08112652210 / 08112652244 info@akeyodia.com

Dalam dunia bisnis, adanya kompetitor merupakan hal yang wajar terjadi. Ketika Anda terjun ke dalam dunia bisnis, Anda akan mendapati satu atau bahkan lebih kompetitor. Kompetitor adalah pebisnis lain yang menawarkan produk atau jasa yang sama dengan yang Anda tawarkan. Suatu ketika, pelanggan Anda akan pergi ke kompetitor dengan alasan tertentu. Bagaimana agar kejadian tersebut dapat Anda antisipasi dan tidak menurunkan produktivitas bisnis Anda?

Meski adanya kompetitor adalah hal yang wajar, tetapi sebagai pebisnis Anda memiliki tugas untuk mendapatkan pelanggan sebanyak mungkin. Anda memerlukan dua strategi sekaligus, yaitu untuk mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

 

Memahami Kompetitor Anda

Anda dapat memanfaatkan keberadaan kompetitor Anda untuk dapat berinovasi. Lakukan analisis sehingga Anda akan mudah mengevaluasi bisnis Anda terkait apa yang kurang, apa yang perlu diperbaiki, dan apa yang perlu ditambahkan.

Dalam dunia bisnis, Anda perlu memahami beberapa hal untuk mengetahui laju perkembangan bisnis kompetitor, misalnya:

-. Bagaimana mutu, desaim, dan produk yang kompetitor tawarkan

-. Bagaimana harga yang ditawarkan kompetitor

-. Bagaimana saluran distribusi yang dimiliki oleh kompetitor

-. Bagaimana promosi yang dilakukan kompetitor

-. Apasaja kegiatan kompetitor yang dilakukan

Dari point di atas, Anda dapat menganalisanya kemudian menentukan sikap atau strategi yang harus diterapkan pada perusahaan Anda. Lalu bagaimana untuk mendapatkan informasi dan jawaban dari point di atas? Ada beberapa cara, yaitu:

 

#1. Identifikasi

Lakukan identifikasi untuk mengetahui jumlah serta jenis kompetitor Anda, termasuk kekuatan dan kekurangannya. Anda perlu melakukan:

-. Mengenal jenis produk atau jasa yang ditawarkan

-. Melihat besar pasar yang mereka kuasai

-. Mengidentifikasi peluang dan ancaman kompetitor

-. Mengidentifikasi keunggulan dan kelemahan kompetitor

 

#2. Menentukan Sasaran

Setelah Anda melakukan identifikasi, saatnya Anda menentukan sasaran kompetitor. Anda dapat membagi kompetitor kedalam dua tipe, yakni;

-. Kompetitor Dekat : Jika mereka memiliki produk yang sama persis atau sejenis dengan produk Anda

-. Kompetitor Jauh : Jika mereka memiliki produk yang hampir mirip dengan produk yang Anda tawarkan.

Dengan menemukan sasaran kompetitor, Anda dapat menentukan arah gerak perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Ketika Anda tidak mengetahui siapa kompetitor Anda, Anda tidak mudah untuk menemukan strategi meningkatkan penjualan.

 

#3. Amati dan Evaluasi

Ketika Anda mengamati kompetitor, maka Anda akan menemukan strategi yang digunakan oleh kompetitor sekaligus strategi untuk bisnis Anda sendiri. Perlu Anda ingat adalah Anda hanya menganalisa dan mengamati kompetitor, bukan berarti waktu dan pikiran terkuras untuk memikirkan kompetitor. Jika Anda hanya fokus pada kompetitor dan tidak melakukan perubahan, yang terjadi adalah bisnis Anda akan semakin tertinggal.

Bisa jadi ketika kompetitor Anda berkembang, Anda masih sibuk untuk meneliti dan mengidentifikasi. Jadi, ketika memperhatikan strategi kompetitor, Anda juga wajib melakukan strategi tertentu. Disini dibutuhkan kecepatan dan ketepatan dalam membuat strategi.  Atau Anda terpikirkan untuk bekerjasama dengan kompetitor?

Apapun keputusan yang ingin Anda lakukan, pastikan melakui analisis dan perencanaan yang matang.

Anda dapat menghubungi Akeyodia di nomor 08112652244 / 08112652210, jika tertarik mengadakan seminar motivasi, coaching, in house training, atau pelatihan persiapan masa pensiun.

Simak juga pembelajaran: SEMUA OWNER INGIN TETAP PRODUKTIF DI TENGAH PANDEMI! CARANYA? – Eps 13




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp
Pusat Pakaian Murah - Jasa Pembuatan Website Solo - Grosir Gamis