08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Bekerja dari rumah bukan hal baru, perusahaan startup di bidang teknologi, para penganut kehidupan nomaden digital dan penasihat karier banyak yang memanfaatkan bekerja dari rumah. Mereka berpendapat bahwa bekerja dari rumah dapat peningkatan produktivitas dan kebahagiaan. Namun tidak semua orang mampu menyambut segala kemungkinan dan kemudahan yang ditawarkan teknologi modern.

 

Perubahan Cara Kerja

Di Jerman sebelum virus corona SARS-CoV-2 menyebar, hanya sekitar satu dari empat perusahaan yang mengizinkan beberapa karyawan mereka bekerja jarak jauh, menurut sebuah studi Institut Riset Tenaga Kerja, IAB. Hanya dua puluh persen pekerja yang melakukan pekerjaan jarak jauh. Sedangkan mayoritas karyawan yang harus berangkat ke kantor mengatakan bahwa mereka memang ingin pergi ke kantor setiap hari.

Namun saat ini banyak para pekerja yang tidak bisa berangkat ke kantor. Sehingga Jerman dan negara lain yang juga terdampak wabah corona, saat ini sedang mengadakan uji coba besar-besaran terkait bekerja dari rumah.

Pertanyaan yang kemudian muncul dari mereka yang secara teori sebenarnya bisa saja bekerja dari rumah, adalah, “Bagaimana nantinya saat keadaan perlahan-lahan kembali relatif normal?”.

Pastinya perusahaan akan selalu melihat sisi positif dari membiarkan orang bekerja dari rumah. Misalnya rapat yang menghabiskan waktu dan tidak efisien dapat diganti dengan email. Pertemuan-pertemuan bisnis saat ini bisa dilakukan lewat konferensi video (videoconference).

Keadaan ini mungkin saja tetap berlangsung bahkan setelah krisis usai dan menyebabkan perusahaan meningkatkan infrastruktur yang mendukung kerja jarak jauh bagi karyawan mereka.

 

Kebijakan Baru Bermunculan

Di tengah-tengah mewabahnya Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) atau yang lebih dikenal dengan nama virus Corona, banyak membuat orang memilih untuk berdiam di rumah dan menjauhi tempat keramaian.

Kebijakan-kebijakan barupun mulai bermunculan, misalnya beberapa perusahan yang sudah memulai menerapkan skema bekerja dari rumah (Work From Home) kepada karyawannya untuk meminimalkan penularan virus.

Kemudian pada sektor ekonomi dan bisnis pemerintah mulai menghimbau masyarakat untuk melakukan Physical Distancing (jaga jarak atau jaga jarak aman) dan isolasi diri di dalam rumah guna mengurangi penyebaran virus. Oleh karena itu, beberapa usaha pun mulai lesu, mereka kehilangan pengunjung dan pembeli terutama mereka para pebisnis retail. Baik perusahaan retail, makanan dan minuman ataupun yang lainnya perlu menerapkan cara baru untuk mempermudah konsumen, misalnya siap antar atau bekerja sama dengan ojek online.

Di dunia Pendidikan, kebijakan belajar dan tes dari rumah pun ditempuh. Meskipun demikian, ada beberapa jenis pekerjaan yang tidak memungkinkan penerapan sistem tersebut misalnya dokter, perawat, ojek online, petugas kebersihan, dll. Oleh karenanya, orang yang berprofesi tertentu tersebut rentan lantaran mereka harus kontak fisik yang tidak terhindarkan.

 

Bagaimana Agar tetap Produktif di Tengah Wabah?

 

#1. Jelaskan Secara Rinci

Apabila Anda seorang pemimpin atau manajer bisnis, Anda harus menjelaskan tujuan dan peran pekerjaan kepada seluruh tim. Manajer harus memastikan bahwa setiap individu memahami apa yang terjadi hari ini, skenario saat ini dan di masa depan, misi-visi tim, tujuan dan target bisnis bagi segmentasi pasar Anda.

Kejelasan bisnis secara keseluruhan akan menghasilkan kinerja yang lebih baik dan dapat meningkatkan motivasi terhadap pekerjaan meski mereka bekerja dari rumah.

 

#2. Interaksi

Komunikasi dianggap sebagai salah satu elemen paling penting untuk kesuksesan sebuah tim. Hal ini akan sangat menjadi penting ketika bekerja dari jarak jauh. Karyawan yang bekerja dari rumah ada yang memiliki perasaan tersisih dan menurunnya efisiensi dan komitmen. Kuncinya adalah mendengarkan karyawan, memercayai dan memberi mereka rasa hormat menggunakan keterbukaan selama panggilan komunikasi konferensi video dan menanyakan tentang kesehatan mereka.

Anda ingin menyelaraskan budaya perusahaan Anda? Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan In House Training : Corporate Value Alignment.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp