08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Yang terkadang menjadi pertanyaan adalah, perlukah perusahaan meningkatkan keterampilan karyawan dalam bekerja? Apakah meningkatkan keterampilan mereka bermanfaat bagi perusahaan? Tentu saja pertanyaan seperti itu muncul. Apalagi muncul prediksi tentang antisipasi gelombang kedua pandemi covid-19 ini.

Seperti yang sudah diketahui bersama, sejak awal tahun 2020 seluruh dunia panik dengan kemunculan corona. Disamping mengancam kesehatan, virus corona juga berdampak pada perekonomian dunia. Akhirnya banyak perusahaan yang terpaksa melakukan Pensiun Dini kepada karyawanya hingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Alasan utamanya perusahaan tersebut melakukan PHK atau pensiun dini adalah karena lemahnya permintaan pasar yang merupakan efek dari PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Apa yang Perlu Perusahaan Lakukan?

Apabila permintaan menurun, otomatis berdampak pada cash-flow yang menjadi terbatas, sehingga perusahaan sulit untuk membayar gaji karyawan. Meski sekarang sudah memasuki era new normal, kemunculan gelombang kedua covid-19 masih akan menjadi kekhawatiran utama. Untuk mengatasinya, perusahaan dapat melakukan analisis manajemen risiko, memutuskan Langkah terbaik untuk perusahaan, dengan melaksanakan work from home atau sudah bisa work from office, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Jika sektor ekonomi terus mengalami penurunan, tidak dipungkiri lagi bahwa kemungkinan perusahaan akan mengambil langkah yang sama, yaitu melakukan PHK akan terjadi. Namun, pengurangan karyawan dalam jumlah besar juga berdampak terhadap kinerja perusahaan, sebab otomatis akan ada banyak posisi yang kosong akibat turn over yang tinggi. Hal ini juga berimbas pada produksi yang juga akan terkendala karena kekurangan orang yang menangani.

Melihat kondisi tersebut, upaya yang dapat dilakukan perusahaan adalah dengan meningkatkan kemampuan karyawan dengan meningkatkan skill yang dimiliki. Tentu saja hal tersebut dilakukan demi kelancaran operasional perusahaan, karyawan diharapkan tidak hanya menguasai satu tetapi juga beberapa keterampilan untuk memungkinkan adanya cross-function.

Cara Meningkatkan Skill Karyawan

 

#1. Training dan Workshop

Mengadakan training dan workshop merupakan strategi yang tepat untuk meningkatkan skill karyawan di tengah pandemi. Biasanya program ini disusun oleh bagian human resource (HR). HR dapat menganalisa bagian apa yang sedang diperlukan oleh perusahaan, sebab program yang dibuat harus tepat sasaran. Sehingga perusahaan juga harus menganalisis bagian pekerjaan apa yang membutuhkan perhatian lebih di saat krisis.

#2. Job Enrichment

Job enrichment merupakan metode mengasah keterampilan karyawan dengan memberikan tugas tambahan dan tanggung jawab melalui peningkatan wewenang. Metode ini dapat memberikan peluang bagi karyawan untuk mengambil kendali yang lebih besar di atas tugas mereka. Job enrichment dapat meningkatkan produktivitas dan fleksibilitas karyawan dalam bekerja. Contoh Job enrichment adalah meminta karyawan menggantikan karyawan lainnya yang sedang cuti atau memberikan proyek khusus.

#3. Cross-Training

Cross training atau pelatihan lintas fungsional adalah pelatihan yang memungkinkan karyawan beraktivitas dalam bagian atau pada bidang lain di perusahaan,  selain pekerjaan utamanya. Pelatihan ini membantu karyawan meningkatkan kerja sama dan komunikasi, karena mereka dapat saling bertukar pikiran mengenai pekerjaan masing-masing, apa kesulitannya dan bagaimana cara mengatasinya. Adanya cross training ini, memiliki manfaat ketika ada karyawan yang berhalangan hadir atau terpaksa di-PHK, maka pekerjaannya dapat ditangani oleh karyawan lainnya.

Memutuskan hubungan kerja karyawan atau PHK mungkin banyak dilakukan oleh beberapa perusahaan. Namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk sedikit berfikir lebih tentang strategi yang dapat Anda terapkan. Bagaimanapun juga, karyawan Anda adalah satu dari sekian orang yang juga memiliki andil membuat Anda pada posisi saat ini.

Mengenal Program Kami?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp