08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Banyak yang mengatakan dengan jujur bahwa tahun ini mereka berada pada situasi yang sulit sehingga tidak mudah mencari cara untuk tetap berfikir positif. Baik orang positif atau orang pesimis akan menjadi cemas dan mulai berpikiran negatif saat mereka dihadapkan kepada kondisi tersulitnya. Berpikir positif secara tepat mampu memberikan banyak manfaat.

Untuk menjaga pikiran tetap positif tidaklah mudah dan ada hambatan tersendiri. Anda perlu tahu hal-hal yang membuat Anda sulit berpikir positif, antara lain :

 

#1. Sering Melabeli Diri dengan Kata Negatif

Jangan meremehkan pengaruh kata yang Anda ucapkan. Ketika Anda terbiasa mengatakan hal negatif kepada diri sendiri, maka kemungkinan besar Anda akan menjadi seperti yang Anda ucapkan.

#2. Memaksakan Diri untuk Berpikir Positif

Penyebab penting mengapa begitu sulit berpikir positif adalah karena Anda terlalu memaksakan diri untuk berpikir positif. Padahal, pikiran positif tidak terjadi secara instan, memerlukan proses sebelum dapat menjadi kebiasaan. Anda perlu rileks dan menenangkan diri terlebih dahulu, setelah itu baru berpikir positif.

#3. Orang Disekeliling Anda

Lihat orang disekeliling Anda, apakah Anda dikelilingi orang-orang yang suka berpikiran negatif? Sebab, Anda akan sulit untuk berfikir positif jika tidak ada dukungan dari orang disekitar Anda. Buat keputusan dengan bijak, jika Anda ingin dapat berpikir positif demi perkembangan hidup, maka Anda perlu keluar dari lingkungan negatif dan bergabung dengan orang yang memberikan dampak positif.

#4. Kurang Bersyukur

Anda tidak menyadari hal-hal yang Anda terima saat ini. Anda lebih sering mengeluh atas masalah yang menimpa dari pada mensyukuri kesadaran baru yang diperoleh.

#5. Tidak Memiliki Rencana Hidup

Anda rentan dengan pikiran-pikiran negatif yang setiap saat saat tidak memiliki rencana hidup yang spesifik. Untuk itu, Anda perlu membuat rencana yang positif dan spesifik agar lebih fokus dalam meraih tujuan hidup.

Lalu Bagaimana Agar Tetap Memiliki Pikiran Positif?

Dari penjelasan di atas, tentu Anda sudah menjadi paham tentang hal-hal yang menghambat pikiran positif. Berangkat dari sana, Anda sekarang harus tahu bagaimana caranya agar selalu dapat berfikir positif di tengah kondisi sulit sekalipun.

 

#1. Melihat Situasi dengan Perspektif yang Berbeda

Alihkan fokus Anda dari pikiran negatif ke hal-hal positif. Hal buruk sekalipun pasti ada sisi positif yang dapat Anda ambil.

#2. Analisis Hal yang Mengganggumu

Ada hal-hal yang mungkin masih mengganggu Anda besok atau bahkan sampai bulan depan. Namun pahamilah bahwa Anda dapat memilih untuk meninggalkan masa lalu atau hal yang mengganggu tersebut agar tidak menjadi beban dan sandungan kedepannya. Sadari bahwa waktu menyembuhkan segalanya dan hidup akan selalu berjalan.

#3. Berbagi

Berbagi kepada sesama, menjadi relawan, atau ikut badan amal adalah cara yang efektif untuk mengubah perspektif Anda. Membantu sesama adalah cara termudah untuk memberikan kebahagiaan kepada seseorang sehingga memunculkan energi positif.

#4. Obyektif

Sesekali posisikan diri Anda dalam sudut pandang orang lain, seperti orangtua, atau pasangan kamu. Pahami bagaimana mereka akan merespons terhadap masalah yang sedang Anda alami dan saran apa yang akan Anda berikan kepada mereka. Hal ini akan membuat Andamemberikan saran objektif kepada diri sendiri dan berfikir lebih positif.

#5. Menerima Keadaan

Ketika Anda menghadapi situasi yang sulit, cobalah belajar untuk menerima hal yang biasanya tidak dapat Anda terima. Anda terlalu suka memfokuskan diri kepada hal-hal yang baik atau buruk. Nah ketika Anda mengalihkan fokus kepada hal-hal positif, maka Anda akan lebih mudah menerima keadaan.

#6. Bersyukur

Jika Anda saat ini tidak bisa bepergian dan terjebak di rumah karena PSBB, maka syukurilah karena sekarang punya banyak waktu untuk melakukan banyak hal di rumah. Dengan banyak bersyukur Anda akan menemukan bahwa hidup terasa lebih menyenangkan.

Hati yang senang tentu membuat pikiran lebih ringan dan selalu dapat berpikir positif. Meski tidak mudah lakukan disituasi seperti ini Anda perlu perlahan melakukannya agar terhindar dari stress yang merugikan diri.

Mengenal Program Kami?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp