08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Apakah Anda mahasiswa yang memiliki impian untuk memulai bisnis? Apabila Anda ingin membangun bisnis lebih awal, tentu tidak ada salahnya. Namun dalam memulai bisnis perlu mendedikasikan waktu dan energi tersendiri. Anda juga perlu memiliki kemauan, motivasi yang tinggi, dan ketekunan. Untuk menyeimbangkan tugas kuliah dan impian berbisnis, berikut tips memulai bisnis saat kuliah yang dapat Anda terapkan:

tanya

 

#1. Prioritaskan

Apa prioritas Anda? Anda perlu menentukan tujuan karier jangka pendek dan tujuan karier jangka panjang. Anda perlu tahu apakah dorongan memulai bisnis dapat membantu Anda menentukan tujuan karier kedepan atau kebutuhan Anda. Tentukan dengan jelas alasan Anda dan putuskan kapan mengorbankan waktu belajar dan mengejar peluang bisnis. Semua pasti ada urgensi dan tenggat waktu, tetapkan prioritas untuk membantu menjernihkan pikiran agar fokus sasaran.

 

#2. Perencanaan yang Matang

Penting untuk Anda memiliki rencana yang matang. Ketika strategi awal tidak solid, wacana bisnis Anda akan lebih cepat menghadapi hambatan. Mulailah dengan melakukan penelitian, misalnya melihat apakah ada celah untuk ide bisnis Anda dan apakah banyak pelanggan potensial untuk membuat ide bisnis Anda bertahan. Anda juga perlu mengenali siapa nantinya kompetitor Anda. Kenali hal-hal dasar terlebih dahulu sebelum Anda maju memutuskan memilih bisnis tersebut.

 

#3. Perencanaan Keuangan

Sebagian bisnis memang dapat dimulai dengan modal yang kecil. Namun Anda perlu untuk menghitung kemampuan keuangan Anda sebelum melangkah memajukan bisnis. Tentu Anda tidak akan memulai bisnis dengan seluruh modal hingga tidak ada sisa untuk biaya operasional dan biaya kuliah Anda.

 

#4. Mengatur Waktu dan Manfaatkan Situasi

Atur waktu untuk berbisnis dan belajar, sebab sekolah tetap menjadi prioritas. Kebahagiaan juga tetap menjadi prioritas, Anda masih perlu menemukan waktu untuk berolahraga, makan teratur, dan tidur yang cukup. Cermatlah membagi waktu, karena fleksibilitas diperlukan agar semua tetap dapat berjalan lancar.

Anda dapat memanfaatkan dan mempertimbangkan status Anda sebagai mahasiswa. Pertimbangkan jumlah pelanggan potensial yang tersedia di lingkungan kampus. Cobalah membangun koneksi dengan mahasiswa lain. Pertimbangkan pula ide kolaborasi dan menjadikannya sebagai kesempatan belajar untuk semua orang.

Selain mempertimbangkan pelanggan dan relasi potensial, sebagai mahasiswa Anda tentu paham bahwa tempat Anda kuliah menawarkan sumber daya gratis yang dapat Anda manfaatkan saat memulai bisnis. Misalnya wifi gratis, seminar gratis, dan bahan pustaka gratis. Semua hal tersebut dapat Anda manfaatkan sebagai alat untuk membantu kemajuan minat bisnis Anda.

 

#5. Semangat dan Tetap Fokus

Ketika Anda menjalankan bisnis, pasti Anda akan menemukan tantangan atau mungkin kegagalan. Hal tersebut adalah hal yang sangat wajar dialami oleh pebisnis. Jadikan hal itu sebuah pengalaman berharga untuk terus belajar. Anda perlu memiliki mental yang kuat serta jiwa pantang menyerah yang tinggi agar tetap semangat dan fokus pada tujuan.

Jangan lupa untuk memeriksa kembali faktor-faktor apa yang membuat Anda mengalami kegagalan, lalu mulailah kembali dengan berpatokan pada hasil evaluasi.

Setelah Anda yakin, kemampuan sudah meningkat, dan persiapan sudah matang, maka tidak ada alasan lagi untuk menunda-nunda rencana bisnis. Segera realisasikan, jangan lupa untuk berdoa, percaya diri, dan fokus akan bisnis yang Anda jalankan.

Untuk mengetahui ide-ide bisnis yang dapat Anda jalankan, baca juga artikel : “Tekuni Salah Satu Bisnis Ini Agar Jadi Crazy Rich”.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis