08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Anda tentu tahu bahwa usia tua bukan berarti terlambat melakukan segala sesuatu, termasuk dalam hal berbisnis. Selama memiliki keinginan kuat untuk belajar dan niat yang serius, Anda bisa menjalankan bisnis yang diimpikan.

Apakah dengan usia yang tidak muda lagi tersebut seseorang bisa sukses berwirausaha? Tentu saja bisa. Tidak ada yang tidak mungkin, bisnis bukanlah sebuah hal yang mempersyaratkan usia muda untuk bisa sukses. Bisnis adalah sebuah aktivitas yang memerlukan kerja keras untuk bisa meraih keberhasilan.

Saya Sudah Tua, Apakah Bisa Sukses Berbisnis?

Ada yang chat ke Akeyodia, “Coach, saya punya lembaga kursus keterampilan. Selama ini memang saya tidak melakukan promo dan sejenisnya, karena saya beranggapan lembaga saya sudah cukup dikenal masyarakat Kota XYZ. Sayangnya, akhir-akhir ini usaha kursus saya turun, sekarang sudah sepi peserta didik, karena banyak usaha sejenis yang banting harga.

Saya sendiri jadi bingung bagaimana cara menghadapi masalah usaha  saya  ini. Sepertinya saya mau putus asa. Saya tidak mahir dalam hal media sosial, promosi dan sebagainya, saya sudah tua, usia saya sudah 61 tahun. Apakah saya masih bisa mengembangkan usaha saya?”

Pertanyaan selanjutnya muncul, “Apakah usia membatasi seseorang untuk sukses?”. Sebelum Anda menjawab pertanyaan tersebut, pernahkah Anda mendengar kisah tentang Colonel Sanders?. Kisah Colonel Sanders tentu saja tentang usahanya menawarkan resep ayam goreng ke restoran-restoran dan ditolak berkali-kali.

Di usia senjanya, yakni 65 tahun, ia baru sukses mendirikan restoran KFC dan resep ayam gorengnya disukai banyak kalangan. Padahal di usia tersebut, ia seharusnya sudah di rumah dan menikmati masa tua dengan beristirahat, tapi Colonel Sanders tidak. Ia dengan tekun membangun bisnis ayam gorengnya hingga sukses.
Tidak hanya Colonel Sanders, John Pemberton -pun menemukan formula minuman Coca Cola baru pada usia 55 tahun.

Jangan Ragu

Apabila Anda ingin memulai bisnis di usia tua, maka Anda tak perlu ragu untuk mengawalinya. Setidaknya ada beberapa kelebihan saat Anda memulai usaha diusia yang tidak muda, antara lain :

 

#1. Anda pada Usia yang Matang dan Bebas

Pada usia tersebut Anda sudah terbebas dari urusan membesarkan keluarga. Tentu saja anak-anak Anda juga sudah dewasa dan memiliki kehidupan masing-masing. Selain tidak direpotakan lagi dengan urusan Pendidikan anak, seorang pebisnis diusia tua juga tidak perlu direpotkan lagi dengan urusan mengejar gelar, membeli rumah dan juga meningkatkan karir dan lain sebagainya. Sehingga Anda mampu menjalankan bisnis atau usaha dengan fokus.

 

#2. Mempunyai Banyak Pengalaman

Pengalaman merupakan hal yang berharga untuk menjalankan aktivitas apapun, termasuk bisnis. Entrepreneur muda memang memiliki gairah dan optimisme yang tinggi. Namun kedua hal ini belum cukup untuk bisa sukses didunia bisnis. Alih-alih berhati-hati dalam mempertimbangkan hal krusial, mereka malah terjebak dalam masalah karena masih kurang berpengalaman.

Bagi entrepreneur usia tua, mereka akan memiliki perhatian dan kecermatan yang lebih. Maka ketika dihadapkan pada sebuah masalah, mereka akan menganalisis terlebih dahulu sebelum memutuskan keputusannya sesuai pengalaman yang dimilikinya. Para pebisnis usia tua memang dikenal memiliki emosi yang stabil dalam memulai bisnis.

Dengan banyaknya pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, pengusaha yang memulai bisnis diusia tua tentunya akan memiliki rencana-rencana, beberapa prioritas dan pencapaian untuk diwujudkan. Jadi untuk menjawab pertanyaan di awal, apakah usia sekian bisa sukses, tentu saja bisa selama Anda memiliki keyakinan, mau belajar, terus berusaha dan selalu berinovasi.

Anda dapat menghubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, untuk informasi tentang 1 on 1 business coaching maupun 1 on 1 life coaching.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp