08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Bukan hanya persoalan modal yang harus dipahami oleh pebisnis, tetapi mengerti dengan benar bisnis yang akan dijalankan juga hendaknya menjadi point utama yang perlu diperhatikan. Ini berlaku untuk semua bisnis, termasuk bagi Anda yang terjun di bisnis peternakan.

Bisnis peternakan dapat dikatakan masih memiliki peluang yang sangat menguntungkan, karena Anda memiliki ternak-ternak baru yang akan terus bertambah. Mudahnya, cukup modal di awal, selanjutnya ternak-ternak akan berkembang biak.

Tentu saja semua bisnis perlu strategi dan usaha. Apabila Anda ingin menjalankan bisnis peternakan, maka beberapa halberikut perlu Anda pertimbangkan.

 

#1. Pemilihan Bibit

Apapun jenis ternaknya mulai dari ayam hingga sapi, pemilihan bibit unggul merupakan keharusan. Bibit yang unggul merupakan jaminan dari kualitas ternak yang sehat, berbobot serta memiliki nilai yang tinggi.

 

#2. Kebersihan Kandang

Membangun kandang ternak harus sesuai dengan prosedur untuk kesehatan masyarakat setempat. Jika tidak, maka akan berdampak buruk bagi warga sekitar kandang seperti mencium bau tidak sedak, tersebarnya penyakit tertentu bahkan sampai pada pencemaran lingkungan karena limbah ternak. Sudah menjadi kewajiban agar setiap pebisnis ternak memahami ini dengan baik. Kebersihan kendang juga akan menjamin kesehatan ternak dan kualitas ternak itu sendiri.

 

#3. Makanan untuk Ternak

Kualitas pakan akan menentukan bobot serta kesehatan ternak. Pilihlah pakan berkualitas unggul yang sudah berstandar sehingga ternak tidak hanya sehat dan berbobot tapi akan kebal terhadap berbagai penyakit. Ada banyak lembaga penelitian yang menjual hasil penelitian pakan ternak unggul. Sedangkan untuk vitamin, ternak juga membutuhkan vitamin yang tepat. Vitamin sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kualitas ternak.

Dengan penanganan ternak yang professional, tentunya akan memberikan rasa aman bagi para konsumen baik dari sisi kesehatan dan juga kehalalannya. Namun tidak cukup sampai disitu, setelah meningkatkan kualitas ternak, Anda juga perlu menentukan target pasar.

Dalam beragam usaha apapun, hasil akhirnya pastilah ingin maju dibidang pemasaran, dimana Anda perlu menentukan target pasar. Dari sini sebenarnya muncul peran profesi lainnya yang dikenal dengan nama distributor (penyuplai), sehingga dari produsen kepada konsumen prosesnya lebih mudah.

Namun sebagai peternak, Anda juga perlu berhati-hati dalam memilih distributor. Kehati-hatian ini agar sebagai peternak Anda tidak mengalami banyak kerugian karena upaya keras dalam pemeliharaan tidak sebanding dengan nilai jual, begitu pula yang dialami oleh pihak konsumen yang menganggap bahwa harga yang diperoleh dari peternak terlampau mahal.

Untuk itu Anda perlu mulai mengenali target pasar sebelum melakukan transaksi jual-beli. Lalu dari mana Anda dapat mengenalinya? Anda bisa memulainya dari hal berikut :

 

Pasar Hewan

Pasar menjadi tempat yang paling tepat untuk menjual, mengingat tempat ini merupakan tempat yang paling ramai didatangi oleh pembeli untuk memenuhi kebutuhannya.

Rumah Potong Hewan

Rumah Potong Hewan (RPH) merupakan suatu bisnis rumah potong sebagai salah satu penyalur daging sapi ke pasar-pasar baik itu tradisional maupun swalayan dan pasar modern. Tetapi, biasanya penyuplai ke pasar modern dikuasai oleh RPH dengan standarisasi yang tinggi.

Keperluan Tertentu/Hewan Kurban

Kebutuhan akan ternak akan  meningkat seiring dengan permintaan untuk kurban (sapi dan kambing), terutama mendekati Idul Adha. Usaha ini termasuk yang paling menguntungkan dalam budidaya ternak meski waktunya yang membutuhkan satu tahun penuh untuk membuat peluang.

Menjual Bibit Unggul

Usaha dalam upaya pembibitan dapat menjadi pilihan lainnya bagi Anda peternak cerdas. Anda yang memiliki indukan ternak berkualitas yang lebih banyak dapat mengembangkan budidaya bibit unggul. Prospek bisnis ini masih terbuka luas, melihat sulitnya mendapatkan bakalan bibit unggul.

Penggemukkan Ternak

Usaha penggemukan ternak, misalnya sapi dan kambing termasuk usaha yang paling diminati dan disukai oleh peternak baik skala tradisional maupun skala modern. Hal ini karena melihat prosesnya yang tidak membutuhkan waktu yang lama tetapi mampu meraup untung yang lebih banyak. Pada prinsipnya, beberapa peternak mencari bibit unggul dan mensupport pertumbuhannya dengan manajemen peternakan yang baik untuk mendapatkan pertumbuhan bobot badan yang lebih cepat.

Aplikasi Online

Dunia globalisasi sekarang ini menuntut akan pekerjaan yang cepat selesai dan terukur. Anda bisa menyelesaikan persoalan yang dengan sekali sentuhan, hanya  dengan bermodalkan internet. Telah banyak bermunculan beragam aplikasi online yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Saat ini, terdapat aplikasi yang mempertemukan peternak dengan konsumen secara langsung, tanpa melalui perantara/agen.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik berbisnis di bidang peternakan?

Kenalan dengan Program Akeyodia?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp