08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Karyawan merupakan bagian penting dalam produksi sebuah perusahaan, sehingga kepuasan karyawan selama bekerja perlu diperhatikan. Survei kepuasan kinerja karyawan dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja setiap divisi dalam perusahaan, bukan seberapa puas para karyawan terhadap perusahaan. Karena kinerja karyawan antar divisi biasanya saling bergantung satu sama lain. Jika terdapat salah satu divisi yang kurang baik kinerjanya, proses operasional perusahaan juga bisa terganggu.

Sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) di perusahaan, karyawan memiliki peranan penting karena perkembangan diri mereka akan berpengaruh pada perkembangan perusahaan. Sehingga, perusahaan dianjurkan untuk rutin mengadakan survey kepuasan karyawan demi mengetahui tingkat kepuasan mereka dalam lingkungan kerja dari waktu ke waktu. Namun mengapa survey kepuasan karyawan perlu dilakukan oleh perusanaan? Berikut adalah beberapa alasannya :

 

#1. Karyawan adalah Pelanggan Internal

Pelanggan bukan hanya mengacu pada orang yang membeli produk Anda. Karyawan pun juga sebenarnya dapat disebut sebagai pelanggan internal perusahaan. Sebab setiap komponen dalam perusahaan saling terkait, maka setiap bagian merupakan pelanggan dari bagian lainnya. Survei tersebut akan menilai kepuasan satu bagian atas service yang diberikan bagian lainnya. Contohnya, Anda bekerja sebagai karyawan di bagian sales dan hendak menjalankan suatu promosi, namun proses tersebut terhambat karena bagian keuangan lama dalam pencairan dana.

 

#2. Referensi guna Pengambilan Keputusan

Hasil dari survei kepuasan karyawan dapat digunakan oleh manajemen sebagai referensi untuk pengambilan keputusan yang berkaitan dengan SDM. Hasil dari survey kepuasan karyawan memiliki ketepatan informasi cukup tinggi, konsisten, dan sesuai dengan konteks waktu saat keputusan akan dibuat. Hasil survei dapat digunakan untuk membuat keputusan guna memenuhi kebutuhan SDM, pengembangan SDM, penempatan SDM, kesejahteraan karyawan, menilai engagement karyawan terhadap perusahaan, atau lainnya.

 

#3. Mengamati Perilaku Karyawan

Survei kepuasan karyawan juga memungkinkan perusahaan untuk mengamati perilaku karyawan dalam perusahaan. Dengan begitu, Anda bisa menentukan langkah yang harus ditempuh selanjutnya untuk mengembangkan perilaku tersebut sehingga kinerja karyawan lebih efektif, efisien, dan kompetitif. Secara tidak langsung, keterikatan karyawan terhadap perusahaan juga akan terdeteksi dengan sendirinya.

 

#4. Menilai Pengelolaan Program SDM

Para karyawan Anda mungkin terlihat senang bekerja di perusahaan Anda, tetapi apakah benar begitu? Survey kepuasan karyawan dapat menjadi cara yang tepat untuk mengetahui hal tersebut. Dengan begitu, para karyawan akan tetap terikat dan memiliki komitmen cukup tinggi terhadap perusahaan.

Perlu diingat bahwa survei kepuasaan karyawan harus melibatkan seluruh karyawan dari berbagai devisi. Setiap karyawan memiliki fungsi masing-masing untuk perusahaan, survei kepuasan karyawan akan membantu Anda untuk mencapai efektivitas kerja yang ditargetkan.

 

Bagaimana Langkah Menyusun Survey Kepuasan Karyawan

Guna memastikan bahwa survey kepuasan karyawan yang diadakan perusahaan efektif dalam menggali informasi, ada enam langkah yang harus dilakukan.

 

-. Menentukan Variabel yang Akan Disurvey

Secara garis besar, ada 4 aspek yang perlu disurvey oleh perusahaan terkait kepuasan karyawan. Empat aspek tersebut meliputi : Kepuasan karyawan terhadap pekerjaannya, Kepuasan karyawan terhadap lingkungan kerja, Kepuasan karyawan terhadap atasan. Ini berkaitan dengan gaya kepemimpinan dalam perusahaan, dan Kepuasan karyawan terhadap kebijakan perusahaan.

 

-. Membuat Daftar Pertanyaan

Pertanyaan yang ada dalam survey sebaiknya dibuat dalam bentuk pilihan tertutup. Setiap pertanyaan paling tidak memiliki variasi jawaban yang berskala. Misal dari sangat puas, puas, kurang puas, dan tidak puas. Hal ini untuk memudahkan dalam pengolahannya secara statistik. Kecuali, pertanyaan yang meminta feedback berupa kritik atau saran.

 

-. Mendistribusikan Survey

Daftar pertanyaan tersebut kemudian harus didistribusikan kepada seluruh karyawan. Untuk itu, perusahaan hendaknya melakukan survey kepuasan karyawan ini dengan memanfaakan teknologi informasi. Proses survey yang dilakukan secara digital akan menghemat biaya penggunaan kertas yang cukup besar dan hasil survey dapat dianalisa dengan cepat tanpa harus melalui proses input data terlebih dahulu.

 

-. Menganalisa Hasil Survey

Hasil survey secara digital akan dapat dilihat secara realtime dan akurat. Hasil survey kemudian dapat menjadi arsip penting Big Data perusahaan. Laporan hasil survey kepuasan karyawan dapat menjadi dasar untuk laporan ke direksi atau investor.

 

-. Melakukan Follow Up

Tindak lanjut atas hasil survey harus  dilakukan agar survey tidak sia-sia dan hanya membuang anggaran. Karyawan harus diberitahu bahwa kebijakan tersebut diambil berdasarkan hasil survey. Ini akan memberikan kepercayaan bahwa sebagai karyawan, ia memiliki pengaruh terhadap perusahaan, kepercayaan tersebut akan meningkatkan kinerja dan loyalitas karyawan.

 

-. Melakukan Survey Secara Berkala

Setelah menerapkan kebijakan yang diambil dari hasil survey yang dilakukan sebelumnya, perusahaan perlu memantau beberapa waktu. Setelah jangka waktu tertentu, survey dapat kembali dilakukan untuk mendapatkan opini tentang kebijakan tersebut. Dengan demikian, setiap kebijakan akan dimonitor dan dievaluasi secara terus menerus.

Mengenal Program Kami?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp