08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Saat di bangku sekolah, pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa dinosaurus punah? Kalau Anda pecinta sains populer, mungkin informasi seperti ini akan memuaskan rasa penasaran Anda. Sebelum dinosaurus punah, ternyata ada fakta menarik tentang bagaimana dinosaurus menyebar, seberapa cepat mereka bergerak, dan jalur mana saja di bumi ini yang mereka lewati sepanjang waktu.

Karena tidak ada persaingan dengan spesies lain, ekspansi yang terlalu cepat, tapi kemudian mengalami nasib buruk tubrukan dengan asteroid, maka punahlah mereka. Meskipun sebenarnya, ada satu hal yang kadang luput dari perhatian. Singkat cerita, ternyata ini adalah tentang ketidakmampuan untuk beradaptasi dengan cepat.

 

Pelajaran yang Bisa Kita Petik dari Cerita Dinosaurus

Tentu saja saya tidak bercerita tentang dinosaurus kepada Anda. Lagi pula untuk apa juga? Tapi ada satu pelajaran yang dapat kita petik di sini, yaitu tentang kemampuan beradaptasi. Kemampuan beradaptasi adalah sifat kepribadian yang membantu menentukan bagaimana Anda merespons perubahan. Di tempat kerja, orang dengan kemampuan beradaptasi tinggi sering digambarkan sebagai “team player yang fleksibel”.

Beberapa psikolog percaya kemampuan untuk beradaptasi itu sudah ada sejak usia yang sangat muda. Dalam bukunya Emotional First Aid: Healing Rejection, Guilt, Failure and Other Everyday Hurts, Dr. Guy Winch menjelaskan bahwa yang termuda di antara kita pun memiliki berbagai tingkat kemampuan beradaptasi.

Meskipun pada dasarnya kita semua punya kecenderungan untuk beradaptasi (dengan tingkatan yang berbeda-beda), kita dapat secara sadar memutuskan untuk fleksibel sejak dalam pikiran, ide, dan harapan kita. Kemampuan beradaptasi pun bisa dilatih, diubah, dan dikembangkan. Seiring waktu, perubahan sikap kita ini secara alami akan mengarahkan kita untuk menjadi lebih baik dalam menyesuaikan diri dengan perubahan yang harus kita hadapi.

 

Kemampuan Beradaptasi Secara Personal Maupun Profesional

Secara personal maupun profesional, kita butuh beradaptasi agar bisa bertumbuh dan berkembang. Setiap individu yang menginginkan kemajuan dalam hidupnya, tentu ia harus lebih siap menyesuaikan dengan berbagai kondisi. Ini adalah keterampilan yang juga menentukan kemajuan perusahaan. Kebutuhan pelanggan dan tren teknologi berubah, sehingga kita juga menyesuaikan bagaimana kita memberikan pelayanan.

Di dunia kerja, kemampuan beradaptasi pada seseorang terlihat pada sikapnya yang terbuka terhadap ide atau perubahan baru, dapat bekerja secara mandiri atau dalam tim, atau melaksanakan tugas yang tidak ditujukan hanya untuk satu orang.

Tapi, apa yang terjadi ketika antar rekan kerja tidak bekerja pada fleksibilitas yang sama? Inilah tantangannya. Yang pasti, hal ini bisa dikomunikasikan dengan baik agar yang menjalankan tidak ada yang merasa terpaksa. Kembali lagi ke cerita dinosaurus di awal, kita butuh kemampuan beradaptasi di dalam perusahaan, jika tidak ingin punah suatu hari nanti.

Saya dan tim Akeyodia percaya bahwa langkah Anda di perusahaan akan semakin jauh, tim Anda mampu bergerak lebih cepat, dan Anda akan menikmati proses kemajuan dengan lebih berkesan asalkan Anda tidak menyerah. Jika Anda membutuhkan bimbingan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan di dunia kerja, hubungi kami di 08112652244.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp