08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Secara umum, sales merupakan kegiatan pemasaran barang atau jasa baik secara langsung ataupun tidak langsung yang akhirnya berujung pada penjualan. Sedangkan marketing lebih bertugas melakukan promosi untuk meningkatkan minat konsumen untuk membeli barang atau jasa.

Beberapa profesi sales antara lain adalah Sales Promotion Girl (SPG), Sales Promotion Boy (SPB), Sales Take Order (TO), Sales Canvas, Sales Counter dan sebagainya. Untuk divisi marketing, kegiatannya lebih banyak menganalisa pasar, melakukan promosi, menjaga hubungan dengan konsumen dan mengadakan kegiatan yang bertujuan peningkatan pemasaran.

Dua Hal yang Tidak Terpisahkan

Baik sales maupun marketing memang menjadi bagian yang tidak terpisahkan, sebab sales membutuhkan team marketing untuk membantu membuat konsep yang menarik dan memudahnya dirinya berjualan ke konsumen. Begitu juga sebaliknya, marketing membutuhkan sales untuk mengaplikasian segala konsep dan ide di lapangan untuk menjual produk atau jasa. Sayangnya, masih banyak perusahaan menempatkan posisi sales dan marketing sebagai hal yang sama karena dianggap memiliki tujuan yang sama yaitu pemasaran.

Pada kenyataannya para pencari kerja banyak yang tidak menjadikan posisi sales atau marketing dalam daftar prioritas mereka. Beberapa mereka beralasan bahwa malu atau canggung bertemu dengan orang baru. Jangankan menawarkan produk/jasa, bertemu dan mengobrol dengan orang baru saja takut dan malu. Ada juga yang tidak percaya diri dan menganggap dirinya kurang memiliki daya tarik. Faktor lainnya yang membuat beberapa orang enggan memasukkan lamaran kerja sebagai sales dan marketing adalah karena adanya stigma bahwa sales menjual produk dengan sistem door to door atau menyebarkan brosur di pinggir jalan.

Anggapan Sales dan Marketing Bukan Profesi yang Menjanjikan

Masih ada yang menganggap bahwa sales atau marketing memiliki gaji yang kecil dan terasa kurang prestige dibandingkan kerja kantoran. Padahal ini merupakan pemikiran yang salah. Profesi sales dan marketing merupakan profesi yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Bahkan marketing menjadi pondasi utama bagi perusahaan, tanpa ada sales ataupun marketing maka produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan tidak ada yang membantu menjualkan. Jika tidak ada yang membantu menjualkan, maka tidak ada pemasukan bagi perusahaan untuk membiayai operasionalnya.

Mungkin ada perusahaan yang memberikan gaji sales lebih kecil dibandingkan staff di kantor namun pasti ada pemberlakuan insentif bagi sales. Insentif ini justru lebih besar dibandingkan gaji tetap yang diterima bahkan besaran insentif bisa lebih besar dari gaji staff seperti posisi admin di sebuah perusahaan.

Pasti ada kepuasan tersendiri ketika konsumen tertarik dan membeli produk yang Anda tawarkan, bahkan kepuasan akan lebih meningkat ketika mendengar pujian customer terhadap pelayanan yang Anda berikan.

Jadi untuk Anda yang ingin mengembangkan diri, sebenarnya posisi sales atau marketing merupakan posisi dengan jenjang karir yang baik dan cepat. Pengalaman sebagai sales dan marketing menjadi nilai jual bagi Anda sehingga perusahaan akan mempercayakan posisi branch manager atau posisi lainnya kepada Anda karena dianggap memiliki pengalaman yang dapat membantu peningkatan pengembangan perusahaan.

 

Mengenal Program Kami?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp