08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Sebagai bisnis owner, Anda harus terus menyesuaikan strategi untuk mengatasi semua tantangan. Apa yang berhasil saat ini, belum tentu berhasil pada berbagai tahap pengembangan bisnis selanjutnya.

Jika bisnis kecil Anda saat ini sedang berkembang, selamat! Tetapi jangan terlena, sebab seiring berkembangnya zaman, semua sektor bisnis juga akan menghadapi tantangan baru. Anda tentunya perlu belajar tentang tantangan yang akan dihadapi dan bagaimana peluang yang akan Anda lalui.

Agar Bisnis Kecil Anda Tumbuh

Ada beberapa masalah umum yang cenderung dialami perusahaan pada berbagai tahap perkembangan. Dengan mempelajarinya, Anda akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk merencanakan ke depan dan terus berkembang. Berikut adalah lima Tahapan Pertumbuhan Bisnis Kecil yang dirancang oleh akademisi Neil C. Churchill dan Virginia L. Lewis dalam artikel Harvard Business Review tahun 1983.

 

Apakah Anda siap untuk menumbuhkan bisnis Anda? Simak tahapan berikut :

#1. Existence

Tahap ini adalah tentang eksistensi dasar sebagai sebuah bisnis. Ini adalah saat awal memulai bisnis dan sedang bersemangat.

Pertanyaan utamanya adalah, “Dapatkah Anda merancang sebuah produk atau layanan yang diinginkan pelanggan?” Jika bisa, maka Anda memiliki kesempatan untuk bertahan dan melanjutkan ke tahap berikutnya.

Peluang utama pada tahap ini adalah untuk mendapatkan customer baru. Anda mulai dari nol, jadi Anda tidak akan merugi dan mendapatkan segalanya.

Customer awal tersebut juga dapat memberi feedback yang berharga untuk produk Anda dan membantu Anda menyempurnakannya. Jadi, pastikan Anda memiliki sistem feedback untuk mengumpulkan sebanyak mungkin informasi dari mereka.

#2. Survival

Pada tahap ini, bisnis Anda telah eksis. Anda memiliki produk atau layanan yang akan digunakan orang untuk dibayar dengan uang. Tapi bisakah Anda bertahan untuk jangka panjang?

Tantangan utama di sini adalah mulai menghasilkan keuntungan yang berkelanjutan. Sederhananya, tantangannya adalah membuat pendapatan melebihi cost atau biaya. Jika Anda tidak berhasil pada tahap ini, akhirnya Anda akan kehabisan uang tunai startup Anda.

Namun peluangnya, jika Anda berhasil pada tahap ini, maka Anda akan memiliki bisnis yang mandiri. Yang memberikan beberapa peluang bagus, seperti kemampuan untuk bekerja full-time untuk diri sendiri, kemampuan untuk mulai mempekerjakan staff,  kesempatan untuk bertemu dan terhubung dengan customer baru dan dengan pemilik bisnis lain.

#3. Success

Pada tahap ini, Anda bergerak melampaui sekadar bertahan hidup dan mulai berkembang. Anda menghasilkan keuntungan yang cukup baik untuk mendanai bisnis Anda atau mendapatkan penghasilan yang cukup.

Tantangannya di sini adalah melakukan lebih dari sekedar bertahan. Anda perlu menemukan cara baru untuk menghasilkan pendapatan pada tingkat margin keuntungan yang memungkinkan Anda mendapatkan pendanaan kembali ke dalam bisnis.

Peluang pada tahap ini adalah Anda dapat menggunakan keuntungan yang dihasilkan dari bisnis untuk mendanai pertumbuhan di masa depan, sehingga dapat beralih ke tahap 4 dan 5. Atau Anda dapat melepaskan diri dari bisnis, kemudian menunjuk manajer untuk menjalankan berbagai hal dan mempertahankan keuntungannya, dan hanya menggunakan uang itu untuk tujuan lain, seperti mendanai bisnis yang baru.

4. Take-Off

Tahap take-off atau lepas landas ini adalah memasuki fase pertumbuhan cepat yang memungkinkan menjadi perusahaan besar. Tapi hati-hati, ada tantangan baru yang bisa hadir.

Perusahaan besar juga bisa membuat kesalahan besar ketika mereka mencoba untuk tumbuh dengan cepat, tapi salah dalam mengelola. Jadi tantangan Anda adalah menghasilkan dana yang cukup untuk berinvestasi dalam pertumbuhan sambil menjaga agar arus kas tetap stabil.

Anda memiliki kesempatan untuk masuk liga besar. Lihatlah perusahaan seperti Facebook dan Apple. Perusahaan tersebut merupakan startup kecil, dan mereka berhasil melewati fase pertumbuhan yang cepat dan kini telah bergabung dengan jajaran perusahaan terbesar di dunia.

5. Resource Maturity

Fase take off tidak bisa bertahan selamanya. Pada tahap tertentu, tidak ada kesempatan untuk pertumbuhan yang cepat. Anda harus melewati tahap akhir, di mana usaha kecil Anda telah berkembang menjadi perusahaan yang matang dan stabil. Hal tersebut membawa tantangan dan peluang tersendiri.

Pada tahap ini, Anda perlu memikirkan bagaimana menghadapi pertumbuhan yang melambat dan perusahaan yang lebih stabil.

Anda dapat melakukan diversifikasi ke produk dan layanan baru, pertimbangkan untuk membeli bisnis lain, atau lanjutkan menyempurnakan bisnis yang ada untuk mengatasi perubahan yang tak terelakkan di industri Anda.

Lima tahap pertumbuhan bisnis kecil, seperti yang didefinisikan oleh Churchill dan Lewis ini hanya bisa memberikan panduan umum. Tidak mungkin untuk mencakup setiap variasi dan situasi spesifik yang Anda hadapi, sebab bisa jadi setiap kejadiannya mungkin berbeda.

Apa yang Dapat Kami Lakukan?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan training, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching atau konsultasi pribadi.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp