08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Pandemi telah meningkatkan tekanan pada semua pengusaha berskala kecil dan besar tanpa rencana cadangan karena bisnis di seluruh dunia hampir terhenti secara bersamaan. Hal ini dapat membuat seseorang merasa cemas dan menambah beban pikiran akibat stres. Lebih lanjut, ketika bisnis di seluruh dunia terhenti, para wirausahawan dan pemimpin bisnis memiliki tekanan tambahan mengenai kelangsungan perusahaan dan nasib staff mereka disaat pendapatan menurun.

Para wirausahawan dan pemimpin bisnis tentu memiliki tanggung jawab yang lebih besar untuk dipikul, hal inilah yang memicu stres. Stres jika dibiarkan akan memberikan dampak negatif pada kesehatan fisik dan mental.

Para pengusaha sukses dapat mengontrol diri mereka dengan sangat baik saat mengatasi stres. Adapun langkah utama yang perlu dilakukan adalah mengidentifikasi sumber stres yang sedang Anda rasakan. Apakah stres yang Anda rasakan disebabkan oleh keadaan, sikap menunda pekerjaan atau takut apa yang dikerjakan hasilnya tidak sesuai yang diharapkan, dll. Setelah Anda mengidentifikasi penyebab dari stres, maka Anda dapat mulai melakukan hal berikut :

#1. Tenang dan Ambil Hikmah dari Kejadian Tersebut

Cara pertama untuk menangani stres adalah dengan berusaha bersikap tenang. Tarik nafas secara perlahan-lahan, tetap tersenyum dan yakinkan diri bahwa stres ini tidak akan berlangsung lama. Setelah mampu menenangkan diri, Anda perlu pikirkan kembali apa makna kehidupan yang dapat Anda peroleh dari kejadian yang sudah terjadi. Yakinkan diri Anda bahwa kehidupan memiliki makna yang sangat tinggi untuk bekal Anda melangkah.

#2. Tulis Hal yang  Dirasakan

Menuliskan hal-hal yang Anda rasakan  diselembar kertas akan membantu meredam stres yang Anda rasakan. Ini seperti terapi ringan yang sederhana dan dapat Anda lakukan saat mengatasi stres kerja. Itulah alasan mengapa para pengusaha sukses selalu membawa note atau catatan kecil setiap mereka bepergian. Selain bertujuan untuk menulis ide cemerlang yang tiba-tiba datang ke dalam pikiran mereka,  juga untuk menuliskan emosi dan stres yang mereka rasakan.

#3. Olahraga

Olahraga dikenal sebagai aktivitas penghilang stres, pelepasan endorfin yang dilakukan saat berolahraga akan membuat Anda merasa lebih bahagia dari sebelumnya. Oleh karena itu banyak pengusaha sukses yang pergi ke gym setelah pulang kerja untuk melepaskan stres kerja yang sedang mereka dihadapi.

#4. Sambut Hari dengan Rasa Syukur

Apabila Anda terbangun dengan perasaan cemas dan stres, luangkan waktu untuk berbicara di dalam hati dan bersyukur tentang segala hal yang Anda miliki sekarang. Pengusaha sukses membuat jurnal khusus untuk menuliskan hal-hal apa saja yang mereka syukuri pada hari itu.

#5. Buat Tim

Salah satu penyebab stres kerja adalah terlalu banyak memiliki beban pekerjaan, yang sebenarnya dapat dikerjakan oleh tim Anda yang juga ahli. Pengusaha sukses tahu pekerjaan apa yang perlu diprioritaskan.

#6. Berinteraksi dengan Relasi

Pengusaha sukses tahu bagaimana melepaskan penat dengan berkumpul dengan orang-orang yang memiliki pola pikir yang sama dan saling bertukar strategi. Inilah mengapa penting bagi para pengusaha untuk bertemu dengan pengusaha-pengusaha untuk saling menguatkan dan mengingatkan. Selain mendapatkan empati dan semangat, Anda juga mendapatkan umpan balik yang bermanfaat.

#7. Berpikir Optimistis

Orang yang optimistis cenderung makan makanan yang sehat, berolahraga teratur, memiliki kekebalan tubuh yang kuat, dan hidup yang lebih lama. Menjadi optimis bukan berarti mengesampikan stres dalam kehidupan. Optimistis berarti melihat tantangan atau hambatan sebagai hal yang sementara dan dapat mengambil pelajaran dari hal yang terjadi.

#8. Mengikuti Kegiatan Amal

Mengikuti kegiatan amal atau menjadi relawan tanpa mengharapkan imbalan, akan merangsang otak memberikan penghargaan pada diri sendiri. Efeknya, otak menjadi lebih sehat dan meningkatkan kemampuan kognitif. Kegiatan tersebut dapat meminimalisasi stres dan memperbaiki depresi.

Selalulah berfikir positif di akhir tahun 2020 ini, mungkin ada banyak kejadian yang membuat Anda terpuruk. Tetapi ini adalah saatnya Anda Menyusun Langkah baru untuk menghadapi tahun depan dengan lebih matang. Janga lupa untuk menemukan tujuan hidup, baik dari sisi agama, keluarga, sosial, dan maupun pekerjaan.

Mengenal Program Kami?

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp