08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Apakah Anda pernah merasa mendadak jadi pelupa? Di mana menaruh kunci? Apakah sudah memberi makan kucing di rumah? Apakah sudah mematikan lampu kamar? Siapa yang akan ditemui nanti malam? Siapa nama teman SMA yang barusan ketemu di jalan? Dan seterusnya. Mungkin Anda pernah mengalami hal serupa.

Bisakah Anda temukan sebabnya? Bahkan Anda lupa apa saja yang Anda rencanakan kemarin, untuk dikerjakan hari ini? Jika Anda merasa jadi pelupa akhir-akhir ini, bagaimana Anda sampai di sini? Apa yang Anda lakukan sebelum mulai membaca artikel ini tentang hal-hal yang menyebabkan pelupa?

Jika Anda masih muda, ada kabar baik: kemungkinannya kecil bahwa masalah ingatan Anda disebabkan oleh awal timbulnya masalah neurologis seperti demensia atau Alzheimer. Tapi, masalah ingatan Anda kemungkinan berasal dari kurangnya fokus dan kurangnya perhatian.

Banyak hal, mulai dari kecemasan, kurang tidur, hingga obat-obatan dapat melemahkan kemampuan kita untuk fokus dan mengingat dengan baik.

 

Kecemasan

Ada yang lebih berpengaruh daripada ingatan itu sendiri. Kecemasan sering kali lebih memengaruhi fokus dan perhatian daripada ingatan itu sendiri. Jadi, katakanlah jika Anda sedang cemas tentang pekerjaan, sementara teman Anda memberi tahu untuk pergi ke laundry, dan kemudian, Anda tidak dapat mengingat jam berapa Anda seharusnya pergi ke tempat laundry, masalahnya bukan karena ingatan Anda menurun, melainkan karena Anda tidak cukup memperhatikan hal tersebut. Sebaliknya, pikiran Anda fokus dengan hal penting yang lebih menyita perhatian sekaligus memicu kecemasan dalam kadar tertentu.

 

Kurang tidur

Tidak cukup tidur mungkin merupakan penyebab terbesar dari sifat mudah lupa yang kadang diabaikan. Terlalu sedikit tidur nyenyak juga dapat menyebabkan perubahan suasana hati dan kecemasan, yang pada gilirannya berkontribusi pada masalah dengan memori.

 

Obat-obatan

Obat penenang antidepresan, beberapa obat tekanan darah, dan obat-obatan lain dapat memengaruhi daya ingat, biasanya dengan menyebabkan sedasi atau kebingungan. Itu bisa membuat sulit untuk memperhatikan hal-hal baru. Jika perlu, periksalah ke dokter jika Anda benar-benar ingin memastikan: apakah obat menghilangkan ingatan Anda.

Jika Anda menjadi orang yang pelupa dan itu benar-benar akan mengganggu aktivitas Anda, khususnya urusan profesional yang melibatkan banyak orang, ada baiknya periksalah ke dokter untuk melihat apakah ada penyebab yang dapat ditemukan sebagai akar masalah.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp