08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Bisnis Petshop dulu jarang diminati. Namun sekarang semakin banyak dan bermunculan diberbagai daerah. Bisnis yang menyediakan kebutuhan dan perlengkapan hewan peliharaan ini memiliki prospek yang positif. Hal ini terjadi karena semakin banyak masyarakat yang mempunyai dan menyukai hewan peliharaan. Mereka memeliharanya baik sebagai hobi atau diperjual belikan. Jika Anda sebelumnya memiliki hobi memelihara binatang peliharaan, kali ini Anda dapat menjadikan hobi Anda menjadi ide bisnis yang menjanjikan.

Dalam memulai usaha, beberapa orang merasa ragu dan takut tidak balik modal. Begitu juga saat Anda ingin memulai bisnis Petshop. Pasti juga muncul keraguan dan kebimbangan tentang bagaimana bisnis berjalan. Anda dapat memperhatikan langkah-langkah membangun bisnis Petshop berikut ini agar tidak muncul keraguan lagi.

 

1. Start Seeing Opportunities Everywhere

Sebaiknya Anda membaca peluang terlebih dahulu. Lihat sekitar Anda apakah ada bisnis sejenis yang belum menjawab kebutuhan masyarakat, jika belum ada maka Anda memiliki peluang yang besar. Tetapi jika sudah ada yang menjalankan, Anda masih punya peluang. Caranya dengan mengamati kekurangannya, termasuk perbandingan harga, kelengkapan isi toko, jenis pakan hewan yang tersedia, dan lain-lain,  kemudian lengkapi kekurangan tersebut di petshop Anda.

2. How To Face & Overcome Challenges

Bagaimana menghadapi dan mengatasi tantangan? Salah satu tantangan dari bisnis petshop adalah target pasar. Anda harus jeli dalam memilih tempat untuk mendirikannya. Misalnya cari tempat yang dekat dengan perumahan, karena umumnya orang yang tinggal diperumahan memiliki hewan peliharaan. Selanjutnya, carilah tantangan lainnya yang akan menjadi kendala bisnis Anda. Contohnya tempat membeli produk-produk yang akan Anda jual, apakah jaraknya terjangkau dan harganya dapat Anda jual secara masuk akal atau tidak.

3. Makes your Business Different from Others

Buat bisnis Anda berbeda dari yang lain. Apabila yang lain hanya menjual makanan dan aksessoris untuk hewan, Anda harus beinovas. Misalnya dengan menerima jasa memandikan, potong kuku, membersihkan telinga dan lainnya. Anda juga bisa menerima jasa penitipan hewan peliharaan.

4. Effective Marketing Strategies

Lakukanlah pemasaran yang efektif, pada dasarnya pemasaran dilakukan untuk memberitahukan bahwa usaha Anda ada dan agar orang-orang mengingatnya. Tujuan pemasaran tidak harus ada pembeli dalam waktu dekat atau saat itu juga. Tetapi tujuan pemasaran jangka panjang adalah membuat semua orang mengetahui toko Anda dan mengingatnya. Jadi jika suatu saat membutuhkan, maka orang-orang tersebut sudah tahu harus membeli dimana.

Anda dapat menggunakan media sosial untuk berpromosi, manfaatkanlah dengan baik media sosial seperti instagram, facebook, twitter dan lainnya. Postinglah secara konsisten setiap hari agar bisnis Anda cepat dikenal oleh masyarakat.

5. Make a Good Impression

Buat pengunjung memiliki kesan yang baik terhadap toko Anda. Jika ada pengunjung yang datang membeli barang atau hanya sekedar melihat-lihat, berilah kesan ramah dan nyaman. Ini adalah pemasaran yang paling baik. Jika pelanggan tersebut suka dan terkesan, maka dia akan menceritakan pada teman-temannya dan merekomendasikannya.

Selanjutnya apabila ada pelanggan yang ingin membeli sesuatu, namun tidak ada ditempat Anda maka berilah saran atau solusi. Hal seperti ini terlihat sepele namun akan sangat berkesan bagi pelanggan.

6. Don’t Give up Easily

Bagi yang menyukai hewan peliharaan tentu tidak ada kesulitan karena Anda telah memiliki pengalaman walaupun sedikit. Tinggal Anda kembangkan dengan belajar lebih detail. Namun sekalipun Anda telah mempunyai banyak ilmu dan pengalaman soal hewan peliharaan sebelumnya, namun saat terjun ke dunia bisnis tentu berbeda. Dalam dunia bisnis pasti akan ada kesulitan dan kendala yang akan Anda alami.

Dalam membangun bisnis banyak pengorbanan dan perjuangan yang harus dilakukan secara konsisten. Jika Anda berada pada titik terendah dalam bisnis Anda, jangan menyerah. Kuncinya adalah jangan lalai dan melakukan kesalahan-kesalahan fatal seperti menjual produk tidak baik, jam buka toko tidak konsisten dan lainnya, hal semacam itu akan sangat mempengaruhi perkembangan bisnis Anda.

Dalam memulai bisnis, tidak cukup hanya dengan tersedianya modal, keyakinan, dan peluang saja. Tetapi Anda juga harus memiliki jiwa bisnis sebelumnya, karena banyak orang takut untuk memulai bisnis bahkan menyerah ditengah-tengah saat menemui kendala. Hal itu juga akan menimpa Anda jika Anda tidak memiliki jiwa bisnis yang kuat. Maka banyaklah belajar dari pengalaman orang yang sudah sukses dan asahlah jiwa Anda hingga menjadi pebisnis yang handal.

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, dan konsultasi pribadi. Kami juga menyediakan jasa pelatihan secara online, konsultasi online dan seminar online.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp