08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Setiap perusahaan pasti memiliki standarisasi di setiap proses produksinya. Standardisasi sendiri merupakan usaha bersama membentuk standar. Sedangkan standar adalah  sebuah  aturan, biasanya digunakan untuk bimbingan tetapi dapat pula bersifat wajib, memberi batasan spesifikasi dan penggunaan sebuah objek atau karakteristik  sebuah proses.

Contoh  mudah memahami standarisasi adalah, apabila semua produsen pipa memproduksi kran dan pipa air  dalam bentuk  dan ukuran yang berbeda‑beda, maka semua pipa tidak bisa saling bersambung. Hal ini karena masing-masing pipa dan adaptor dari produsen A tidak ada yang seukuran dan serasi dengan pipa dan adaptor dari produsen B atau lainnya.

Dalam menjalankan sebuah perusahaan, dengan ruang lingkup luas dan sumber daya manusia dari latar belakang yang beragam, dibutuhkan sebuah acuan efektif untuk menyelaraskan sistem dalam bekerja sehingga visi dan misi sebuah perusahaan dapat tercapai. Acuan tersebut dikenal dengan sebutan Standar Operasional Prosedur atau SOP.

Standar Operasional Prosedur merupakan sebuah panduan yang bertujuan memastikan pekerjaan dan kegiatan operasional organisasi atau perusahaan agar berjalan dengan lancar. Peran Standar Operasional Prosedur dalam sebuah perusahaan terbilang sangat penting, khususnya untuk membantu proses perkembangan dan kemajuan perusahaan itu sendiri. Bayangkan jika perusahaan tidak memiliki aturan.

Pastinya semua kegiatan operasional perusahaan menjadi tidak terarah, arus kerja menjadi berantakan, dan kinerja para pegawai pun tidak maksimal. Dengan adanya SOP, diharapkan kualitas pekerjaan akan menjadi semakin baik.

 

Fungsi Standar Operasional Prosedur bagi perusahaan adalah sebagai berikut :

 

1.Sebagai Pedoman dan Landasan Hukum

Standar Operasional Prosedur dapat berfungsi sebagai pedoman untuk mengantisipasi berbagai macam situasi tidak terduga yang akan dihadapi oleh perusahaan, sekaligus acuan untuk melaksanakan pekerjaan. Selain itu, SOP juga dapat digunakan sebagai landasan hukum apabila terjadi penyimpangan dalam perusahaan.

 

2. Memudahkan dalam Pekerjaan

Adanya SOP sangat membantu kegiatan operasional perusahaan dan mempermudah pegawai dalam menyelesaikan pekerjaannya. Para pegawai tahu apa tugasnya, apa yang tidak boleh dilakukannya, dan apa yang harus dilakukannya. Sehingga seluruh aktivitas perusahaan menjadi teratur dan tertib.

 

4. Mendisiplinkan Seluruh Jajaran Perusahaan

Standar Operasional Prosedur (SOP) membantu membawa seluruh jajaran perusahaan ke arah yang positif untuk lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam bekerja. Bagi yang melanggar, biasanya akan dikenakan sanksi sesuai kebijakan masing-masing perusahaan.

 

4. Mendeteksi Hambatan

Dengan adanya Standar Operasional Prosedur (SOP), perusahaan dapat mengantisipasi hal tidak terduga dalam menjalankan perusahaan, termasuk hambatan yang sedang atau akan dialami pegawai, sehingga perusahaan dapat mencari jalan keluar untuk memecahkannya.

 

Standar Operasional Prosedur (SOP) dapat melatih kemandirian pegawai tidak sepenuhnya bergantung pada intervensi manajemen. Hal ini akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam kegiatan operasional perusahaan sehari-hari. Sebab di dalam SOP sudah mengatur seluruh pekerjaan, tugas, dan kegiatan para karyawan dengan cermat dan sesuai pada porsinya, sehingga tidak akan terjadi tumpang tindih dalam pelaksanaan tugas.

Jika SOP dipatuhi dan tidak dilanggar, maka perusahaan akan memperoleh hasil yang maksimal, dengan begitu kinerja perusahaan akan meningkat. Apabila terjadi kesalahan prosedural, mudah sekali untuk melacaknya karena dalam SOP sudah diatur secara rinci proses operasional perusahaan di setiap bagian.

Penyusunan SOP diselaraskan dengan visi, misi, tujuan perusahaan, dan SOP yang lainnya. Dengan begitu, para pegawai akan lebih mudah melaksanakan pekerjaan sebab sudah ada acuan yang harus diikuti.

 

 

Mengenal Program Kami?

Anda ingin perusahaan Anda memahami Standar Operasional Prosedur (SOP) dan mampu menjalankannya dengan baik?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp