08112652210 / 08112652244 info@bisniscoaching.com

Apa yang membuat Anda terkesan dengan seseorang? Banyak orang mungkin menjawab penampilannya, tapi tidak sedikit yang mengaku terkesan karena sikap dan perhatian yang ditunjukkan. Ketika orang diperhatikan dan diperlakukan dengan lebih baik, maka dengan mudah ia akan merasa sangat istimewa. Bagi orang yang memberikan perhatian pun, itu akan menjadi kebahagiaan tersendiri.

Anda yang punya usaha pun akan mengalaminya. Ketika pelanggan Anda merasa terkesan karena diperlakukan dengan baik, mereka akan setia pada bisnis Anda, dan pelanggan yang loyal itu juga akan membantu Anda mendapatkan pelanggan baru dengan membagikan bisnis Anda kepada teman dan rekan kerja mereka.

Mereka melakukan pemasaran gratis untuk Anda dan sebagai hasilnya, bisnis Anda tumbuh. Karena itu, Anda perlu menghargai pelanggan Anda dan membuat mereka merasa istimewa. Di bawah ini adalah lima cara untuk melakukannya.

 

1. Berikan respons cepat

Perhatikan pertanyaan pelanggan Anda. Pelanggan dapat menggunakan berbagai saluran untuk berkomunikasi, Anda perlu melacak semuanya dan menjadi responsif. Aturan praktisnya adalah untuk memecahkan masalah pelanggan dalam waktu 24 jam. Selain itu, Anda selalu perlu memiliki staf yang tersedia selama jam kerja untuk menjawab panggilan pelanggan, Anda juga dapat memanfaatkan beberapa alat otomatis untuk merespons email, pesan singkat, atau pesan media sosial.

 

2. Sampaikan ucapan yang berkesan

Ekspresikan rasa terima kasih pada pelanggan Anda yang telah melakukan bisnis dengan Anda. Anda dapat berterima kasih kepada mereka dengan mengirim kartu pada hari libur atau voucher melalui email untuk pembelian berikutnya. Jika Anda memiliki informasi tentang hari ulang tahun atau hari-hari penting pelanggan Anda, manfaatkan momen untuk membangun keakraban dengan mereka. Beri ucapan yang berkesan.

 

3. Selalu update dan memperhatikan penampilan

Selalu tampil rapi saat berjumpa klien bisnis yang baru, barangkali itu memang hal yang wajar dan menjadi keharusan. Begitu juga saat bertemu pelanggan lama. Cara Anda memperhatikan penampilan diri sendiri, itu seolah menjadi wujud bahwa Anda memperhatikan orang lain juga. Itu berarti juga bahwa ruang kerja dan karyawan Anda harus bersih, rapi, dan profesional. Jika Anda memiliki bisnis online, situs web dan aplikasi seluler Anda harus selalu diperbarui dengan teknologi terbaru.

 

4. Dengarkan umpan balik

Cobalah untuk mencari tahu apa yang disukai dan tidak disukai pelanggan Anda dengan mendengarkan pertanyaan dan umpan balik mereka. Jika Anda dapat memperbarui produk atau layanan Anda sesuai dengan kebutuhan pelanggan Anda, maka Anda bisa menjadi lebih sukses. Selain itu, beritahu mereka bahwa Anda merilis produk atau layanan baru yang akan memenuhi kebutuhan mereka untuk membuat mereka tahu bahwa pendapat mereka sedang dipertimbangkan.

 

5. Beri diskon khusus

Buatlah daftar ‘pelanggan VIP’. Anda dapat memberikan diskon khusus kepada pelanggan VIP ini atau menyelenggarakan acara khusus untuk mereka. Memiliki daftar VIP adalah suatu keharusan bagi setiap bisnis untuk berterima kasih kepada pelanggan yang memberi Anda manfaat paling banyak.

Berbisnis tidak selalu berarti membawa pelanggan baru, tetapi juga mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Karena itu, buat pelanggan Anda merasa istimewa.



VIDEO (VLOG) COACH EDWIN


Jangan lewatkan menonton video dari Coach Edwin tentang Life, Spiritual dan Bisnis. Tekan tombol berikut pada video dibawah untuk memilih judul Vlog yang Anda ingin lihat.

playlist VLOG



Program Kami

 

Jika Anda membutuhkan pembicara terkait motivasi, konsultasi berbagai masalah kehidupan / bisnis, Coach untuk menangani masalah yang Anda hadapi, silahkan konsultasikan kepada kami melalui whatsApp sekarang juga.



Apa Masalah Anda?

WhatsApp