08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Mungkin ada orang tua yang berharap anaknya dapat menjadi pebisnis sukses saat dewasa. Memang pada kenyataannya, mengenalkan dunia bisnis pada anak sedari kecil dapat menjadi bekal untuk anak di masa depannya. Dan lagi, berbisnis merupakan hal yang menguntungkan, dapat membentuk pribadi yang mandiri dan tentu saja mampu membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

Lalu bagaimana cara mudah mengajari anak belajar berbisnis sejak dini? Tentu saja Anda tidak bisa memaksakan dan tetap harus disesuaikan dengan tahap perkembangan serta usianya. Untuk lebih jelasnya, simak hal berikut :

 

#1. Memahami Nilai Uang

Anak kecil biasanya hanya tahu bahwa uang digunakan untuk membeli barang. Anda bisa memberikannya sejumlah uang receh untuk mengajarkannya berhitung. Untuk itu, jelaskan tentang mata uang rupiah, mulai uang koin Rp 100 hingga uang kertas Rp 100 ribu agar tahu harga setiap uang.

#2. Bermain Jual – Beli

Permainan ini bisa mengajari anak tentang cara menawarkan barang dan merayu pembeli, serta menghitung uang, hal ini akan memberikan pemahaman sederhana tentang dunia usaha. Anda dan Anak Anda bisa saling bertukar peran sebagai penjual atau pembeli.

Ketika Anda memiliki toko, ajak anak ke tempat usaha. Ajak untuk membantu melakukan hal-hal simple, seperti menyapa pelanggan yang datang, memberikan uang kembalian, memasukkan belanjaan ke plastik dan lain-lain. Hal ini akan membuat anak terbiasa dalam berkomunikasi dengan pelanggan dan membuka wawasannya tentang cara berbisnis.

#3. Memberikan Uang Saku Tambahan dengan Syarat Tertentu

Sesekali minta anak Anda untuk membantu Anda mengurus pekerjaan sederhana Anda, supaya dia bisa mendapatkan uang saku tambahan, jangan selalu memberikan uang dengan cuma-cuma. Ini dapat menjadi cara mendidik anak agar tahu bahwa untuk mendapatkan sesuatu memerlukan usaha.

#4. Mengajari Anak Menabung

Anak memang memiliki kecenderungan menghabiskan uang untuk kesenangannya, seperti membeli jajan makanan yang disukai atau mainan. Anak memang belum tahu pentingnya menabung untuk bekal masa depan. Untuk itu berikan pengertian sederhana tentang apa yang dia bisa dapatkan jika menabung. Coba berikan dia celengan dan ajari untuk menyisihkan sebagian uang saku yang Anda berikan.

#5. Mengajari Anak Mencatat Keuangan

Mendidik anak tentang berbisnis dapat dilakukan dengan melatihnya membuat pembukuan sederhana tentang mengatur keuangan. Anda dapat meminta anak untuk mencatat uang yang Anda berikan dan berapa uang yang dikeluarkannya untuk membeli barang di sebuah buku catatan. Dengan meminta anak melaporkannya secara rutin, Anda juga dapat mengawasi penggunaan uang yang Anda berikan.

Menjadi pengusaha tentu diawali dengan memiliki target. Ajak Anak untuk belajar membuat target sejak kecil, agar menjadi orang yang selalu punya rencana dalam hidup. Lakukan dari hal-hal sederhana, seperti menanyakan berapa target jumlah tabungan di celengannya nanti dan akan digunakan untuk apa.

Mengenal Program Kami?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp