08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Kegemaran seseorang memang beragam, salah satunya adalah memelihara ikan hias. Ikan hias memiliki daya tarik dari berbagai segi keindahan, corak dan jenis. Bisnis ikan hias dapat menjadi salah satu pilihan untuk para pebisnis pemula yang tengah mencari peluang usaha baru.

Bisnis ikan hias air tawar maupun air laut menjadi prospek cerah dan peluang yang sangat besar.  Bisnis ikan hias sendiri sebenarnya merupakan salah satu prospek yang cukup berisiko karena pangsa pasarnya sudah terfokus. Lalu bagaimana agar sukses berbisnis ikan hias? Simak artikel berikut.

 

Prospek Usaha Ikan Hias

Ikan hias merupakan ikan yang hanya dapat dipelihara sebagai hiasan, menambah dekorasi rumah dan bukanlah jenis ikan yang dapat dikonsumsi. Oleh sebab itu, lebih banyak pelaku usaha pemula yang lebih memilih untuk budidaya jenis ikan konsumsi dibandingkan ikan hias. Padahal keuntungan bisnis ikan hias juga sangat menjanjikan.

Ada banyak jenis ikan hias yang dapat dibudidayakan dan dipasarkan. Mulai dari ikan cupang, koi, guppy, dan masih banyak lagi yang dapat dipilih berdasarkan prospek dan minat pasar sekitar Anda.

Ikan hias memiliki berbagai jenis sehingga masyarakat dapat memilih berdasarkan kegemaran dan kebutuhan. Jika Anda ingin memasang target untuk masyarakat menengah ke bawah, maka Anda dapat menjual jenis ikan hias seperti cupang, komet ataupun koi. Namun jika Anda ingin terfokus pada kalangan menengah ke atas, maka Anda dapat menjual jenis ikan seperti louhan, arwana, dan lain-lain.  Dengan pangsa pasar yang beragam, pelanggan yang hadir juga dari berbagai kalangan, sehingga bisnis ikan hias dapat menjadi salah satu prospek bisnis yang perlu Anda pertimbangkan. Lalu bagaimana jika pemula ingin memulai bisnis ikan hias? Anda dapat memulainya dari hal berikut :

#1. Tentukan Jenis Ikan dan Pangsa Pasar Anda

Di awal, jangan lupa untuk menentukan jenis ikan hias apa yang akan dijual sekaligus konsumen dari kalangan manakah yang menjadi target. Bisa anak-anak hingga dewasa. Jadi jika Anda masih pemula dengan modal yang terbatas, maka sebaiknya menjual ikan hias dari harga yang paling murah dan banyak dicari terlebih dahulu, untuk menghemat pengeluaran awal.

#2. Hal yang Diperlukan

Anda perlu siap dengan berbagai peralatan yang dibutuhkan. Beberapa peralatan bisnis ikan hias yang dibutuhkan adalah akuarium, kolam untuk pemeliharaan, jaring, pompa air, selang dan wadah, penyaring kotoran, tabung oksigen, dan hiasan atau aksesoris yang dapat mempercantik akuarium. Belilah peralatan yang penting terlebih dahulu, sisanya Anda dapat mencicil selama bisnis berjalan.

#3. Tentuka Lokasi Usaha

Kelebihan bisnis ikan hias adalah tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas, bahkan dapat dilakukan di rumahan. Anda tinggal memanfaatkan teras depan rumah ataupun lahan kosong yang Anda miliki dan lokasi tersebut terletak di tempat strategis serta mudah dilihat dari berbagai sudut pandang.

#4. Kenali Ragam Ikan Hias

Semua bisnis memiliki teknik dan strateginya begitu juga dengan bisnis ikan hias. Anda perlu mengetahui tentang peralatan yang dibutuhkan dalam bisnis ikan hias. Anda perlu mempelajari mengenai budidaya ikan hias, seperti cara membeli bibit, perkembangbiakan, hingga memberi pangan.

#5. Promosi dan Iklan

Saat ini dengan kekuatan dari media sosial Anda dapat dengan mudah manfaatkannya untuk mengiklankan bisnis tanpa perlu mengeluarkan biaya.

#6. The Power of Mouth-to-Mouth

Anda dapat bergabung di perkumpulan pecinta ikan hias dan menjalin relasi sebanyak-banyaknya agar bisnis Anda secara perlahan dapat berkembang. Kekuatan the power of mouth-to-mouth atau kekuatan dari mulut ke mulut juga penting Anda petimbangkan. Jika ada pelanggan yang puas dengan produk dan pelayanan yang Anda berikan, maka kemungkinannya pelanggan tersebut akan merekomendasikan orang lain ke tempat usaha Anda.

Jadi untuk Anda yang masih bingung ingin menekuni usaha apa. Maka mulailah dari melihat kegemaran Anda. Bisa jadi kegemaran Anda merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Mengenal Program Kami?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp