08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Pensiun memang menjadi hal yang menakutkan. Terpaksa menyudahi masa kerja di situasi normal saja sudah membuat Anda bingung, apalagi ketika harus menyudahi kerja di tengah pandemi seperti saat ini. Tentu saja beban kekhawatiran yang dimiliki semakin bertambah. Pensiun dapat terjadi karena dua hal, pertama karena sudah masuk usia pensiun dan kedua karena pensiun dini.

Alasan pensiun dini-pun juga beragam, bisa karena menikah, pindah ke luar kota, mengurus keluarga, atau karena kondisi perusahaan yang sedang goyah. Kondisi perusahaan yang goyah membuat perusahaan terpaksa melakukan pemutusan hubungan kerja dan mendorong pegawainya mengambil pensiun dini.

Saat ini, perusahaan melakukan pemutusan hubungan kerja adalah karena kondisi perekonomian yang serba tidak pasti, sehingga memaksa perusahaan melakukan penghematan. Tiba-tiba berhenti bekerja tentu sulit bagi Anda, karena Anda merasa sudah melakukan pekerjaan selama beberapa tahun bahkan puluhan tahun, lalu harus menghadapi kenyataan kalau Anda sudah tidak bisa melakukan pekerjaan tersebut lagi. Selain itu, pensiun artinya kehilangan pemasukan rutin bulanan, sehingga masalah keuangan seringkali menjadi alasan di balik kekhawatiran tersebut. Apalagi untuk Anda yang belum memiliki dana pensiun atau jumlah dana yang dirasa belum memadai.

Menghadapi Pensiun

Apabila Anda pensiun dalam situasi normal, Anda dapat membuat banyak rencana. Contohnya memulai sebuah usaha atau bisa bekerja di perusahaan lain. Anda juga dapat memanfaatkan waktu Anda untuk traveling. Namun, di tengah krisis saat ini, semua rencana tersebut tidak mudah untuk diwujudkan. Hal inilah yang membuat pensiun di masa pandemi terasa lebih berat.

Meski berada di tengah suasana yang tidak pasti, rencana harus tetap ada. Buat rencana cadangan untuk mengisi masa setelah pensiun. Kunci sukses dari pensiunan adalah rencana, dengan adanya perencanaan yang matang maka semua dapat terselesaikan.

Bagi Anda yang memasuki usia pensiun atau harus pensiun dini, walaupun situasi saat ini tidak menentu, bukan hal sulit untuk Anda dapat menghadapi masa pensiun dengan lebih tenang. Pehatikan hal berikut agar pensiun Anda tidak lagi menjadi hal yang menakutkan.

 

#1. Merubah Gaya Hidup

Saatnya Anda untuk melihat kembali gaya hidup yang dijalani selama ini. Pangkas biaya gaya hidup yang dirasa tidak perlu agar pengeluaran menjadi lebih teratur. Catat dan hitung semua pengeluaran rutin, Anda juga dapat mengadopsi gaya hidup baru yang lebih sederhana untuk dapat bertahan di masa pensiun.

#2. Melakukan Hal yang Bermanfaat

Dengan adanya pensiun, bukan berarti produktivitas Anda juga ikut terhenti. Anda dapat terus produktif meski tidak bekerja. Anda dapat melamar pekerjaan di perusahaan lain yang membutuhkan kemampuan Anda atau memulai bisnis yang sesuai dengan permasalahan yang ada disekitar Anda. Uang pesangon yang Anda dapatkan, bisa menjadi modal untuk memulai bisnis. Selain itu, jika Anda memiliki skill lain, Anda juga dapat menjadi tenaga pengajar, baik formal atau non-formal sesuai dengan background yang Anda miliki.

#3. Menjalin Kerjasama

Apabila Anda tidak memiliki ide untuk membuat rencana baru, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan kepada orang lain. Cari tahu bagaimana tetangga atau saudara Anda yang sudah lebih dahulu pensiun dapat menata ulang rencana hidupnya. Anda tetap dapat menjalin hubungan dengan rekan kerja lama atau rekan kerja lain untuk membuat usaha bersama.

#4. Selalu Menambah Wawasan

Walaupun pensiun, Anda tetap harus memahami apa saja informasi baru yang bermunculan. Dengan begitu, Anda dapat melihat peluang baru yang bisa jadi cocok untuk Anda lakukan.

Peran keluarga juga sangat penting dalam menghadapi masa pensiun, keluarga juga perlu mengetahui kondisi Anda bagaimana setelah pensiun. Mungkin saja, orang disekitar Anda mempunyai ide peluang usaha yang bagus untuk membantu Anda mengisi waktu pensiun ini. Anda harus tetap produktif dan tetap semangat dalam menjalani hari-hari. Semoga usaha Anda selalu dimudahkan.

Mengenal Program Kami?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp