08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Salah satu parameter penting dalam sebuah bisnis adalah seberapa besar omset yang Anda peroleh. Anda perlu mengetahui secara pasti berapa besar omset yang didapatkannya secara berkala. Anda juga perlu memahami tentang bagaimana cara menaikkan omset penjualan. Sebab, berhasilnya sebuah bisnis dapat dilihat dari tingginya penjualan.

Semakin tinggi penjualan, maka akan semakin banyak keuntungan yang didapatkan. Untuk itu wajib bagi Anda untuk mengoptimalkan potensi aset yang dimiliki agar usaha yang dijalankan memperoleh hasil yang maksimal.

 

Omset dan Profit

Omset dan profit merupakan dua hal yang berbeda. Omset merupakan total pendapatan yang dihasilkan dari seluruh penjualan produk atau jasa dalam kurun waktu tertentu. Total pendapatan tersebut belum dikurangi Harga Pokok Penjualan (HPP) dan biaya lain misalnya listrik, air, gaji, perlengkapan dsb. Dapat dikatakan jika omset adalah laba kotor yang dihasilkan dari usaha Anda.

Sedangkan profit adalah surplus yang tersisa setelah total biaya dikurangkan dari total pendapatan. Atau dapat diartikan sebagai selisih antara seluruh pendapatan penjualan perusahaan (omset) dengan biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahaan.

Tidak mungkin Anda dapat meningkatkan penjualan tanpa ada strategi khusus. Lalu bagaimana caranya meningkatkan omset sebuah perusahaan? Berikut beberapa cara untuk meningkatkan omset yang dapat Anda terapkan :

 

#1. Perkuat Brand

Konsumen dengan koneksi internet lebih suka membeli produk baru dari brand yang sudah mereka kenal. Tanpa brand yang kuat, maka persaingan akan langsung mengarah ke satu titik, yaitu persaingan harga. Tapi jika Anda membangun brand dengan baik, maka dengan mudah Anda dapat keluar dari persaingan harga. Misalnya Anda berbisnis mukena, jika menjual mukena tanpa brand maka tentu akan langsung bersaing harga. Namun jika Anda menggunakan brand, maka persaingan dapat dialihkan ke kualiitas produk, kualitas pelayanan, atau variasi produk.

#2. Optimalisasi Penggunaan Web

Jika Anda memiliki website, optimalisasi diperlukan agar produk Anda lebih dikenal. Salah satu caranya adalah meningkatkan traffic dengan menerapkan SEO (Search Engine Optimization). Traffic adalah istilah yang digunakan untuk kunjungan web. Jika saat ini jumlah kunjungan web Anda 10.000/bulan dan mampu menghasilkan penjualan 50 produk. Maka jika Anda mampu meningkatkan traffic menjadi 20.000 kunjungan perbulan maka penjualan akan meningkat dua kali lipat. Dengan metode SEO, bisnis Anda dapat tampil pada urutan pertama pada halaman pencarian Google. Dan faktanya adalah 98% pencari akan memilih bisnis yang berada pada halaman pertama mesin pencari.

Selain SEO, ada juga SEM (Search Engine Marketing) yang juga merupakan salah satu cara meningkatkan traffic. SEM merujuk pada optimasi mesin pencari seperti Google, namun dengan cara memasang iklan.

#3. Optimalisasi Sosial Media

Saat ini semua usaha pasti ada akun sosial medianya, namun apakah sudah digunakan sebagai media marketing secara optimal? Social Media Marketing memiliki dampak besar terhadap penjualan. Pemasaran lewat social media, tidak dapat dilakukan secara asal-asalan. Anda perlu mengenali siapa pangsa pasar Anda dan kapan saatnya Anda memasarkan produk.

#4. Update Strategi Penjualan

-. Bundling

Bundling adalah strategi pemasaran yang menjual dua produk atau lebih dalam satu paket dengan harga yang lebih murah. Strategi bundling diterapkan untuk memberikan kemudahan pembelian, penghematan waktu, memperkecil biaya promosi, dan memberikan nilai tambah kepada konsumen.

-. Penawaran Spesial

Pelanggan yang puas dengan produk atau layanan Anda, adalah orang-orang yang sudah mengenal bisnis Anda dan telah mempercayai Anda. Anda harus memiliki database pelanggan yang puas dengan pelayanan Anda. Jika mereka tidak puas, maka mereka tidak akan mau menerima penawaran baru dari Anda. Lalu bagaimana caranya memberikan penawaran special?

Anggap saja Anda sekarang memiliki 200 pelanggan. Kemudian dari database, Anda mengirimkan promo diskon 30% untuk waktu terbatas. Atau Anda juga dapat memberikan penawaran kepada mereka secara eksklusif. Andai yang tertarik 40% dari 200 orang tersebut. Berarti Anda sudah mendapatkan 80 penjualan tanpa mengeluarkan biaya promosi lainnya.

Konsumen Anda mempunyai latar belakang yang berbeda, sehingga Anda perlu memakai metode penjualan yang beragam. Sekarang ini, metode penjualan dengan cara online sangat membantu Anda. Dengan menggunakan marketing online, maka seakan-akan antara pembeli dan penjual tidak dibatasi waktu dan tempat. Transaksi dapat dilakukan lintas daerah, serta dapat dilakukan dengan mudah cukup menggunakan handphone.

Program Pelatihan Akeyodia

Silakan hubungi kami di telepon/WA ke nomor 08112652244 /08112652210, jika Anda tertarik mengadakan Training untuk Perusahaan/Instansi/Sekolah, Pelatihan untuk Masa Persiapan Pensiun, Seminar motivasi, 1 on 1 life coaching, 1 on 1 business coaching, konsultasi pribadi, dan seminar online.

Berikut adalah dokumentasi acara Workshop : Be A Great Sales yang diselenggarakan pada Rabu 7 Januari 2015 di Hotel Santika Premiere Jogja.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp