08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Perusahaan kelas dunia memulai program peningkatan kinerja secara continue banyak yang menggunakan prinsip 5S. Prinsip 5S diterapkan untuk menciptakan dan memelihara agar tempat kerja menjadi teratur, bersih, aman, dan memiliki kinerja tinggi. 5S merupakan pendekatan sistematik untuk meningkatkan lingkungan kerja, proses-proses dan produk melibatkan karyawan dari lini produksi maupun karyawan di kantor.

 

Apa itu 5S?

5S singkatan dari Seiri, Seiton, Seisuo, Seiketsu, Shitsuke, adalah budaya kerja yang berasal dari Jepang. Melalui penerapan 5S yang disiplin, perusahaan Jepang telah mengambil banyak manfaat berupa efisiensi dan efektifitas dari segala area kerja. Penerapan 5S penting bagi sebuah organisasi atau perusahaan berskala besar, menengah maupun kecil yang ingin perbaikan kualitasnya, agar berdampak pada system dalam organisasi atau perusahaan secara keseluruhan.

5S merupakan metode untuk memperbaiki area kerja yang apabila dilaksanakan dengan sistematis dan berkesinambungan dapat menciptakan lingkungan kerja yang produktif. Sasaran akhir dari penerapan metode ini adalah membangun budaya kerja yang disiplin. 5S merupakan program peningkatan terus menerus yang memiliki akronim :

 

SEIRI (Sort)

Artinya secara tegas memisahkan item-item yang dibutuhkan dari item-item yang tidak dibutuhkan, yang kemudian menghilangkan atau membuang item-item yang tidak diperlukan dari tempat kerja.

 

SEITON (Stabilize, Straighten, Set in order, Simplify)

Menyimpan item-item yang diperlukan di tempat yang benar dan tepat agar mudah diambil jika akan dipergunakan

SEISO (Shine, Sweep)

Mempertahankan area kerja agar tetap bersih dan rapi

SEIKETSU (Standardize)

Melakukan standarisasi terhadap praktek 3S (Seiri, Seiton, dan Seiso) yang disebutkan di sebelumnya

SHITSEKU (Sustain, Self-Discipline)

Membuat agar kedisiplinan menjadi suatu kebiasaan melalui prosedur yang telah ditetapkan dan diikuti.

5S dapat dikatakan berjalan dengan baik jika Anda sudah tidak perlu usaha yang besar atau waktu yang lama untuk mencari-cari barang, dokumen, material, peralatan kerja. Selain itu juga tempat kerjapun  nyaman, bersih dan rapi, tidak ada barang-barang yang tidak diperlukan, serta karyawan yang disiplin dalam menjalankan standar kerja yang ditetapkan.

Sering kali  penerapan 5S di perusahaan tersendat atau berhenti di tengah jalan. Alasan yang dikemukakan antara lain kurangnya dukungan manajemen, tidak adanya sistem yang memonitor penerapan, dan lain-lain. Bahkan ada perusahaan yang awalnya telah berhasil menerapkan 5S dengan baik, perlahan lahan dapat mengalami kemunduran dan tidak konsisten.

Salah satu cara untuk mempertahankan serta meningkatkan kualitas penerapan 5S adalah dengan cara mengevaluasi tingkat pencapaian 5S di tempat kerja melalui Audit 5S secara berkala dan perlunya sikap konsisten dalam menjalankan aturan untuk semua anggota.

Mengenal Program Kami?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /0811265221 0, jika Anda tertarik mengadakan Training, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.

Contoh Acara Kami?

Berikut adalah dokumentasi salah satu kegiatan yang diadakan oleh Akeyodia, Seminar Series My Own Business Potential : Jadi Jagoan dengan Bisnis Sendiri. Acara dilaksanakan pada Selasa, 26 Februari 2019 di Novotel Hotel Solo.

 

 



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp