08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Waktu cepat berlalu, dan kita sudah masuk di tahun yang baru. Tahun baru merupakan waktu bagi para pengusaha merencanakan bisnisnya. Pengusaha akan melihat inovasi, tujuan dan memikirkan bagaimana caranya agar bisnisnya tetap berjalan dan tumbuh. Lalu, bagaimana dengan Anda yang sudah memiliki cita-cita untuk memulai bisnis di tahun 2021, namun harus tertunda karena adanya pandemi? Apakah sekarang waktu yang tepat untuk mulai membangun bisnis yang sudah Anda impikan?

Memang selalu ada waktu terbaik untuk memulai bisnis. Namun waktu terbaik saja tidak cukup, perlu persiapan matang pada setiap bisnis yang ingin dijalankan. Sebagai calon pengusaha, Anda perlu merencanakan bisnis mulai dari bagaimana memulai dan bagaimana mengantisipasi masalah yang muncul. Jika Anda ingin agar bisnis yang Anda rintis sukses di tahun baru, berikut tips yang dapat Anda ikuti :

 

1. Buat Rencana Bisnis

Rencana bisnis ibarat sebuah konsep pengembangan tertulis. Rencana bisnis tersebut berisi rincian dari gambaran perencanaan keuangan, pengelolaan, pengembangan, target pencapaian hingga strategi pemasaran. Rencana bisnis menguraikan arah, tujuan dan strategi perusahaan untuk jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

2. Kejelasan Deskripsi Usaha

Apapun bisnis yang akan Anda lakukan, mulailah dengan memiliki deskripsi yang jelas dan mudah dipahami oleh semua orang. Deskripsi bisnis tersebut menjelaskan bentuk usaha, produk yang dijual atau jasa yang ditawarkan, target bisnis, hingga sistem kerja yang diberlakukan. Susunlah Visi, Misi dan tujuan strategis tentang perusahaan Anda. Apa saja tujuan yang ingin dicapai dan bagaimana strategi pencapaiannya.

3. Lakukan Analisa

Jangan lupa melakukan analisa sederhana dari kompetitor atau tren pasar terkait faktor-faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahannya. Hasil Analisa tersebut dapat menjadi cara yang tepat untuk menciptakan strategi bisnis yang lebih baik. Belajarlah dari pengalaman sukses dan gagal orang lain, dengan begitu Anda dapat menciptakan rumus sukses dan strategi bisnis versi Anda sendiri.

4. Pemasaran Tepat Sasaran

Strategi pemasaran mencerminkan seberapa besar potensi bisnis untuk sukses dipasaran. Strategi pemasaran harus direncanakan dengan lengkap, mulai dari promosi produk, biaya promosi, tempat promosi, waktu yang sesuai, target produk hingga media promosi apa yang dipilih.

5. Laporan Keuangan

Dalam membangun usaha, keuangan menjadi hal penting. Pelajari cara untuk melakukan pembukuan keuangan usaha Anda dengan rapi. Usahakan untuk membedakan antara modal untuk bisnis dan keuangan pribadi. Diperlukan sikap jujur dan transparan dalam mengelola keuangan usaha Anda. Buatlah laporan keuangan yang menjelaskan laporan arus kas keuangan, ekspektasi laba, kebutuhan modal, biaya operasional, biaya tambahan, dan dana cadangan.

6. Utamakan Kualitas

Pastikan Anda selalu mengutamakan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan. Misalkan, Anda memiliki usaha Rumah Makan, banyak pelanggan setia Anda yang menyukai masakan Anda. Mereka merasa bahwa masakan Anda enak dan harganya relatif terjangkau. Tapi dari sisi pebisnis, Anda berpikir bagaimana caranya agar tetap untung meski harga bahan pokok melonjak. Maka Anda dapat melakukan strategi menaikkan harga secara bertahap tetapi tetap menjaga kualitas rasa dan pelayanan di Rumah Makan Anda. Pelanggan akan tetap terus berdatangan untuk membeli ketika merasa puas dengan produk dan pelayanan yang berkualitas dari Anda.

Untuk itu, agar bisnis dapat bertahan lama dan berkembang, maka pilihlah usaha yang mempunyai potensi besar sampai masa depan.

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp