08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Sebenarnya, Aparatur Sipil Negara (ASN) dituntut memiliki kompetensi dalam menjalankan tugas dan fungsinya di instansi masing-masing. Setidaknya terdapat tiga kompetensi kunci yang wajib dimiliki oleh pegawai ASN, yakni kompetensi teknis, kompetensi manajerial, dan kompetensi sosial kultural. Ketiga kompetensi tersebut perlu terus menerus ditingkatkan agar sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman.

Meningkatkan Kapasitas dan Kompetensi

Kompetensi teknis diukur dari tingkat dan spesialisasi pendidikan, pelatihan teknis fungsional, dan pengalaman bekerja secara teknis. Sementara kompetensi manajerial diukur dari tingkat pendidikan, pelatihan struktural atau manajemen, dan pengalaman kepemimpinan. Sedangkan kompetensi sosial kultural diukur dari pengalaman kerja berkaitan dengan masyarakat majemuk dalam hal ini menyangkut agama, suku, dan budaya sehingga memiliki wawasan kebangsaan.

Ketiga hal tersebut perlu dikembangkan guna meningkatkan kapasitas serta kompetensi ASN. Upaya pengembangan kompetensi ASN dapat dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan, seminar, training, kursus, dan penataran. Lalu selanjutnya pengembangan kompetensi harus dievaluasi oleh pejabat yang berwenang dan digunakan sebagai salah satu dasar dalam pengangkatan jabatan dan pengembangan karier.

Selain hal yang telah disebutkan di atas, ASN juga diberikan kesempatan untuk melakukan praktik kerja di instansi lain, baik di pusat maupun daerah dalam waktu paling lama satu tahun dan pelaksanaannya dikoordinasikan oleh LAN (Lembaga Administrasi Negara) dan BKN (Badan Kepegawaian Nasional). Selain itu, pengembangan kompetensi dapat dilakukan melalui pertukaran antara ASN dengan pegawai swasta dalam waktu paling lama satu tahun.

Training untuk ASN

Kegiatan pelatihan untuk ASN tentu dirancang agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang disampaikan, sehingga dapat dimplementasikan secara aplikatif dalam dunia kerja. Sehingga metode-metode yang digunakan adalah Presentation, Discuss, Case Study dan terakhir adalah Evaluation.

Pelatihan atau training berperan penting dalam terciptanya kinerja yang unggul dan terpercaya. Oleh sebab itu, bagaimana upaya Anda dalam membantu proses pengembangan melalui program pendidikan dan pelatihan yang berkesinambungan itulah yang sangat dibutuhkan oleh jajaran karyawan Anda. Oleh karena itu program peningkatan kompetensi sumber daya manusia harus dilakukan dengan sistematis dan berjenjang sesuai dengan tingkat kompetensi dan masing-masing level bidang kompetensi yang dimiliki.

Dengan adanya training atau pelatihan yang diselenggarakan, maka diharapkan ASN juga mampu mengelola komunikasi secara baik dan efektif dengan internal dan eksternal, serta dapat memotivasi orang lain.

Bulan ini, seluruh rangkaian proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi tahun 2019 dinyatakan telah usai. Bagi Anda yang ikut seleksi dan ingin mengetahui kelulusan seleksi CPNS 2019 dapat login pada sscn.bkn.go.id dan via link di laman instansi yang dilamar.

Bagi peserta yang dinyatakan lolos seleksi CPNS 2019, jangan lupa menyiapkan surat-surat untuk pemberkasan. Bagi yang belum lolos seleksi, jangan berkecil hati, masih ada waktu mencoba atau bahkan malah ada kesempatan lain di luar yang Anda harapkan. Selamat dan semangat selalu bagi Anda yang lolos seleksi CPNS 2019, semoga berkah dan amanah.

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp