08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Pandemi memang memaksa anak-anak harus sekolah online di rumah. Sayangnya, bukan anak saja yang merasa tidak nyaman, sejumlah orang tua mengaku stres karena harus berkontribusi dalam pembelajaran online. Baik bagi orang tua maupun bagi anak, belajar online di masa pandemi memang banyak tantangannya. Apalagi bagi orangtua yang bekerja dan harus sekaligus memantau anak belajar online.

Banyak cara yang dapat dilakukan orangtua agar tidak stress saat menemani anak belajar online. Salah satunya yang paling penting adalah dengan mengenal gaya belajar anak. Sering terjadi orangtua marah-marah ke anak, karena orangtua tidak punya gaya belajar yang sama dengan anak. Dengan mengenal gaya belajar anak, orangtua dapat menyesuaikan pendekatannya dalam mengawasi anak saat belajar online. Kegiatan belajar online juga sebaiknya dilakukan di ruang khusus belajar atau ruang tamu. Orangtua juga perlu mengatur emosi agar dapat menghadapi anak dengan sabar.

Banyak yang Belum Siap

Keluhan orang tua tentang sekolah online banyak disampaikan di media sosial. Beberapa orang tua mengaku stres ketika mendampingi, dan membimbing anak dalam pembelajaran jarak jauh. Sebenarnya sangat wajar kalau orang tua stres saat mendampingi anak belajar online, karena itu merupakan hal baru dan bukan hal yang biasa dilakukan. Begitu juga bagi anak, sekolah online juga bukan hal yang biasa.

Banyak kendala lain yang juga memicu stress orang tua, seperti materi pelajaran anak yang sulit untuk dipahami. Kalau anaknya masih TK, mungkin orang tua masih bisa membantu anak  mengerjakan tugas dan memahami materinya. Tetapi, jika anak sudah SMP dan SMA yang mana pelajarannya sulit dipahami. Tidak hanya itu, factor lain pun muncul, yaitu tidak semua orang tua paham teknologi, beberapa ada yang gaptek (gagap teknologi).

Apa yang Membuat Orang Tua Stress?

Selain alasan singkat di atas, ada lagi penyebab mengapa orang tua stres saat anak sekolah online. Diantaranya :

 

#1. Tugas yang Banyak

Memang ada sekolah yang memberikan tugas lebih banyak kepada peserta didiknya dengan tujuan untuk mencegah anak main keluar dan fokus sama sekolahnya. Sayangnya, hal ini menambah tugas orang tua untuk menemani dan membantu anak menyelesaikan tugas sampai selesai.

#2. Harapan

Pemicu stres orang tua saat sekolah online adalah bayangan orang tua yang selama ini berharap kalau pelajaran yang dijelaskan bisa langsung dipahami oleh anak, tapi ternyata tidak semua anak langsung paham. Ini membuat orang tua harus menjelaskan berkali-kali kepada anak.

#3. Membagi Waktu

Orang tua juga mempunyai banyak kegiatan dan bekerja, mereka tidak punya waktu yang fleksibel selama di rumah. Orang tua perlu membagi diri untuk mendampingi anak belajar dengan tugas-tugas yang ada di kantor atau di rumah.

Apa yang Perlu Orang Tua Siapkan?

Bisa jadi sekolah online akan berlangsung dalam jangka waktu lama. Untuk itu, sebagai orang tua Anda perlu tahu bagaimana mengatasi agar stres selama menemani anak sekolah online.

 

#1. Manajemen Waktu

Manajemen Waktu yang baik artinya Anda tahu berapa harus mendampingi anak dan jam berapa sudah bisa mulai kerja. Misal, sekolah online berlangsung dari jam delapan sampai sebelas siang, Anda bisa memulai pekerjaan kantor yang sifatnya bisa dikerjakan lebih dahulu. Bagi waktu bersama pasangan, siapa yang menemani anak belajar dan siapa yang akan membantunya mengerjakan PR.

 

#2. Manajemen Diri

Orang tua harus jujur kalau tidak mengerti dengan pertanyaan atau materi pelajaran anak. Sampaikan kepada anak kalau Anda lupa dan mengajaknya mencoba belajar bersama. Dan yang terpenting, jangan ragu untuk bertanya kepada guru anak Anda tentang bagian pelajaran yang belum atau tidak Anda pahami.

 

#3. Mengupdate Kemampuan Diri

Bagi orang tua yang gaptek, Anda bisa mulai belajar kembali kepada anak muda di sekitar Anda tentang media belajar yang digunakan. Anda juga bisa meminta dikirimkan materi pelajaran seperti buku dan juga soal-soal latihan dari guru anak Anda. Di waktu senggang, Anda dapat mempelajari dan nantinya bisa lebih mudah menjelaskan ke pada anak.

 

#4. Pahami Cara Anak Anda Belajar

Pahami juga bagaimana cara dan gaya belajar anak Anda. Kalau anak Anda punya gaya belajar sambil mendengarkan musik, cobalah untuk mengikutinya, jangan dilarang. Karena hal ini akan membantu Anda untuk lebih mudah mengajari anak, sehingga beban stresnya tidak terlalu besar.

Mengenal Program Kami?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp