08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Sebaga seorang bisnis owner, Anda pasti disibukkan dalam mengelola berbagai macam hal. Anda sampai memperhatikan setiap detail yang terjadi agar tidak ada kesalahan dan kerugian yang menimbulkan masalah di dalam perusahaan atau usaha yang Anda kelola. Hal ini membuat waktu Anda banyak terbagi dan rasanya waktu 24 jam tidak cukup untuk melakukan semua kegiatan yang berhubungan dengan bisnis.

Mengelola bisnis memang melelahkan, namun bukan berarti bisnis dibiarkan begitu saja. Agar dapat mengelola kebutuhan bisnis dengan baik, Anda perlu memahami skala prioritas bisnis, membagi rata waktu dan mengatur mana yang perlu dikerjakan.

Bagaimana Menentukan Prioritas Bisnis?

Prioritas bisnis merupakan hal penting dan berpengaruh pada penyelenggaraan bisnis dalam mencapai tujuan. Adanya skala prioritas dalam bisnis yang disusun akan membuat bisnis berjalan lancar. Sayangnya, terkadang penyusunan skala prioritas dalam suatu bisnis dilupakan sehingga bisnis berjalan tanpa arah. Prioritas bisnis ini membuat tujuan yang menjadi dasar bisnis dapat dicapai lebih mudah.

 

Ada kriteria yang menjadi pedoman dalam menentukan prioritas bisnis, antara lain :

#1. Menentukan Hal Penting

Hal yang bersifat paling penting dan bahkan menjadi suatu kebutuhan yang mendasar perlu untuk dijadikan sebagai prioritas. Dalam hal ini sesuatu yang dianggap paling penting adalah sesuatu yang bersifat relevan dengan tujuan dari adanya bisnis yang diselenggarakan oleh perusahaan Anda. Untuk itu sebelum melakukan aktivitas bisnis, Anda seharusnya menyusun tujuan sekaligus sasaran bisnis agar dapat menentukan prioritas.

#2. Hal yang Bersifat Urgent

Sesuatu yang bersifat urgent sudah seharusnya dijadikan sebagai sebuah prioritas bagi perusahaan dan secara khusus harus didahulukan. Terlebih lagi bila berpengaruh pada proses berjalannya bisnis.

#3. Pertimbangan

Ada beberapa hal yang perlu dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi seorang pemilik perusahaan dalam mengambil keputusan. Baik dilihat dari segi jangka panjang maupun jangka pendek. Sebab segala sesuatu yang berguna dalam periode waktu yang lebih lama tentu dapat menghemat pengeluaran atau biaya operasional perusahaan. Misalnya Anda bisa memilih sarana dan prasarana yang dapat digunakan dalam jangka waktu lebih lama sehingga membantu perusahaan untuk bisa lebih hemat.

#4. Visioner dan Juga Realistis

Terkadang visi perusahaan berbenturan dengan kondisi realita yang dihadapi oleh suatu perusahaan. Oleh sebab itu dalam mencapai tujuan, sebaiknya perusahaan tetap melihat kondisi nyata yang ada di sekitar. Penentuan prioritas juga perlu didasarkan pada realita sekalipun bertentangan dengan apa yang menjadi visi bagi sebuah perusahaan. Realita yang ada tentu akan membuat Anda belajar melihat kenyataan secara lebih dekat sehingga penentuan prioritas bisa dilakukan dengan tepat.

Apa Peranan Prioritas Bisnis?

Dengan melaksanakan prioritas bisnis, maka akan tercapai peranan penting misalnya :

 

Dasar dari Arah Bisnis

Bagaimana suatu bisnis akan berjalan ke arah mana dan metode apa yang digunakan tentu perlu dipertimbangkan oleh siapapun yang ingin membuka dan mendirikan usaha. Setelah menetapkan bisnis yang akan dijalankan, maka beberapa hal perlu disusun sehingga menjadi skala prioritas dalam pendirian dan jalannya bisnis. Anda dapat menjalankan bisnis dengan arah yang lebih pasti, karena dengan adanya prioritas maka tujuan dari penyelenggaraan bisnis akan tampak labih jelas.

 

Tahu Fokus Bisnis

Menentukan tujuan bisnis menjadi awal dari langkah Anda yang menjalankan bisnis. Selanjutnya perlu disusun berbagai prioritas bisnis agar Anda bisa selalu memusatkan fokus pada tujuan bisnis. Dengan demikian maka bisnis dapat dijalankan dengan lebih optimal. Pemusatan fokus juga dapat dilakukan dengan lebih maksimal sehingga bisnis dapat berjalan secara lebih lancar.

 

Evaluasi

Sebuah bisnis yang dijalankan sebaiknya mengalami peningkatan. Tahap peningkatan mungkin saja berjalan lambat, namun hal tersebut sudah menunjukkan suatu keberhasilan. Prioritas tidak hanya membantu Anda dalam mencapai tujuan atau visi perusahaan saja, tetapi juga membantu Anda dalam hal evaluasi bisnis. Melalui evaluasi bisnis Anda dapat menetapkan apa saja yang menjadi prioritas. Skala prioritas yang ada selanjutnya akan membantu Anda untuk mencapai hasil yang lebih baik dari sebelumnya.

Mengenal Program Kami?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp