08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Saat masa physical distancing dan work from home, mengembangkan keterampilan karyawan menjadi salah satu tantangan untuk perusahaan. Banyak agenda perusahaan yang terganggu dan ditunda karena adanya kebiasaan atau cara bekerja yang baru ini.

Beberapa perusahaan perlu melakukan adaptasi terkait adanya strategi baru tersebut, sehingga tidak jarang ada staff yang masih kebingungan dan tidak dapat bekerja dengan optimal. Oleh sebab itu, perusahaan perlu mengadakan agenda pengembangan atau pelatihan untuk karyawan.

Namun muncul lagi pertanyaan baru, bagaimana cara melakukan pengembangan dan pelatihan dimasa pandemi ini?

Tentu saja Anda bisa saja melakukan pelatihan secara offline atau tatap muka, dengan tetap memperhatikan jumlah orang yang terlibat dan mematuhi protokol kesehatan. Namun Anda juga dapat menjalankan program pengembangan karyawan secara online. Sayangnya banyak perusahaan yang menganggap pelatihan secara online kurang “mengena”. Padahal pelatihan online juga akan berjalan baik dan efektif jika memperhatikan beberapa hal. Hal-hal tersebut antara lain :

#1. Pimpinan Juga Turut Berpartisipasi

Agar program pengembangan karyawan berjalan dengan baik dan efektif, maka Langkah pertama adalah dengan melibatkan para atasan termasuk CEO. Dengan melibatkan mereka, karyawan akan menjadi lebih antusias karena langsung mendapatkan ilmu dari atasan bahkan CEO mereka.

#2. Penyampaian yang Interaktif

Sebenarnya, tantangan utama dalam memberikan pelatihan online karena jarak dan keterbatasan interkasi secara langsung. Keterbatasan tersebut akan berpengaruh terhadap perhatian karyawan. Untuk tetap menarik perhatian karyawan, pada program pengembangan sebaiknya menambahkan kegiatan yang bersifat interaktif.

Anda dapat membatasi waktu presentasi maksimal 30 menit dan waktu yang tersisa dapat Anda gunakan untuk berinteraksi. Interaksi tersebut berupa praktik pelatihan, pertanyaan atau meminta feedback pada mereka.

#3. Interaksi

Agar program pengembangan karyawan berjalan dengan baik dan efektif, maka perlu adanya interaksi, meski terhalang oleh jarak. Anda dapat membuat sesi berdiskusi atau saling tukar konten lucu sehingga membuat karyawan tetap berinteraksi dengan karyawan lainnya.

Pada akhirnya pelatihan baik yang dilakukan secara offline maupun online akan sama efektif dan baik tergantung bagaimana dalam membawakannya. Ketika pandemi seperti ini terjadi, Anda sebagai pebisnis perlu memperhatikan tingkat rasa keterikatan dengan karyawan Anda agar dapat menemukan solusi untuk menyelamatkan perusahaan.

Mengenal Program Kami?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training, Pelatihan Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp