08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah memang sedang digemari oleh masyarakat di Indonesia. Tidak heran apabila UMKM merupakan kelompok usaha yang juga berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Namun, untuk dapat menghadapi pasar global memang tidaklah mudah, karena produk UMKM akan bersaing dengan produk dari negara lain. Guna menyiasatinya, dibutuhkan strategi yang tepat. Ada lima strategi yang hendaknya dimiliki UMKM, yaitu Product, Price, Place, Promotion, dan People.

1. Product

Langkah utama sebelum bisnis berjalan adalah menentukan produk. Produk yang Anda jual haruslah sesuai dengan kebutuhan dan yang diinginkan oleh konsumen. Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu tentang selera pasar, trend pasar, dan melihat seberapa besar peluang pasar yang akan Anda bidik.

Jangan melupakan juga sisi kualitas. Produk yang akan dijual harus memiliki kualitas yang dapat bersaing dengan produk yang sudah ada.

2. Price

Ada tiga cara penetapan harga. Cara ini dapat Anda terapkan agar terhindar dari kerugian saat penentuan harga.

  1. Penentuan harga berdasarkan biaya produksi ditambah dengan keuntungan : Biasanya keuntungan diambil 30% dari harga produksi.
  2. Penentuan harga berdasarkan kompetitor : Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu sebelum menentukan harga. Tentukan harga di bawah kompetitor, tetapi dengan kualitas yang sama.
  3. Penentuan harga berdasarkan permintaan : Pada kasus ini, konsumenlah yang akan menentukan harga produk yang Anda miliki. Hal ini mengacu pada kualitas yang dimiliki, tetapi jika harga yang diberikan masih di bawah harga produksi, Anda harus dapat menaikan harga jualnya, sehingga bisa tetap mendapatkan keuntungan.

3. Place

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menentukan tempat usaha adalah :

  1. Lokasi yang mudah di akses dan mudah dijangkau
  2. Sesuai dengan target pasar yang sedang dibidik
  3. Produk yang dijual menarik perhatian konsumen.

4. Promotion

Promosi adalah langkah untuk mengenalkan produk yang Anda miliki kepada konsumen. Apalagi jika produk yang Anda jual adalah produk baru. Lakukan riset terhadap produk yang dijual dan siapa saja calon konsumen yang potensial untuk membeli produk tersebut. Setelah itu, Anda hanya perlu memilih, melalui media mana Anda melakukan promosi, apakah via media online atau media offline.

5. People

Jangan ragu untuk melakukan seleksi kepada calon karyawan dalam bisnis UMKM yang Anda bangun, hindari referensi dari saudara jika dirasa skill yang dimiliki belum sesuai. Orang atau sumber daya manusia (SDM) yang dipilih haruslah orang-orang yang bisa menghasilkan produk dan layanan terbaik.

Kelima strategi di atas hendaknya Anda terapkan untuk mengembangkan UMKM yang Anda miliki sehingga mampu bersaing menghadapi pasar global. Jika strategi tersebut sudah berjalan dengan baik, maka jangan melupakan manajemen keuangan UMKM. Hindari mencampur uang pribadi dengan uang yang digunakan dalam usaha.

Apa yang Dapat Kami Lakukan?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching atau konsultasi pribadi.

Berikut adalah Dokumentasi Acara Monitoring dan Evaluasi : “Program Pengembangan Wirausaha Bank Indonesia” Di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku yang dilaksanakan pada Kamis, 28 Februari 2019.

 



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp