08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Apakah Anda mengetahui tentang Growth Mindset? Growth Mindset adalah tendensi di mana orang percaya pada keahlian, kecerdasan, dan bakat yang bisa terus dikembangkan melalui praktik dan ketekunan. Bagi yang percaya pada pemikiran yang terus tumbuh akan selalu tertantang dan bisa melihat “masalah” bukan sebagai “masalah”, melainkan merupakan kesempatan untuk tumbuh dan berlatih mencapai kemampuan optimalnya. Inilah yang disebut sebagai Growth Mindset positif.

 

Lalu bagaimana meningkatkan pola pikir yang terus bertumbuh?

 

#1. Fokus Pola Bahasa yang Biasa Digunakan

Seseorang yang biasa mengembangkan pola pikir terus tumbuh akan terlihat dari cara merespon dengan kalimatnya. Contoh kalimatnya adalah :

Dari pada berkata “Aku menyerah”, mereka dengan pemikiran terus tumbuh akan membiasakan diri untuk mengatakan “Aku akan memakai strategi yang berbeda”.

#2. Mengakui dan Berdamai dengan Kekurangan Diri

Tanpa mengenali kekurangan, Anda tidak akan bisa mengatasi masalah dalam diri. Hanya yang mau belajarlah yang dapat meraih tujuan hidupnya. Orang tersebut merupakan orang yang secara tidak sadar sudah menerapkan pola pikir terus bertumbuh.

#3. Antusias Ketika Belajar dan Berani Mengambil Risiko

Memang banyak orang bertahan dengan cara lama, namun beberapa memilih mengembangkan cara baru dengan segala risiko yang harus dihadapi. Mereka yang mau mengembangkan diri tahu bahwa keahlian harus dipupuk dengan cara-cara baru yang lebih efisien.

#4. Mau Berbagi Pengalaman Dengan Orang Lain

Mereka yang mau membagikan pengalaman dan progres-nya secara terbuka pada orang lain, adalah orang yang bisa mengapresiasi proses sekaligus hasilnya.

#5. Menghargai Proses

Mereka lebih menikmati proses yang sedang dijalankan. Bukannya menyepelekan hasil, tetapi tahu bahwa beberapa hal membutuhkan waktu dan usaha lebih.

#6. Belajar Memberi dan Menerima Kritik

Mereka yang punya pola pikir terus bertumbuh sadar bahwa ada banyak hal yang masih perlu dibenahi. Mereka dapat memberikan dan menerima kritik dengan tujuan konstruktif yang disertai alasan.

#7. Membuat Tujuan Kecil yang Spesifik

Setiap tujuan memiliki karakter yang abstrak dan sulit untuk didefinisikan, dengan membuat tujuan-tujuan kecil yang spesifik akan membantu untuk mendapat tujuan yang lebih besar. Tujuan kecil yang diwujudkan secara berkala akan terus memotivasi untuk mencapai tujuan besarnya.

#8. Membuat Goals Baru

Growth-minded people tahu bagaimana cara menstimulasi diri untuk menciptakan ide atau tujuan baru. Sebab mereka selalu siap mewujudkan tujuan dalam hidupnya.

#9. Ambil Waktu untuk Refleksi Diri

Refleksi yang biasa dilakukan seperti meditasi, membuat jurnal, atau melakukan satu sesi latihan dan berjalan keluar ruangan di sela rutinitas harian. Setelah selesai melakukan refleksi diri, Anda akan kembali tanpa menyesali yang sudah terjadi, sehingga memudahkan Anda untuk melangkah ke depan.

Apakah Perusahaan juga Membutuhkan Growth Mindset Untuk Mencapai Kesuksesan?

Ketika perusahaan memulai transformasi, ingatlah bahwa transformasi akan berjalan sukses jika semua yang bekerja mampu menerima dan mendukung semua inisiatif perubahan dengan baik. Para eksekutif di perusahaan harus peduli dengan aspek budaya, salah satu aspek yang harus terpenuhi dalam budaya adalah jaminan rasa aman.

Jaminan rasa aman disini berarti perusahaan dapat memastikan setiap karyawan memiliki keberanian untuk menyuarakan pendapat, bekerja dengan kemampuan terbaik tanpa perlu khawatir ketika harus meminta bantuan tim atau mengakui kesalahan.

Ketika semua orang bekerja dengan rasa aman, maka secara pasti mereka akan memiliki growth mindset, yaitu pola pikir yang memungkinkan seseorang menerima informasi secara positif.

 

Karena peran pentingnya growth mindset bagi bisnis di masa depan, maka perusahaan perlu melakukan langkah-langkah ini :

 

1.Ciptakan VISI

Tidak asal mencipkan visi, buat visi yang menarik yang bisa dibagikan sebagai cerita untuk menginspirasi dan memotivasi orang untuk melakukan perubahan.

 

2. Buat Parameter

Membuat parameter sebagai atribut perilaku yang mencerminkan perubahan mindset yang diinginkan. Ini bisa berupa pencapaian individu yang berkontribusi pada tim, bisnis, atau pelanggan, banyaknya proyek yang dimiliki, atau keterampilan baru.

 

3. Dukung Implementasi

Mendukung implementasi untuk berbagi pengetahuan atau mempelajari keterampilan baru. HR (Human Resource) perlu untuk memastikan bahwa metrik kinerja dan peran serta tanggungjawab diperbaharui sesuai atribut perilaku yang diperlukan.

 

4. Ukur dan Monitor

Mengukur dan memantau perubahan menggunakan survey anonym. Membangun budaya growth mindset memang membutuhkan waktu juga kesabaran. Tanyakan kepada karyawan apakah mereka memahami pesan perusahaan tentang budaya, atau jika mereka melihat para pemimpin mempraktikkannya, dan apakah mereka menemukan rekan kerja yang mengambil inisiatif dengan serius.

Apa yang Dapat Kami Lakukan?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching atau konsultasi pribadi.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp