08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Anda tentu familiar dengan platform Youtube. Tahukah Anda bahwa mayoritas pembuat video di Youtube mendapatkan penghasilan yang tidak sedikit? Bahkan, beberapa Youtuber ada yang memiliki penghasilan hingga ratusan juta per bulannya hanya dengan rutin mengunggah video.

Youtuber sendiri adalah istilah untuk pengguna dan pemilik akun di Youtube.  Saat ini, Youtuber menjadi salah satu profesi yang banyak diinginkan oleh generasi muda. Bahkan, mungkin saat ini Anda juga tertarik untuk mengenal dunia tersebut.

Mekanisme Kerja Menjadi Youtuber

Menjadi Youtuber dipandang sebagai profesi yang menggiurkan karena menghasilkan popularitas dan uang. Namun, ada baiknya Anda pahami terlebih dahulu mekanisme untuk menjadi seorang Youtuber.

Pertama : Anda harus membuat akun Youtube terlebih dahulu. Usahakan untuk memberikan nama yang unik dan mudah diingat. Tujuannya agar channel Youtube lebih mudah untuk dicari.

Kedua : Pikirkan sebuah konsep yang menarik sebagai dasar dari ide dan inspirasi video yang Anda unggah di akun Youtube tersebut. Semakin kreatif dalam mengemas konsep dan ide dalam video yang diunggah, semakin cepat pula kanal Youtube disenangi oleh pengunjung Youtube. Konten harus orisinil dan bebas plagiat, serta memenuhi segala aturan yang tertera di Terms of Service dan juga Community Guidelines dari Youtube.

Ketiga : Youtube mengharuskan minimum durasi total video selama 4.000 jam dan dengan 1.000 subscriber dalam 12 bulan terakhir, agar dapat masuk ke dalam YouTube Partner Program. Benefit yang didapat dengan tergabung dalam program ini adalah sebuah Channel dapat memasukkan link ke website di akhir video. Dan channel tersebut juga dapat memasang iklannya di video mereka. Jika jumlah jam tayang dan subscriber sudah memenuhi, aktifkan fitur monetization pada kanal Youtube. Fitur monetization inilah yang nantinya dapat membuat akun Youtube Anda bisa menghasilkan uang.

Keempat : Anda harus menyambungkan kanal Youtube ke AdSense. AdSense ini adalah alat yang akan membuat iklan dapat disisipkan pada video yang Anda unggah di channel Youtube. Dengan begitu, penonton video dapat melihat iklan tersebut dan menghasilkan uang untuk Anda.

Untuk mendapatkan subscriber yang banyak, Anda perlu berusaha dengan keras. Terlebih lagi jika tidak memiliki basis popularitas yang dapat meningkatkan  jumlah penonton di akun Youtube. Salah satu cara yang wajib dilakukan oleh Youtuber untuk dapat menarik minat penonton adalah dengan membuat video dengan konten yang lain daripada yang lain atau out of the box.

 

Peluang dan Pendapatan

Memiliki akun Youtube yang populer memang dapat mendatangkan banyak peluang pendapatan. Selain mendapatkan penghasilan dari iklan yang disisipkan pada video yang diunggah, Anda juga dapat menambah sumber pendapatan dari Youtube dengan melakukan soft promotion.

Soft promotion ini dapat dilakukan dengan cara memasukkan sebuah brand atau produk tertentu yang ingin dipromosikan dalam video yang diupload. Pastikan bahwa penonton video dapat melihat produk yang ingin dipromosikan tersebut dengan jelas. Selanjutnya, Anda dapat memasukkan link tentang produk yang Anda promosikan tersebut pada deskripsi video. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan penghasilan lebih dari melakukan soft promotion di video Youtube Anda.

Namun, dengan ketatnya peraturan Youtube, pemilik kanal Youtube juga harus patuh dengan ketentuan yang ada. Jika melanggar, bukan tidak mungkin akun Youtube yang Anda miliki akan dihapus secara sepihak oleh platform Youtube.

Istilah dalam Dunia Youtube

Jika Anda sungguh-sungguh ingin menghasilkan uang dari akun YouTube, Anda juga perlu mengenal istilah-istilah yang dipakai dalam monetisasi video YouTube Anda, antara lain :

 

1. CPM (Cost per Mille)

CPM adalah istilah yang diadaptasi dari bahasa Latin yang secara harafiah berarti per seribu. Terkait monetisasi video di YouTube Anda, ada rumus yang dipakai untuk menentukan berapa pendapatan Anda yaitu :

Pendapatan = CPM x (total impresi/1000)

 

Jadi, Anda membagi jumlah atau total banyaknya tayangan dengan angka 1000, karena harga CPM berlaku 1$ per 1000 tayangan. Contohnya dengan perumpamaan 1$ sejumlah 10.000 Rupiah, maka :

1000 views/$1 =kira-kira 10 ribu rupiah

10.000 views/$10 = kira-kira 100 ribu rupiah

100.000 views/$100 = kira-kira 1 juta rupiah

1.000.000 views/ $1000 = kira-kira 10 juta rupiah, Dan seterusnya.

Jumlah dapat dipengaruhi oleh waktu, konten dan gender dari visitor. Total uangnya juga bervariatif sebenarnya, mulai dari 50 cents hingga 10$ per thousand impressions. Pada Google AdSense, impression adalah jumlah halaman yang mengandung unit iklan yang tampil. Bagi negara-negara yang menggunakan ahasa Inggris sebagai native language, CPM-nya lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak.

2. RPM (Revenue per thousand impressions)

YouTube mengambil potongan sejumlah 45% pendapatan iklan yang dihasilkan lewat saluran YouTube Anda dari keseluruhan total RPM. Rumusnya adalah:

Pendapatan = Penghasilan÷Monetized playback video x 1000

Bagaimana? Apakah Anda tertarik menjadi seorang Youtuber?

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, dan konsultasi pribadi. Kami juga menyediakan jasa pelatihan secara online, konsultasi online dan seminar online.




VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.




Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp