08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Seorang salesman atau sales marketing terbaik akan selalu berusaha untuk memperbaiki cara menjualnya. Mereka tidak pernah merasa puas meningkatkan keterampilan dalam hal penjualan. Seorang sales atau sales executive adalah garda terdepan yang menjadikan produk atau jasa yang ditawarkan dapat dilihat dan digunakan oleh para konsumen. Tanpa adanya sales, tidak mudah bagi perusahaan untuk meningkatkan pendapatan dari sebelumnya.

Oleh sebab itu, posisi seorang salesman atau sales marketing sangat penting di dalam sebuah perusahaan. Beberapa kemampuan untuk menjadi salesman atau sales marketing yang sukses dapat Anda pelajari melalui training, latihan, pengalaman, dan juga jam terbang. Dengan melatih diri secara konsisten, maka bukan hal mustahil Anda juga dapat menjadi seorang salesman atau sales marketing yang sukses. Ada dua ciri-ciri seorang salesman atau sales marketing yang hebat, yaitu :

 

#1. A Good Salesperson Researches His Prospect

Mendapatkan prospek dapat diibaratkan seperti sedang menambang. Artinya, Anda harus memahami perbedaan antara bijih emas dan batu. Sebagai seorang salesman, Anda harus memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi prospek.

Jika Anda tidak bisa melihat prospek yang tepat, akan banyak waktu yang terbuang. Ingatlah, tidak semua prospek dapat dikonversi menjadi sebuah penjualan. Oleh sebab itu, diperlukan pemahaman yang dalam dan mata yang jeli agar Anda terbiasa.

#2. Building Relationships

Banyak yang hanya mengedepankan komunikasi saat berhubungan dengan prospek. Basa-basi akan menimbulkan kesan bahwa Anda tidak tulus membangun hubungan. Tidak ada yang salah, komunikasi memang penting dalam dunia sales. Tapi, itu bukan satu-satunya cara. Hal yang lebih penting adalah membangun koneksi. Anda perlu kemampuan untuk membangun hubungan yang baik dengan orang lain.

Tunjukkan kepada prospek bahwa Anda peduli terhadap permasalahan mereka dan bersedia membantu memecahkan masalah dengan memberikan sebuah solusi. Dengan begitu, Anda otomatis mendapatkan sebuah kepercayaan dan ada kemungkinan terjadinya penjualan entah saat itu juga atau dikemudian hari.

Lalu bagaimana caranya menjadi salesman atau sales marketing yang hebat?

 

1. Critical Thinking Skills

Seorang salesman atau sales marketing yang baik tidak hanya mengandalkan skrip tentang bagaimana mereka harus menjual produk atau layanan. Tetapi harus dapat menyesuaikan atau mengubah promosi penjualan sesuai dengan calon pelanggan. Artinya Anda perlu memiliki kemampuan untuk berpikir cepat dan kritis dalam promosi dan proses penjualan.

2. Discipline

Anda perlu memiliki sikap tekun dalam melakukan pendekatan dengan calon pelanggan. Dalam banyak kasus, belajar bagaimana menjadi seorang salesman atau sales marketing yang baik, lebih bermuara pada pengembangan etika kerja yang disiplin.

3. To Become a Charismatic Person

Orang yang karismatik memiliki kemampuan untuk membentuk pemahaman antara dirinya dan prospeknya. Prospek akan memandang salesman atau sales marketing yang benar-benar karismatik karena dapat melakukan percakapan yang bermakna dengan mereka. Bukan sekedar sebagai perwakilan penjualan yang menjajakan produknya.

4. Focus

Seorang salesman atau sales marketing harus memiliki banyak akal. Hal ini penting untuk menjangkau dan menargetkan pelanggan potensial. Mengingat bahwa salesman atau sales marketing sering memiliki pekerjaan dan target aktivitas yang tinggi, Anda harus dapat berkonsentrasi tanpa menjadi kewalahan atau terganggu.

5. Find Your Passion

Salesman atau sales marketing yang paling sukses pada dasarnya sangat kompetitif dan terus-menerus berusaha untuk menjadi tenaga penjualan teratas. Anda dapat menetapkan standar setinggi mungkin, bahkan jika meleset dari target, Anda akan tetap berada dalam posisi yang baik untuk mencapai hal-hal hebat.

Salesman atau sales marketing yang baik juga perlu memiliki hasrat yang tulus dan keyakinan pada produk yang dijual. Ini akan terlihat jelas dalam promosi penjualan. Semakin bersemangat tentang apa yang dijual, percakapan penjualan akan semakin tulus.

6. Confidence

Seorang Salesman atau sales marketing yang hebat akan terus mempelajari lebih lanjut tentang produknya dan bagaimana menjembatani kesenjangan antara Anda dan prospek.

Salah satu kuncinya adalah percaya diri dan keyakinan. Salesman atau sales marketing yang baik dan paling karismatik tentunya sangat percaya diri. Percaya diri disini menyangkut tentang dirinya sendiri, perusahaan, dan produk atau layanan yang ditawarkan. Salesman atau sales marketing yang percaya diri bertindak tanpa rasa takut dan bersedia mengambil risiko tanpa khawatir mendengar penolakan dari pelanggan atau kehilangan peluang potensial.

7. Be Honest

Seorang Salesman atau sales marketing harus jujur tentang produk atau layanan yang dijual. Memberi kebohongan kepada prospek atau janji yang tidak benar bukanlah jalan menuju kesuksesan.

Anda perlu berpengetahuan dan memiliki informasi yang luas, tidak hanya tentang perusahaan dan produk, tetapi juga tentang prospek. Lakukanlah penggalian data terhadap prospek untuk menemukan hal menarik sebelum Anda melakukan promosi.

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, dan konsultasi pribadi. Kami juga menyediakan jasa pelatihan secara online, konsultasi online dan seminar online.

Berikut adalah dokumentasi workshop “Be a Great Sales” yang dilaksanakan pada Kamis, 4 Desember 2014 di Hotel Santika Premiere Jogja.

 




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp