08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Saat ini dunia sedang menghadapi tantangan yang serius baik saat mulai merebaknya pandemi hingga saat ini, atau saat dimana new normal mulai diberlakukan. Seperti yang dikhawatirkan banyak orang, sedikit demi sedikit hal tersebut mulai mempengaruhi bisnis, perputaran keuangan, hingga finansial secara global. Pada umumnya, pandemi ini cukup membuat ekonomi berbagai negara terpukul karena ekosistem bisnis yang mulai terhambat.

Adanya batasan keluar rumah dan karantina masing-masing wilayah menekan para pebisnis untuk terus bertahan. Ada sebagian bisnis yang justru meningkat, sedangkan yang lainnya berjuang untuk tetap bertahan. Ini berarti, Anda sebagai pebisnis harus memikirkan kembali upaya apa yang akan dilakukan agar membuat bisnis tetap berjalan. Lalu bagaimana seharusnya pebisnis melakukan strategi komunikasi dan marketing di tengah pandemi ini?

Tentu saja semua pebisnis berupaya untuk beradaptasi dengan kondisi yang terjadi. Banyak bisnis, mulai dari UMKM hingga bisnis besar, mulai menyusun ulang strategi komunikasi mereka, konten yang dibuat, dan mencari ide inovatif untuk memasarkan produk atau jasa mereka.

Strategi marketing yang bisa Anda gunakan untuk tetap menjalankan bisnis di tengah pandemi dan saat new normal adalah sebagai berikut :

 

 

#1. Tetap Terhubung dengan Pelanggan

Anda tentu tahu, saat ini toko, pusat perbelanjaan, bioskop, atau cafe kehilangan pengunjung karena semua membatasi diri. Ini adalah waktu yang tepat untuk menunjukkan empati kepada orang lain. Anda harus peka dan tidak terlalu memaksa melakukan hard selling. Ini adalah peluang besar bagi brand Anda untuk menonjol dengan tetap aktif dan terhubung dengan audiences di media sosial. Anda bisa berkontribusi memberikan layanan gratis selama periode tertentu (free trial), layanan antar, atau memberikan konten positif yang bersifat memotivasi dan menghibur.

 

#2. Bisnis Anda Mudah Ditemukan Secara Online

Secara umum, lalu lintas pencarian secara online meningkat secara signifikan. Semua orang berburu informasi terbaru melalui ponsel dan komputer masing-masing, termasuk belanja online. Pastikan brand Anda mudah ditemukan di media sosial, bahkan di halaman utama mesin pencarian online.

#3. Menjadi Brand yang Tanggap

Cara untuk membuat bisnis Anda tetap lancar adalah dengan menumbuhkan empati. Berilah transparansi kepada konsumen mengenai upaya yang dilakukan dalam situasi saat ini. Kalau Anda memiliki restoran atau catering, sampaikan bahwa Anda telah melakukan semua prosedur kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

 

#4. Penawaran Khusus

Daya beli saat ini sedang naik-turun, sehingga untuk bisa mendapatkan pemasukan dan menjaga pelanggan adalah dengan menawarkan diskon khusus yang akan membantu pendapatan Anda terus ada. Tentukan produk yang paling diminati dan buat penawaran khusus atau kemas diskon secara menarik.

#5. Gunakan Waktu untuk Mengatur Kembali Brand

Waktu saat ini dapat Anda gunakan secara lebih produktif untuk mengatur ulang segala suatu tentang bisnis. Bisa dari mengatur strategi promosi ke depannya, merombak tampilan website, atau menentukan tujuan baru bagi bisnis Anda.

 

Mulai Siapkan Langkah Marketing Efektif untuk Bangkit Berbisnis

Baik secara pesan sosial, atau pun online presence dalam mesin pencarian, usahakan untuk selalu jadi yang tampil pertama sehingga fokus pelanggan adalah ke brand Anda dan bukan ke kompetitor. Anda butuh strategi dan timeline yang harus dipersiapkan sebaik mungkin. SEO dan iklan PPC secara digital bisa dipertimbangkan sebagai langkah taktis.

Saat membicarakan tentang puncak pandemi biasanya tidak akan terlepas dari flattening the curve atau meratakan kurva (pelandaian kurva). Pada saat ini Indonesia sedang mengalami gelombang finansial dan kesehatan yang tidak mudah, tapi bila berhasil melakukan flattening the curve, saat itulah kondisi negara dan kondisi finansial tentunya akan kembali normal. Sehingga daya jual-beli akan stabil kembali.

Mempersiapkan budget dan ide untuk iklan adalah langkah yang sudah bisa dipersiapkan mulai dari sekarang untuk kembali membuat gebrakan brand Anda nantinya.

 

Apa yang Dapat Kami Lakukan?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching atau konsultasi pribadi.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp