08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Salah satu kesalahan terbesar yang kita buat dalam hidup adalah cara kita menggunakan waktu. Benar bahwa banyak dari kita memiliki tugas-tugas, pekerjaan, dan komitmen, tetapi bagaimana kita menghabiskan waktu? Agar performa makin bersinar, apa yang kita lakukan untuk menghabiskan waktu?

Padahal waktu luang kita pun memainkan peran besar dalam keseharian kita. Beberapa orang mencatat target-target mereka, dengan harapan agar dirinya memiliki lebih banyak semangat hidup, kesenangan, bisa menemukan sesuatu yang mereka sukai, dan menghabiskan waktu sebanyak mungkin dengan penuh makna. Ada juga yang memilih untuk mengisi kekosongan waktu dengan apa pun yang menghibur mereka saat ini.

Barangkali kita perlu mengubah pilihan kata dari ‘menghabiskan waktu’ menjadi ‘menginvestasikan waktu’.  Jadi, dengan apa seharusnya kita investasikan waktu? Memang tidak ada jawaban khusus untuk semua orang, tentang apa yang akan membuat kita bahagia dan merasa berarti. Untuk hal yang berarti itu, kita tidak hanya mencari waktu luang tapi juga meluangkan waktu.

Bergerak Menambah Pengalaman

Barangkali pengalaman adalah salah satu motivasi yang menggerakkan orang untuk melakukan suatu hal. Pengalaman studi di universitas terbaik, pengalaman merintis bisnis kreatif, pengalaman menjadi panitia acara, berkunjung ke kampung adat, solo traveling ke kota yang jauh, ngobrol dengan pemimpin negara, dan masih banyak lagi.

Pengalaman demi pengalaman tidak cukup hanya kita tonton di layar, melainkan harus sesekali menjalaninya sendiri. Pengalaman pula yang menjadikan seseorang makin bijak dari waktu ke waktu.  

Peduli dengan Kebahagiaan Orang Lain

Poin ini adalah tentang apa dan siapa yang Anda pilih untuk menghabiskan waktu Anda akan menentukan bagaimana kualitas hidup Anda. Jadi pilihlah mereka yang memiliki pola pikir, tujuan, dan minat yang sejalan, yang tentu saja membawa hal positif ke dalam hidup Anda.

Hanya karena Anda memilih untuk mengisi waktu untuk melakukan apa yang memberi Anda rasa puas secara pribadi, bukan berarti itu Anda tidak peduli dengan kebahagiaan orang lain. Bukan berarti mengurusi hidup orang lain atau melakukan sesuatu karena demi menyenangkan orang. Sama sekali bukan seperti itu.

Tapi ini adalah tentang menjadikan diri kita bermanfaat bagi kehidupan luas, tidak menjadi orang yang hanya berkutat pada masalah diri sendiri. Meluangkan waktu untuk kerja-kerja sosial, menjadi relawan, atau membuat komunitas yang membantu anak muda menggapai impiannya.

Kita menjalani sebagian besar kehidupan kita sehari-hari bersama orang lain: dengan peran sebagai anak, sebagai orang tua, sebagai saudara perempuan atau laki-laki, sebagai teman atau tetangga, istri atau suami, karyawan, kolega bisnis, dan lain-lain. Ada begitu banyak peran yang harus kita mainkan! Agar performa makin ‘bersinar’, dengan apa seharusnya kita investasikan waktu?

 

Investasi Waktu untuk Mewujudkan Impian

Kali ini kita beranjak ke suatu hal yang agak melankolis. Coba jawab pertanyaan ini: apa yang Anda kerjakan sehari-hari? Lalu apakah hal-hal yang Anda kerjakan itu memudahkan Anda untuk meraih sesuatu yang Anda impikan?

Realitasnya malah tidak sedikit yang berkata bahwa “ya, saya masih punya impian, tapi belum punya waktu untuk ini dan itu,” atau “masih banyak tanggungan, tapi semoga ada kesempatan suatu saat nanti.” Mengapa kita begitu sibuk dengan rutinitas harian, bekerja keras untuk mendapatkan bayaran rutin dan berurusan dengan kesibukan rutin, sehingga kita melupakan impian kita? Mengapa kita membiarkan hal-hal lain mengambil alih, sehingga kita tidak sempat mengejar impian kita?

Kita semua memiliki daftar hal-hal yang ingin kita lakukan, tempat yang ingin dikunjungi, karya yang ingin diwujudkan, orang-orang yang ingin ditemui, dan sesuatu apapun yang ingin kita alami. Setidaknya satu kali sebelum mati. Tapi banyak dari kita tidak mengambil tindakan, jadi mimpi itu tetap mimpi. Kita berharap bahwa ‘suatu hari’ yang penuh keberuntungan itu akan datang dan mimpi akan menjadi kenyataan. Berharap bahwa kita akan memiliki hal-hal yang selalu kita impikan itu. Membayangkan bahwa kita akan menjadi apa yang selalu kita inginkan.

 

Luangkan Waktu untuk ‘Mengatur’ Waktu

Saat Anda sangat sibuk karena berbagai hal, sudah tahu apa saja yang perlu dilakukan dan bagaimana caranya, lalu membaca tips tentang bagaimana manajemen waktu adalah sesuatu yang tidak penting dilakukan. Benarkah begitu? Apakah ide-ide, metode, atau strategi yang Anda lakukan setiap hari sudah fixed seperti itu?

Bagaimana kalau ternyata Anda bisa menyelesaikan sesuatu lebih cepat daripada yang pernah Anda lakukan sebelumnya? Ada saatnya kita perlu ambil jeda. Luangkan waktu sejenak untuk menata agenda. Take your time to manage your time.

Jika Anda ingin memanfaatkan waktu Anda dengan lebih baik, maka Anda perlu menjadwalkan prioritas terbesar Anda dengan jelas setiap hari. Dengan berfokus pada hal-hal paling penting ketika energi Anda berada pada titik tertinggi, Anda akan dapat menyelesaikan lebih banyak dengan lebih efisien. Dengan begitu, mudah-mudahan Anda bisa memanfaatkan waktu dengan jauh lebih baik.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp