08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Sebuah bisnis dengan skala perusahaan berarti sudah di organisasikan dengan baik. Artinya, secara otomatis perusahaan dilengkapi dengan sistem manajement dan pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM). Keduanya menjadi penggerak serta faktor produksi untuk menjalannya perusahaan.

Agar Perusahaan terus maju dan berkembang, pemberdayaan SDM mutlak dipenuhi untuk  mencapai tujuan perusahaan. Namun tentu saja tidak mudah, dibutuhkan energi yang kuat untuk menuju kesana. Banyak faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja perusahaan dan juga kinerja SDM yang ada di dalamnya.

Di semua devisi dalam perusahaan harus berjalan selaras dan konsisten agar target usaha dan keuntungan perusahaan terpenuhi. Dalam rangka meningkatkan produktifitas perusahaan, hal-hal yang terkait dengan sistem, target, aturan, cara kerja, marketing dan perencanaan usaha harus disiapkan dengan sangat matang.

Semuanya akan berimbas pada pencapaian tujuan, kesejahteraan karyawan dan juga keberlangsungan perusahaan. Sistem manajement yang baik adalah kunci agar produktifitas perusahaan maksimal dan efisien. Efisiensi inilah yang sangat penting bagi kelangsungan perusahaan.

 

Apa itu Efisiensi SDM?

Efisiensi SDM (Sumber Daya Manusia) adalah salah satu tantangan utama disemua perusahaan. Di mana perusahaan dituntut untuk dapat membangun kinerja dengan penggunaan waktu dan sumber daya yang efektif. Pada umumnya hal ini merupakan tugas dari departemen HRD (Human Resource and Development). Untuk melakukannya, Anda perlu mengetahui apa yang diperlukan dalam menciptakan lingkungan kerja yang efisien dan bagaimana memahami cara menyebarkan hal tersebut ke setiap devisi.

Banyak usaha telah dilakukan untuk mencari rumusan yang tepat dalam efisiensi SDM. Dalam efisiensi SDM, tidak hanya sebatas mengatur jumlah tenaga kerja yang ditempatkan pada setiap bagian. Namun, efisiensi SDM dapat meliputi seluruh aspek usaha yang ada dalam suatu usaha.

Secara sederhana dapat diasumsikan jika produktifias sumber daya manusia pada suatu perusahaan tinggi, maka efisiensinya juga tinggi. Dan dapat dihitung dengan membandingkan antara input dengan output. Tetapi, selain SDM, banyak faktor yang dapat mempengaruhi produktivitas. Diantaranya : waktu dan biaya maupun kondisi lingkungan. Karena banyak faktor yang bersifat kualitatif, untuk menyederhanakan perhitungan rasio produktivitas, faktor tersebut biasanya diabaikan.

Hanya faktor yang bersifat kuantitatif seperti waktu maupun biaya yang dijadikan patokan dalam menghitung produktivitas. Sehingga biasanya perhitungan produktivitas biasanya dilakukan secara parsial. Misalnya perhitungan produktivitas biaya dan produktivitas kerja, dihitung secara terpisah.

 

Memotivasi Sumber daya Manusia

Faktor manusia dalam sebuah usaha, merupakan faktor terpenting. Sehingga bagian HRD perlu memberikan motivasi kepada setiap tenaga kerja yang terlibat. Seorang karyawan yang merasa hasil kerjanya dihargai, akan lebih termotivasi dalam pekerjaannya. Uang memang dapat menjadi salah satu alat untuk merangsang motivasi bagi pekerja, namun tanpa pengelolaan yang baik, malah akan menurunkan produktivitas. Pada umumnya banyak perusahaan menerapkan sistem “punish and reward”. Di mana “reward” di sini berhubungan dengan kenaikan penghasilan maupun bonus.

Cara lain yang mulai populer digunakan adalah dengan membuat lingkungan kerja yang nyaman. Seperti pada kantor pusat Google, di mana lingkungan maupun ruangan kerjanya didesain sedemikian rupa. Hal ini didasari pada “orang yang berada pada lingkungan yang tidak disukainya, akan mudah stress dan menurun produktivitasnya”. Sehingga dengan menciptakan lingkungan kerja yang unik, dapat meningkatkan produktivitas kerja.

 

Membangun Komunikasi antar Karyawan

Komunikasi yang baik antar karyawan dan bagian dalam suatu usaha juga merupakan salah satu aspek penting dalam produktivitas usaha. Karena sebagai makhluk sosial, manusia perlu berinteraksi dengan lingkungannya. Komunikasi yang baik antar pekerja merupakan salah satu bagian dari Lingkungan kerja yang baik, sedangkan lingkungan kerja yang baik akan meningkatkan efisiensi SDM.

 

Penggunaan Teknologi

Pada era revolusi industri 4.0, peranan teknologi informasi diberbagai bidang semakin tidak dapat dihindari. Dengan penggunaan aplikasi, diharapkan dapat melayani kebutuhan HRD sehingga dapat meningkatkan efisiensi maupun produktivitas perusahaan. Untuk itu diperlukan sebuah aplikasi bisnis yang handal dan sesuai dengan karakter perusahaan. Anda bisa membuatnya atau membeli aplikasi jadi

 

Mengenal Program Kami?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp