08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Pinjaman online saat ini dianggap sebagai solusi karena dapat memberikan bantuan keuangan mendesak dalam waktu yang cepat. Seperti namanya, pinjaman ini dilakukan dengan cara online, dengan persyaratan yang mudah. Anda dapat mendownload aplikasi pinjaman online di PlayStore yang disediakan oleh perusahaan fintech. Meskipun demikian, pinjaman online memiliki sisi negatif dan positif. Sebaiknya, sebelum Anda tergiur akan kemudahannya, Anda harus mengetahui dahulu apa saja kelebihan dan kekurangan pinjaman online.

Namanya pinjaman, pasti ada biaya atau bunga yang harus dibayar oleh peminjam. Besarannya-pun juga ada berbagai macam yang dapat Anda pilih. Sebelumnya, Anda perlu tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dari pinjaman online:

 

Kelebihan Pinjaman Online

 

  1. Proses Mudah

Jika dibandingkan dengan pinjaman secara offline, proses pinjaman online sangat mudah. Bahkan dana dapat langsung cair. Waktu dan tenaga lebih hemat, serta pengajuan dapat Anda lakukan kapan saja dan dimana saja.

  1. Pencairan Dana Cepat

Pada pinjaman online, jangka waktu pencairan juga sangat cepat. Pencairan dana biasanya sekitar satu sampai tiga hari jam kerja. Sehingga bagi Anda yang membutuhkan dana darurat dan mendesak bisa langsung mendapat uang dengan cepat.

  1. Persyaratannya Mudah

Perusahaan pinjaman online ingin segala proses dapat dilakukan dengan mudah, sehingga persyaratan dokumennya juga tidak sulit. Biasanya persyaratan meliputi mengisi data diri, foto diri, dokumen KTP, rekening tabungan, dan sebagainya.

 

Kekurangan Pinjaman Online

 

1 Sistem Bunga

Pada pinjaman online, sistem pembayaran bunga terhitung harian Sehingga jumlahnya menjadi lebih besar. Apabila tenor yang Anda pilih singkat, mungkin jumlah bunga ini tidak akan terasa besar. Tetapi jika Anda mengambil tenor yang cukup lama maka biaya bunga akan terasa lebih besar dan berat.

  1. Suku Bunga Tinggi

Jika Anda meminjam dari pinjaman online, Anda tentu tahu bahwa suku bunga pinjaman cukup tinggi dan akan sangat memberatkan. Sampai saat ini, OJK belum mengatur soal batasan bunga pinjaman online. Tingginya suku bunga diserahkan kepada market player, perusahaan pinjaman online.

Perusahaan pinjaman online beralasan bahwa tingkat suku bunga yang tinggi disebabkan oleh perusahaan tidak mau mengambil resiko, karena proses pengajuan dan pencarian yang mudah.

Sehingga sebelum Anda memutuskan untuk meminjam dana pada pinjaman online, pikirkan kembali bagaimana cara membayar jumlah bunga yang tinggi tersebut.

  1. Kerahasiaan Data Pribadi

Pada perusahaan pinjaman online yang tidak resmi atau ilegal, data pribadi Anda bisa saja disalagunakan. Data pribadi Anda sudah ada di perusahaan yang meminjamkan dana secara online tersebut, jadi jika Anda tidak membayar pinjaman dana dengan benar maka Anda bisa dirugikan dengan data pribadi Anda.

  1. Penagihan Terus Menerus

Ada yang pernah ditelphone berkali-kali oleh nomor asing dan menanyakan apakah Anda kenal A karena A belum membayar tagihan? Ya, meski Anda tidak melakukan pinjaman, Anda tetap bisa di telfon berkali-kali untuk ditagih. Hal ini terjadi karena nomor Anda dicantumkan sebagai orang yang dikenal oleh A. Tentu saja hal ini membuat Anda tidak nyaman.

Pada dasarnya sistem pinjaman online diciptakan untuk mempermudah kebutuhan finansial masyarakat. Namun masyarakat perlu berhati-hati terhadap pinjaman online yang ilegal. Untuk mengantisipasi, masyarakat dapat mengikuti anjuran dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), untuk hanya menggunakan pinjaman online yang legal. Cek legalitas pinjaman online terlebih dahulu di OJK sebelum memutuskan untuk menggunakan pinjaman online.

Berdasarkan uraian kelebihan dan kekurangan pinjaman online di atas. Andalah yang memutuskan akan menggunakan kemudahan yang ditawarkan dari pinjaman online tersebut meski dengan segala kekurangannya. Atau lebih memilih sedikit menahan diri, investasi terlebih dahulu dan menabung agar keinginannya terpenuhi.

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, dan konsultasi pribadi. Kami juga menyediakan jasa pelatihan secara online, konsultasi online dan seminar online.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp