08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Saat memikirkan kelanjutan bisnisnya, tentu tidak sedikit pelaku usaha yang gusar dalam menghadapi masa krisis ekonomi seperti yang terjadi saat ini. Pengambilan keputusan bisnis yang salah, tentu saja malah akan memperburuk keadaan. Selama ini bisnis Anda berjalan baik didukung oleh jumlah penjualan, ketersediaan produk, lokasi yang tepat, dan tenaga kerja yang handal. Tetapi tiba-tiba kondisi berubah saat pandemi berlangsung. Keterpurukan bisnis bisa saja terjadi karena kesalahan pelaku usaha dalam mengambil keputusan, terutama keputusan terkait keuangan.

Sebenarnya, seluruh kesalahan bermula dari penyusunan laporan keuangan yang buruk atau penyusunan arus kas yang berantakan. Pada kondisi normal saja, laporan keuangan yang berantakan dapat berdampak fatal pada keberlangsungan perusahaan, apalagi dalam kondisi krisis ekonomi seperti sekarang.

Terdapat tiga tips agar pelaku usaha terhindar dari kesalahan mengambil keputusan bisnis, simak penjelasan berikut :

 

Mengatur Arus Kas

Mengatur arus kas dengan baik dapat dimulai dengan mengetahui dan memantau arus kas secara berkala disertai upaya penghematan biaya. Anda dapat menganalisa laporan keuangan dan membuat prioritas pengeluaran. Dari sana Anda dapat membuat rencana anggaran dengan mengacu pada budget mana yang paling berdampak pada bisnis sehingga menjadi prioritas. Kemudian, terapkan anggaran yang telah direncanakan tersebut. Susun laporan arus kas secara berkala, pantau laporan keuangan secara manual dan juga dengan teknologi.

Saat mengelola arus kas, Anda disarankan untuk menekan biaya pengeluaran, menunda inventaris dan ekspansi bisnis. Anda juga perlu mempelajari kondisi sekarang dan segera menyiapkan rencana darurat ketika situasi mengalami perubahan secara mendadak.

Manfaatkan Berbagai Teknologi

Guna menghindari kesalahan dalam mengambil keputusan, Anda perlu memanfaatkan berbagai teknologi berdasarkan unit kerja. Salah satu divisi kerja yang dapat memanfaatkan teknologi adalah divisi sales and marketing. Mereka dapat melakukan penjualan secara online. Divisi operasional dan produksi juga dapat mengimplementasikan teknologi untuk mengerjakan invoice, pergudangan, dan proses operasional penjualan.   Begitu juga dengan divisi accounting, mereka juga dapat menggunakan perangkat teknologi berupa software akuntansi online.

 

Memahami Laporan Keuangan

Memahami, mempelajari cara membaca dan menganalisa laporan keuangan perlu Anda lakukan, sehingga Anda tidak pasrah begitu saja dengan tim keuangan. Dengan Anda memahami laporan laba rugi dan laporan arus kas, maka Anda dapat melihat bagaimana kondisi keuangan perusahaan.

Laporan keuangan dapat Anda pahami menggunakan teori-teori analisa rasio keuangan untuk memudahkan analisa. Dengan memahami keuangan secara komprehensif, Anda juga dapat menjadikan laporan keuangan tersebut sebagai dasar dalam pengambilan keputusan di perusahaan Anda.

Mengenal Program Kami?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp