08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Siapa saja sahabat Anda di lingkungan rumah? Di tempat kerja? Di tempat usaha? Kapan Anda bertemu dengan mereka dan saling bertukar cerita? Persahabatan memegang peranan penting dalam kehidupan. Seorang sahabat tidak melulu meng-iya-kan apa yang Anda lakukan, terkadang mereka juga menentang dan memberikan kritik. Namun, pada akhirnya, mereka hanya menginginkan sesuatu yang Anda lakukan berjalan dengan baik. Tanpa Anda sadari, ternyata memiliki sahabat memberikan banyak manfaat bagi Anda.

 

Ciptakan Lingkungan yang Positif

Pertemanan yang kompak membantu Anda dalam mengatasi rasa stres. Menghabiskan waktu dengan sahabat secara positif akan membuat Anda merasa lebih bahagia. Banyak manfaat yang Anda dapatkan dari memiliki sahabat, antara lain :

 

#1. Hidup Lebih Bahagia

Menghabiskan waktu dengan sahabat akan membuat hidup Anda dipenuhi oleh pembicaraan yang menyenangkan, dukungan, kedekatan dari hati ke hati, serta humor yang menghibur. Sahabat ada di saat Anda menghadapi kesulitan dan membantu Anda melihat masalah dengan lebih jernih. Dengan hubungan pertemanan yang positif, hidup Anda akan lebih bermakna dan lebih mudah mensyukuri hal-hal yang terjadi dalam hidup.

 

#2. Bertemu dengan Banyak Orang Baru

Komponen dasar dalam setiap hubungan, baik dari hubungan rekan kerja hingga pernikahan, tentu saja didasari oleh perkenalan kemudian pertemanan. Dan sahabat tentunya akan membantu Anda untuk berinteraksi dengan orang lain. Contohnya, dari persahabatanlah Anda akhirnya bertemu dengan orang-orang baru dan belajar memahami perbedaan. Mereka membantu Anda berinteraksi dengan orang yang memiliki pandangan yang berbeda dengan Anda.

 

#3. Memberikan Dukungan

Hidup tidak selamanya berjalan lancar sesuai apa yang Anda inginkan. Namun, sahabat akan membantu Anda untuk melaluinya dan membuat situasinya menjadi lebih mudah. Meski mereka tidak sepenuhnya dapat menyelesaikan masalah Anda, namun mereka memiliki peran yang besar dalam memberikan dukungan. Meski persahabatan terkadang tidak berlangsung selamanya, namun setiap pertemanan akan selalu mengajari Anda mengenai suatu hal yang istimewa.

 

#4. Memberikan Pelajaran Hidup Baru

Saat menjalani masa sulit tanpa sahabat atau dengan sahabat, keduanya juga akan menyadarkan Anda tentang makna kehidupan baru. Bisa saja dari sana Anda dapat menyadari bertapa berharganya pertemanan yang Anda miliki. Anda juga dapat belajar untuk menerima kebaikan hati serta pentingnya hadir untuk orang lain pada saat mereka membutuhkan. Pertemanan mengajari Anda mengenai betapa pentingnya memiliki seseorang yang mengenal dan memahami.

Awas Jebakan Toxic Friend

Namun banyak orang yang merasa tidak mudah menemukan sahabat yang tulus dan justru berteman dengan orang yang salah. Apalagi kalau sudah bertemu teman dengan kategori Toxic Friend. Toxic Friend adalah teman yang membuat Anda menjadi sakit hati, berbohong dan kesulitan.  Sayangnya, banyak yang  tidak mau mengakui bahwa dirinya terjebak dalam Toxic Friendship. Lalu apa ciri-ciri seorang Toxic Friend?

 

#1. Membuat Anda Tidak Percaya Diri

Apakah Anda memiliki teman yang suka menyebarkan hal negatif ke lingkungan sekitarnya? Teman semacam itu akan memberikan komentar negatif soal penampilan fisik, kelebihan, dan prestasi Anda. Sampai akhirnya membuat Anda tidak percaya diri dan menutup segala kelebihan dalam diri.

 

#2. Tidak Suka Disaingi

Seorang Toxic Friend tidak mau disaingi oleh siapapun, termasuk juga dengan Anda, meskipun Anda teman dekatnya. Mereka akan mencari segala cara untuk selalu menang. Meski dengan menggunakan cara yang jahat dan licik, pasti akan dilakukan juga.

 

#3. Sulit Dipercaya

Ciri lainnya dari Toxic Friend adalah mereka sulit dipercaya. Kebiasaan gemar membocorkan rahasia orang lain pada lingkungan sekitar, dapat dikatakan sebagai Toxic Friend.

 

#4. Egois

Toxic Friend memiliki sifat egois yang sangat tinggi. Mereka tidak mau mendengarkan cerita Anda dan hanya mau didengarkan. Mereka bersikap tidak peduli jika temannya mengalami kesulitan.

 

#5. Memanfaatkan Orang Lain

Toxic Friend akan memanfaatkan orang lain demi kebaikannya. Mereka akan bersikap sangat baik dan menganggap Anda adalah sahabat terbaiknya. Namun, setelah Anda percaya, mereka mulai memanfaatkan Anda.

Menghindari Toxic Friend

Segera keluar dari lingkungan beracun itu agar kesehatan mental dan fisik Anda tetap terjaga. Anda perlu cepat sadar bahwa Anda terjebak dalam lingkungan negatif ini. Segera cari lingkungan pertemanan baru yang memang benar-benar tulus dan memberikan dampak positif terhadap kehidupan Anda. Jangan takut tidak memiliki teman lain. Karena di luar sana masih banyak lingkungan positif yang bisa menjadi keluarga baru untuk Anda.

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, dan konsultasi pribadi. Kami juga menyediakan jasa pelatihan secara online, konsultasi online dan seminar online.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp