08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Suatu organisasi atau perusahaan tidaklah selalu stagnan dalam satu kondisi. Ada perubahan yang mesti dihadapi. Keberhasilan setiap program dalam perusahaan juga bergantung dengan seberapa baik orang di dalamnya untuk menyikapi perubahan. Jadi bagaimana Anda dapat membuat mereka siap dengan perubahan? Untuk mengarah pada pendekatan baru, mulailah melibatkan diri, fokus pada perilaku dan pola pikir.

 

Mengapa Fokus pada Perilaku dan Pola Pikir?

Sebelum kita melangkah lebih jauh, kita perlu meninjau mengapa kita berbicara tentang mengubah perilaku dan pola pikir secara bersamaan. Tetapi perubahan tidak berlangsung begitu saja. Sederhananya, perubahan dalam diri berhasil muncul dari keterlibatan perilaku dan pola pikir. Perbaikan dalam SDM juga akan terjadi jika seorang individu memahami alasan di balik perubahan perilaku dan menerapkannya ke dalam pola pikir mereka.

 

Faktor 4E yang Akan Meningkatkan Kualitas SDM

Dan inilah prinsip 4E dalam peningkatan kualitas SDM perusahaan, seperti yang dilansir hrzone.com. Ini juga memungkinkan orang untuk terlibat dengan perubahan dan juga untuk membangun keterampilan dan pandangan yang diperlukan untuk mewujudkannya. Apa saja prinsip 4E tentang peningkatan kualitas SDM itu? 

 

Educate

Educate adalah tentang memberi orang pemahaman dan alasan di balik perubahan yang akan dilakukan. Di sinilah orang-orang dalam tim bergerak bersama dalam perjalanan membentuk perubahan, membantu mengatasi perlawanan untuk berubah dan membangun visi positif tentang masa depan. Ingat, mendidik bukanlah pelatihan atau pengajaran. Sebaliknya, ini tentang membantu orang lain untuk belajar dan memahami untuk kebaikan bersama.

 

Engagement

Engagement (keterlibatan) bisa berbentuk dialog dua arah yang konsisten yang berkembang seiring waktu, membantu individu untuk secara intelektual dan emosional berubah menjadi perubahan dan siap untuk mendukungnya dengan cara yang positif. Keterlibatan yang berhasil harus menyentuh sisi logis dan emosional sekaligus, menyangkut kepuasan kerja yang beresonansi dengan nilai-nilai pribadi.

 

Empower

Antusiasme keterlibatan akan cepat hilang, kecuali Anda memberdayakan (empowering) tim Anda untuk mengambil tanggung jawab untuk melakukan perubahan yang diinginkan. Anda tidak dapat melibatkan orang secara mendalam dengan cara memerintah dan mengontrol, jadi untuk memberikan perubahan Anda harus siap untuk menjalankan sistem dan proses perubahan yang memberi keuntungan ke mereka.

 

Enable

E yang terakhir adalah enable, yakni memungkinkan orang untuk bertindak, melengkapi mereka dengan keterampilan dan struktur yang mereka butuhkan, sekaligus menghilangkan hambatan untuk bertindak. Ketika orang mendapat dukungan dalam lingkungan yang tepat, mereka dapat membangun kepercayaan diri untuk berinteraksi dan menciptakan solusi. Interaksi inilah yang sangat penting dalam memberikan perubahan yang berlangsung lama.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp