08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Sedang Butuh Memecahkan Masalah Kompleks di Perusahaan? Kenali Dulu 2 Gaya Berpikir Ini

Ada dua tipe orang menurut gaya berpikirnya: orang yang berpikir menurut ‘gambaran besar’ (big picture thinking) dan orang yang fokus pada detail (detail oriented). Pemikir menurut ‘gambaran besar’ cenderung kreatif, strategis, dan visioner, tetapi mereka juga bisa berantakan, tidak teratur, dan pelupa.

Di sisi lain, orang-orang yang detail penuh perencanaan, rapi, perfeksionis, tetapi kadang tidak mudah untuk memulai sesuatu atau membuat prioritas. Kedua tipe ini cenderung saling melengkapi dan bekerja sama dengan sangat baik. Di dalam tim, Anda akan sering menemukan dua tipe ini.

Kebanyakan orang secara alami lebih terampil di salah satu atau yang lain, meskipun ada beberapa yang beruntung yang melakukan keduanya dengan baik. Apakah Anda memiliki perhatian yang baik terhadap detail atau apakah Anda lebih mudah melihat gambaran besar?

Bagaimana jika peran Anda membutuhkan pemikiran strategis dan perhatian terhadap detail? Itu juga bisa menjadi keterampilan yang dipelajari, jika Anda ingin mengembangkannya. Ada sistem dan proses yang dapat membantu Anda mengesampingkan kecenderungan alami Anda saat dibutuhkan.

 

Tipikal Pemikir ‘Gambaran Besar’ (Big Picture Thinker)

Sebagai big picture thinker, Anda dapat dengan cepat melihat pola dalam masalah yang kompleks, suka memunculkan ide dan proyek baru, dan juga memiliki toleransi pada pekerjaan. Anda hebat dalam menguraikan apa yang perlu dilakukan, tetapi mengisi detailnya bisa terasa melelahkan. Anda mungkin digambarkan sebagai orang yang dominan otak kanan.

 

Tipikal Pemikir Detail

Sebagai pemikir detail, Anda memikirkan hal-hal dengan sangat rinci dan kadang-kadang kehilangan gambaran besarnya. Meskipun orang-orang golongan ini memang sangat cerdas, orang lain mungkin bercanda bahwa ia ‘tidak memiliki akal sehat’ karena terlalu perfeksionis. Apakah Anda termasuk yang ini? Anda lebih suka mengedit atau mengubah rencana daripada membuatnya dari awal.

Menyoroti satu bagian catatan belajar tidak berfungsi untuk Anda, karena Anda akhirnya menyorot semuanya. Anda mungkin memiliki kecenderungan untuk memikirkan hal-hal secara berlebihan. Ya, karena memang Anda sangat memperhatikan detail. Anda mungkin digambarkan berotak kiri.

 

Pemikir ‘gambaran besar’ dan pemikir detail sama-sama memberi manfaat

Apakah Anda seorang pemikir ‘gambaran besar’ atau berorientasi pada detail, itu mengembangkan keterampilan yang dapat membantu Anda memajukan karir Anda.

Sebagai pemikir besar, Anda dapat mengubah ide menjadi tindakan dan membuat dampak positif di perusahaan Anda, misalnya dengan membuat aplikasi bisnis dan Anda tidak perlu tahu cara membuat kode. Jika Anda berorientasi pada detail, Anda dapat menikmati memetakan proses yang rumit dan menerapkan perubahan yang membuat Anda diperhatikan oleh para pemimpin.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp