08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Insecure merupakan gambaran perasaan tidak aman yang membuat Anda merasa takut, gelisah, tidak percaya diri dan malu. Merasa insecure adalah suatu hal normal. Tetapi, insecure yang berlebihan dan terlalu lama pada diri Anda, justru akan menghambat potensi diri. Jadi, insecure tidak boleh dibiarkan dan harus segera diatasi. Ada banyak hal penyebab seseorang menjadi insecure, bisa berasal dari luar diri dan dari dalam diri.

Misalnya, penyebab insecure yang berasal dari luar diri adalah perlakuan dipandang sebelah mata atau overprotective dari orang tua Anda. Sedangkan penyebab insecure dari dalam diri contohnya perasaan kesepian dan sifat terlalu perfeksionis yang Anda miliki.

 

Bagaimana Mengatasi Insecure?

Insecure dapat membuat Anda mengalami hambatan ketika mengembangkan potensi. Hal ini tentu dapat menghambat aktivitas Anda. Memang benar bahwa perasaan tidak aman dapat membuat Anda mengalami gangguan kesehatan mental, mulai dari kecemasan, gangguan makan, depresi, hingga kelelahan kronis.

Jika Anda mengalami insecure berlebihan, maka terapkan cara ini agar dampak buruk dapat terminimalisir.

 

#1. Tetap Berpikir Positif

Hidup sering diibarat roda yang berputar, terkadang berada di atas dan adakalanya di bawah. Tetapi, setiap orang memiliki cara berbeda dalam menyikapi persoalan dihidupnya.

Ada yang dengan menyalahkan diri sendiri terus-menerus, ada pula yang terlihat santai. Tergantung pola pikir dan bagaimana cara mereka memandang masalah.

Untuk itu cobalah tetap berpikir positif tentang yang terjadi dalam hidup. Misalnya ketika teman Anda membatalkan pertemuan secara tiba-tiba tanpa alasan. Untuk menghindari rasa kecewa yang dipenuhi prasangka buruk. Lihatlah sisi positifnyanya, misalnya Anda jadi memiliki waktu luang untuk berkebun, memasak, atau bercengkerama dengan keluarga.

 

#2. Tidak Menyalahkan Diri

Memang tidak mudah melawan pikiran negatif. Namun, jika tidak Anda dipaksakan untuk melawan, Anda akan terus merasa cemas hingga menyalahkan diri sendiri.

Anda bukan orang satu-satunya yang melakukan kesalahan. Semua orang pasti pernah melakukan suatu kesalahan. Jadi ketika Anda mulai berfikir, “Saya orang yang selalu membuat kekecauan”, maka langsung ubahlah pikiran itu menjadi lebih realistis. Contohnya, “Saya memang terkadang membuat kesalahan, tetapi saya dapat mengambil pembelajarannya.”

 

#3. Berhenti Membandingkan Dengan Orang Lain

Cara untuk mengoreksi diri bukan dengan membandingkan diri dengan orang lain. Hal ini akan membuat Anda menjadi rendah diri. Terkadang saat Anda melihat media sosial orang lain, semua tampak menyenangkan dan indah. Tapi apakah benar seindah yang Anda bayangkan? Untuk itu, cobalah kurangi penggunaan media sosial agar Anda fokus dengan impian Anda, bukan fokus dengan kehidupan orang lain.

Bersyukurlah dengan segala hal yang Anda miliki agar perilaku dan pikiran Anda menjadi positif. Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing yang Anda juga tidak melihatnya.

 

#4. Menciptakan Lingkungan yang Positif

Apakah Anda memiliki lingkungan pertemanan yang sering memberikan komentar negatif dan tidak membangun? Meskipun mereka beralasan bahwa komentar itu untuk kebaikan Anda, sayangnya kata-kata itu tidak membuat semangat dan justru membuat Anda menjadi insecure.

Mulai sekarang, minimalisir berkumpul dengan mereka. Temukan lingkungan pertemanan yang mendukung, memberikan respons positif, serta membangun.

 

#5. Lakukan Hal yang Membahagiakan

Fokuslah pada hal yang membuat Anda bahagia dan hal-hal yang dapat melupakan insecure. Memanjakan diri Anda dengan masker wajah, bersantai, menghirup aromaterapi, yoga, dan lainnya.

Dengan melakukan kegiatan positif dan membangun, Anda juga dapat merasa bahwa diri Anda dan semua yang Anda miliki sekarang sudah cukup. Selalu jaga kesehatan tubuh Anda dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan bernutrisi secara teratur. Ini akan memperbaiki mood dan membuat kondisi fisik serta penampilan menjadi lebih baik. Sehingga nantinya Anda akan lebih dan semakin percaya diri.

Walau perasaan insecure dianggap normal, namun perasaan insecure tidak boleh dianggap sepele dan dibiarkan mengganggu. Jika perasaan insecure mulai muncul didiri Anda, cobalah terapkan tips di atas. Tetapi jika insecure tidak kunjung hilang, konsultasikan kepada ahlinya agar Anda mendapatkan saran serta bimbingan yang tepat.

Program Akeyodia

Hubungi kami di WA 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan In House Training, Seminar, Training Persiapan Masa Pensiun, atau konsultasi.

Belajar bersama yuk dari video : PAHAMI DAN CINTAI DIRI SENDIRI AGAR HIDUP ANDA SUKSES!” – Eps 19




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp