru tersebut, maka hal negatif yang akan Anda dapatkan, seperti stress, tidak percaya diri, atau malah sombong.

Grit merupakan attitude untuk tidak mudah menyerah atau memiliki daya juang yang tinggi untuk bertahan hidup. Rumus dari Grit sendiri adalah berikut ini:

Grit = Passion + Resilience + Determination + Focus

Seseorang yang memiliki Grit, tahu passionnya apa, dan bagaimana memaksimalkannya. Namun tahu passion saja tidak cukup, karena Anda masih harus terus belajar dan mengaplikasinya dalam setiap karya yang Anda buat sehingga passion tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Sayangnya karena dalam hidup ini semua tidak selalu berjalan lancar, maka dibutuhkan resilience atau ketahanan diri dalam menghadapi semua tantangan.

Sebab tantangan bukan untuk dihindari, tetapi untuk dihadapi. Jadi Anda harus tetap bertahan walaupun situasinya sedang tidak sesuai kemauan Anda, karena mereka yang sukses adalah mereka yang mampu bertahan sampai akhir.

Dan jangan lupa untuk menentukan tujuan dan tekad Anda atau Determination. Dan terakhir, fokus di setiap hal yang Anda lakukan, baik bekerja, kegiatan sosial, maupun belajar di institusi pendidikan. Anda membutuhkan fokus pada tujuan agar impian Anda terwujud.

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching atau konsultasi pribadi.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp