08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Sepanjang hidup kita, banyak sekali orang yang berkata bahwa “Waktu adalah uang!” Entah berapa kali dan dari mana saja kita pernah mendengar kalimat ini. Namun, sebenarnya apa maksud dari semua itu? Apakah waktu selalu berpotensi menjadi sesuatu yang bernilai jual? Entah, tetapi pada akhirnya waktu tetaplah waktu. Waktu adalah angka-angka.

Kita semua telah mendengarnya, dan bahkan mengatakannya sendiri, atau memikirkannya pada saat yang berbeda dalam hidup kita. Waktu adalah uang? Meskipun kedengarannya seperti terkesan kapitalistik post-modern, kutipan tersebut menurut sejarah sebenarnya berasal dari Benjamin Franklin yang mengartikulasikan ide ini dalam “Advice to a Young Tradesman” sebuah buku pegangan yang dicetak pada tahun 1748.

Benarkah “waktu adalah uang”? Padahal uang bisa dibuat, ditemukan, dicetak, diperbarui, dipinjam, atau malah dimusnahkan, tapi waktu tidak bisa. Pandangan salah kaprah itu kemudian memancing kita menjadi orang yang perhitungan dan tidak sabaran.

 

Bagaimana Kita Melihat Nilai pada Uang dan Waktu?

Uang bisa jadi sumber daya berharga yang bisa kita manfaatkan. Waktu jauh dari orang yang kita cintai. Waktu tidak akan pernah kembali. Uang adalah cerminannya, bukan berapa jumlahnya. Kita akan jadi lebih bijaksana melalui cara kita membelanjakan atau menginvestasikannya.

Kita mungkin dapat ‘membeli waktu’ orang lain dengan uang—dengan gaji kerjanya. Tetapi kita tidak bisa membeli waktu untuk diri, sehari lagi untuk menambah jatah hidup. Pada akhirnya, waktu selalu menjadi jenis hal yang paling kita hargai.

Tidak peduli seberapa banyaknya isi rekening bank kita atau seberapa jauh berkembangnya teknologi kita, tapi kita tetap bergantung pada kesehatan hidup di bumi, untuk makanan bernutrisi, air bersih, udara bersih, dan iklim yang stabil. Dan kita bergantung pada hubungan dan komunitas yang memberi makna.

 

Waktu, Uang, dan Tujuan Jangka Panjang

Daripada “Waktu adalah Uang” di mana orang menggunakan waktu untuk mendapatkan lebih banyak uang, bagaimana kalau dibalik: menjadi “Uang adalah Waktu”? Di mana orang menggunakan uang untuk mendapatkan lebih banyak waktu dan kesempatan yang baik.

Sekarang apa? Nah, Anda tahu bahwa Anda memiliki beberapa gagasan tentang bagaimana “membeli waktu Anda” sekarang, dan Anda mungkin mulai bersemangat untuk melakukan sesuatu dengan pengetahuan ini. Tetapi Anda tidak bisa ke mana pun tanpa mengetahui tujuan di mana Anda ingin berada. Jadi, apa tujuan jangka panjang Anda?



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp