08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Selama ini kita mengenal 3 jenis kecerdasan yang populer ini; kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual. Seiring berjalannya waktu, kita membutuhkan satu jenis lagi yaitu kecerdasan finansial.

Bukankah Anda ingin bisa membuat perubahan jangka panjang atau menghindari kesalahan di masa lalu? Jika Anda ingin meningkatkan kecerdasan finansial Anda, berikut ini adalah kebiasaan yang harus dilakukan.

 

1. Baca tentang sistem keuangan pribadi

Saat Anda punya banyak hal yang ingin dipelajari seputar manajemen keuangan pribadi, banyak referensi seperti misalnya dari buku yang telah terbukti efektif diterapkan. Ada banyak buku yang dapat membantu Anda berpikir tentang uang dengan cara baru. Ambil satu atau dua subjek keuangan yang selaras dengan sasaran Anda, apakah itu pengelolaan budget, pembayaran utang, atau investasi.

 

2. Lacak pengeluaran dan kekayaan bersih Anda

Lacak pengeluaran Anda untuk sementara waktu. Kebiasaan ini membutuhkan sedikit kerja keras, tetapi itu menjelaskan ke mana uang Anda pergi. Apakah Anda mencatat apa yang Anda beli, melihat laporan transaksi bank dan kartu kredit (kalau punya), dan Anda tidak akan memiliki tempat untuk bersembunyi setelah Anda melihat berapa banyak yang sebenarnya Anda habiskan untuk makanan, hiburan, dan ekstra setiap bulan.

Jika Anda hanya berfokus pada ‘berapa banyak yang Anda hasilkan, mungkin Anda segera berpikir bahwa Anda kaya, walau sebenarnya belum. Memegang lebih banyak uang daripada tahun lalu, bahkan dengan tujuh digit pun tidak akan membantu Anda menumbuhkan kekayaan jika Anda menghabiskan semuanya. Coba melacak kekayaan bersih Anda untuk menggambarkan aset Anda dikurangi kewajiban Anda. Ini membantu Anda melihat bagaimana aset dan liabilitas Anda berubah seiring. Anda dapat melacak kekayaan bersih Anda secara manual, tetapi ada juga aplikasi investasi yang dapat melakukannya.

 

3. Investasi pada diri Anda

Mungkin Anda ingin berinvestasi dalam kursus untuk mempelajari keterampilan baru, atau mungkin Anda menginginkan sertifikasi yang dapat menghasilkan gaji yang lebih tinggi dan prospek pekerjaan yang lebih baik. Terkadang, investasi terbaik yang dapat dilakukan siapa pun bukanlah obligasi atau saham, tapi itu adalah pengembangan pribadi.

 

4. Fokus pada apa yang dapat Anda kontrol

Terkadang, hidup tampak tidak terkendali dan tak terduga. Bahkan jika Anda mempelajari semua yang bisa dipelajari tentang keuangan, Anda tidak dapat mengendalikan apa yang terjadi di pasar saham atau jika nilai rumah Anda turun. Berfokus pada apa yang bisa Anda kontrol benar-benar membuat Anda lebih baik. Misalnya, saat Anda tidak dapat mengubah pasang surut pasar saham, Anda dapat mengontrol seberapa banyak Anda berinvestasi. Dan, jika Anda tidak dapat mengontrol apakah Anda mendapat kenaikan gaji di tempat kerja, Anda dapat mengontrol bagaimana Anda menghabiskan gaji Anda.

 

5. Bertemu dengan perencana keuangan

Ketika situasi keuangan Anda makin kompleks, bertemu dengan perencana keuangan dapat membuat Anda mengetahui beberapa tip atau strategi yang mungkin tidak Anda pikirkan sebelumnya. Di sisi lain, bertemu dengan akuntan atau perencana pajak juga memiliki keuntungan, terutama dengan semua perubahan pajak yang akan datang pada tahun mendatang. 2018. Perencana pajak dapat membantu Anda melakukan hal itu, sambil membantu Anda meminimalkan pajak di masa depan.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp